e-Commerce Diprediksi Akan Booming di Tahun 2016

Meski industri e-commerce di Tanah Air belum cukup besar, namun bisnis ini diperkirakan akan booming di sekitar tahun 2016.

oleh Denny Mahardy diperbarui 20 Mar 2014, 13:31 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2014, 13:31 WIB
E-commerce Diprediksi Akan Booming di Tahun 2016
e27.co

Liputan6.com, Jakarta Industri digital di Indonesia menjadi salah satu bisnis yang tengah berkembang. Namun sayangnya, bermain di industri digital masih dianggap sebagai salah satu bisnis yang lamban memberikan keuntungan.

Meski demikian, PT XL Axiata Tbk (XL) memutuskan untuk masuk dalam industri tersebut dengan membuka e-commerce bernama Elevenia dan mengaku telah mengetahui risikonya. Hal itu dinyatakan oleh Dian Siswarini selaku Chief of Digital Services XL.

"Ini bisnis jangka panjang. Investasi yang kami tanam di bisnis ini baru bisa terasa nanti, tidak seperti telekomunikasi yang lebih cepat. Hari ini pasang Base Tranceiver Station (BTS),  besok sudah bisa menghasilkan keuntungan," ujar Dian selepas acara peluncuran Elevenia di JS Luwansa, Jakarta.

Ia pun mengungkapkan bahwa saat ini e-commerce di Tanah Air belum cukup besar. Meski begitu, ia optimis bahwa e-commerce akan menjadi tren dan membesar di tahun 2016.

"E-commerce itu di grafik seperti stik hoki, pelan-pelan tapi ketika tren menanjak maka akan terus naik. Kemungkinan trennya akan booming sekitar tahun 2016 di Indonesia," tambah Dian.

Optimisme Dian diamini oleh Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL yang menilai bahwa e-commerce di Indonesia memiliki pertumbuhan yang sangat baik. XL berharap industri bisnis digital di Indonesia bisa mencapai angka 5% dari pasar komersial yang ada di Indonesia.

"Industri e-commerce kita tumbuh pesat. Beberapa waktu lalu masih di angka 0,8% dari total commercial market Indonesia. Sekarang sudah ada di angka 2%, kami harapkan bisa jadi 5% nantinya," kata Hasnul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya