Skor Geekbench Snapdragon 8 Gen 3 Jauh Lebih Unggul dari Apple A16 Bionic?

Baru-baru ini, Geekbench membocorkan skor yang diduga milik Snapdragon 8 Gen 3 dan dinilai telah lebih unggul dari A16 Bionic milik Apple.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 07 Mar 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2023, 11:00 WIB
Chipset Snapdragon 8 Gen 2
Snapdragon 8 Gen 2 di ponsel Android apa? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Akhir-akhir ini, industri smartphone sedang ramai dengan dirilisnya prosesor baru Qualcomm Snapdragon.

Snapdragon 8 Gen 2 yang sedang berada di garis depan persaingan ini telah populer digunakan untuk ponsel kelas atas. Namun, prosesor ini masih kalah jika dibandingkan dengan chip seri A pada Apple. 

Kini, Qualcomm berencana untuk mengejar ketertinggalannya dengan Snapdragon 8 Gen 3 mendatang. Dikabarkan, rilisan terbaru ini akan dibekali dengan Arm Cortex-X4, konfigurasi 1+5+2, dan Process Node N4P TSMC. 

Baru-baru ini, salah satu alat pembanding untuk perangkat seluler yang terkenal, Geekbench, membocorkan skor yang diduga milik Snapdragon 8 Gen 3. Skor tersebut dinilai telah lebih unggul dari A16 Bionic milik Apple.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Skor Geekbench Snapdragon 8 Gen 3 Lampaui Chip A16 Bionic Apple

iPhone 14 Pro
Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Berdasarkan skor Geekbench, dikabarkan bahwa Snapdragon 8 Gen 3 mampu meraih skor single core sebesar 1.930 dan skor multi core sebesar 6.236.

Dilansir dari Gizchina, Selasa (7/3/2023), angka-angka ini lebih tinggi dari perkiraan awal yakni 1.800 untuk single core dan 6.500 untuk multi core

Jika dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 2 sebagai generasi terbarunya, terdapat peningkatan yang signifikan sebesar 30 persen dari 1.491 dalam performa single core dan 20 persen dari 5.164 dalam multi core.


Peningkatan Utama Snapdragon 8 Gen 3

Snapdragon 8 Plus Gen 1
Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1 resmi diluncurkan. (Doc: Qualcomm)

Salah satu keunggulan utama dari Snapdragon 8 Gen 3 adalah hadirnya configuration core 1+5+2. Pengaturan ini memiliki sebuah core dengan performa tinggi, lima core menengah, dan dua core efisiensi. 

Konfigurasi ini memungkinkan manajemen daya yang lebih baik dan merupakan peningkatan dari pengaturan 1+4+3 yang mendahuluinya. 

Tak hanya itu, chip yang digunakan juga dikabarkan akan membuatnya 20 persen lebih hemat daya dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2. Lalu, penggunaan Process Node N4P TSMC juga akan mempengaruhi efisiensi chip.  


Cortex-X4 Dikabarkan Punya Clock Speed 15 Persen Lebih Cepat dari Versi Sebelumnya

Chipset Snapdragon 8 Gen 2
Deretan HP Android yang akan pakai Snapdragon 8 Gen 2, siapa saja? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Cortex-X4 yang akan hadir pada Snapdragon 8 Gen 3 dikabarkan mampu berjalan pada 3,70 GHz. Ini menunjukkan peningkatan clock speed sebesar 15 persen dari Snapdragon 8 Gen 2 dengan 3,20 GHz. 

Menurut RGClouds, salah satu alasan terbesar kenaikan kinerja ini adalah peralihan Qualcomm ke cluster CPU yang berbeda. 

Di sisi lain, peningkatan clock speed pada Cortex-X4 dapat menyebabkan konsumsi daya yang semakin besar sehingga masa pakai baterai lebih pendek dan suhu lebih tinggi. 

Meskipun begitu, semua informasi di atas masih belum dapat dikonfirmasi. Hingga saat ini Snapdragon 8 Gen 3 masih dalam tahap sampel. Kemungkinan kinerja produk final tidak sesuai dengan bocoran skor tersebut juga dapat terjadi.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya