Google Batasi Penggunaan Notch untuk Smartphone Android

Melihat kecenderungan tren penggunaan notch di smartphone Android, Google akhirnya membatasi penggunaannya untuk tetap memberikan pengalaman terbaik.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 01 Agu 2018, 17:05 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2018, 17:05 WIB
Honor 10
Tampilan notch di Honor 10 (liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan notch di perangkat Android tak dimungkiri sudah menjadi tren. Sejumlah manufaktur sudah menerapkan desain ini untuk perangkat besutannya.

Google selaku pembesut Android pun sudah mulai mengakomodasi tren ini. Hal itu ditunjukkan dengan dukungan notch untuk Android P.

Namun, Google baru-baru ini menyiapkan pembatasan untuk dukungan notch. Melalui laman blog, Product Manager Android Megan Potoski menyebut ada sejumlah persyaratan bagi para manufaktur.

Dikutip dari The Verge, Rabu (1/8/2018), manufaktur perangkat hanya diizinkan memiliki dua notch di perangkat. Kedua notch itu juga hanya boleh diletakkan di ujung perangkat.

Notch tersebut juga harus berada di masing-masing sudut, tidak menjadi satu. Posisinya harus terletak di bagian bawah dan atas, sehingga tidak diperbolehkan berada di sisi kiri atau kanan.

Meski Google sudah merilis aturan ini, hingga sekarang sebenarnya belum ada manufaktur yang merilis notch lebih dari satu. Ada kemungkinan aturan ini disiapkan sebelum ada manufaktur lain yang merilisnya.

Kendati demikian, bukan berarti Google akan mengontrol Android secara penuh. Perusahaan menyebut aturan ini hanya berlaku untuk manufaktur rekanan, yakni rekanan yang merilis perangkat dengan aplikasi bawaan Google termasuk Play Store. 


Janjikan Pengalaman Sama untuk Semua Perangkat Android

Notch pada Mi 8
Tampilan Notch pada layar Mi 8 Explorer Edition (Foto: Gizmochina)

Adapun aturan ini disebut hadir untuk memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Sebab, notch dapat menghalangi tampilan penuh aplikasi.

Secara bawaan, Android P dimungkinkan untuk memperluas aplikasi hingga menutup notch, sehingga tampilan aplikasi dapat memenuhi layar di luar notch. Sementara untuk modus landscape, tampilan aplikasi harus menyisakan notch.

"Kabar baiknya, kebanyakan aplikasi sudah dapat bekerja dengan baik termasuk di perangkat dengan cutout (notch)," tulis Potoski.

Sekadar informasi, uji coba notch di Android P sudah dilakukan pengembang sejak versi beta. Adapun versi penuh sistem operasi ini diperkirakan akan rilis menjelang akhir 2018.

Google sendiri menyebut saat ini ada 16 smartphone Android dengan notch yang berasal dari 11 perusahaan berbeda. Raksasa internet itu juga memprediksi jumlah ini akan bertambah signifikan pada tahun depan.


Bocoran Kembali Beredar, Pixel 3 XL Pakai Notch

Google Pixel
Bocoran desain Google Pixel 3 XL. (Foto: XDA Forum)

Seri smartphone Pixel dari Google juga tak lepas dari tren notch. Perusahaan disebut akan menerapkan desain notch untuk Pixel 3. 

Desain tersebut, bocor lewat XDA Forums. Dari gambar yang diperlihatkan, tampak unit yang diduga Pixel 3 XL hadir dengan notch.

Jika melihat lebih dekat, notch tersebut terdiri dari komponen speaker dan dua lensa utama kamera selfie.

Kover belakangnya berwarna putih dan dibalut material kaca utuh. Untuk kamera utama, Pixel 3XL masih mengusung satu lensa dengan flash. Tak lupa, ada pemindai sidik jari di tengah kover smartphone.

Menurut informasi The Verge, ukuran Pixel 3 XL masih sama dengan Pixel 2 XL yang diluncurkan pada tahun lalu.

Sejauh pandangan mata, perubahan drastis yang terjadi hanya dari kemunculan notch dan material kaca yang membuat bodi smartphone lebih kinclong.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya