Surge Guyur Rp 798 Miliar ke 23 Startup

Surge dan investor lainnya menyuntikkan total pendanaan senilai US$ 55 juta atau lebih dari Rp 798 miliar ke 23 startup.

oleh Iskandar diperbarui 30 Jun 2021, 14:31 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2021, 14:31 WIB
Program akselerator startup Surge. Dok: Surge
Program akselerator startup Surge. Dok: Surge

Liputan6.com, Jakarta - Surge, program akselerator startup dari Sequoia Capital di India dan Asia Tenggara mengumumkan cohort kelima dan terbesar yang terdiri dari 23 startup tahap awal.

Cohort kali ini menyuntikkan total pendanaan senilai US$ 55 juta atau lebih dari Rp 798 miliar dari Surge dan investor lain.

Program yang dimulai pada 30 Juni ini memiliki 10 founders perempuan, terbanyak dalam cohort semenjak Surge pertama kali dimulai dua tahun lalu pada Maret 2019.

Dari 23 perusahaan, mayoritas dari 13 perusahaan berada di sektor fintech, pembayaran, komunikasi, logistik, dan SaaS (Software as a Service).

Tiga startup Indonesia yang telah dipilih untuk berpartisipasi dalam cohort Surge kelima ini mampu memperbaiki dan memberdayakan kehidupan para penggunanya.

Managing Director, Surge & Sequoia India, mengatakan Sequoia Capital India adalah mitra awal untuk beberapa perusahaan paling berpengaruh di Indonesia sejak 2014.

"Dengan Surge, kami bersemangat untuk mendukung startup Indonesia di masa depan. Perusahaan-perusahaan ini membantu mendigitalkan dan modernisasi industri tradisional. Kami bangga mendukung mereka," ujar Rajan melalui keterangannya, Rabu (30/6/2021).

Ketiga startup Indonesia yang terpilih adalah Durianpay, penyedia pembayaran end-to-end; Rara Delivery, pengiriman instan revolusioner untuk brand e-commerce di Indonesia; dan Bukugaji/Vara, platform manajemen staf yang mudah digunakan dan ringan untuk UMKM di seluruh Asia Tenggara.

Mereka membawa perspektif baru tentang pentingnya kesejahteraan manusia, didorong oleh perubahan besar gaya hidup sebagai akibat dari pandemi global.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terdiri dari 203 Founders

Komunitas Surge hingga saat ini terdiri dari 203 founders, dari 91 perusahaan yang membangun perusahaan di 15 sektor. Hampir 50 persen perusahaan dari tiga cohort pertama telah mendapatkan pembiayaan Seri A.

Program Surge sudah dicoba, diuji, dan terbukti untuk mendukung para founders melalui bimbingan strategis dari beberapa startup dan pemikir bisnis terbaik dunia, dukungan pembangunan perusahaan langsung, dan komunitas dukungan dari founders ke founders.

Para founders Surge menjalani program virtual selama 16 minggu yang ketat, dirancang untuk meningkatkan bisnis mereka dan memberi mereka akses ke Sequoia dengan pengetahuan globalnya selama 49 tahun, dikombinasikan dengan alat dan pengalaman dari jaringan pendiri dan operator perusahaan yang sukses.

Program ini mencakup hal-hal fundamental dalam membangun perusahaan, dan diakhiri dengan minggu investor yang disebut sebagai UpSurge dimana para founders memiliki kesempatan untuk membangun koneksi dan hubungan, serta menemukan calon investor dan mitra yang akan menjadi bagian dari perusahaan mereka untuk jangka panjang.

(Isk/Tin)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya