Mahasiswa Kembangkan Roket dengan Daya Dorong 1,5 Ton untuk Pecahkan Rekor

Sekelompok tim Hybrid Engine Development (HyEnD) dari University of Stuttgart, yang terdiri dari sekitar 60 mahasiswa, telah bekerja selama tiga tahun untuk mengembangkan, membuat, dan menguji roket hibrida.

oleh M Hidayat diperbarui 17 Apr 2023, 09:30 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 09:30 WIB
Kelompok tim HyEnD dari University of Stuttgart dengan roket buatan sendiri yang bernama N2ORTH. Kredit: HyEnD
Kelompok tim HyEnD dari University of Stuttgart dengan roket buatan sendiri yang bernama N2ORTH. Kredit: HyEnD

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok tim Hybrid Engine Development (HyEnD) dari University of Stuttgart, yang terdiri dari sekitar 60 mahasiswa, telah bekerja selama tiga tahun untuk mengembangkan, membuat, dan menguji roket hibrida.

Tujuan mereka adalah memecahkan rekor ketinggian dunia untuk roket buatan mahasiswa. Peluncuran roket yang memiliki berat sekitar 70 kg dan panjang 7,80 m ini akan dilakukan pada pertengahan April dari tempat peluncuran roket Esrange di dekat Kiruna, Swedia.

Max Öchsle, manajer proyek di HyEnD, mengklaim bahwa roket hibrida mereka merupakan salah satu roket hibrida buatan mahasiswa yang paling kuat dan canggih di dunia. Mereka bertujuan untuk melampaui rekor ketinggian sebelumnya yaitu 32 km, yang dibuat pada tahun 2016.

Mereka berharap dapat mencapai ketinggian 100 km dan melampaui rekor dunia saat ini untuk roket buatan siswa sejauh 103,6 km, yang dibuat oleh tim University of Southern California pada tahun 2019.

Jadwal untuk upaya pemecahan rekor tersebut belum dikonfirmasi, tetapi kemungkinan akan dilakukan antara 14-25 April. Pembaruan rutin disediakan di situs web HyEnD, dan siaran langsung peluncuran direncanakan di saluran Youtube Badan Antariksa Swedia, SSC.

Enam belas anggota kelompok mahasiswa, termasuk Öchsle, pemimpin proyek yang berusia 25 tahun, berada di lokasi di Swedia. Mereka memiliki dua roket yang identik di lokasi; satu roket sebagai cadangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mesin Roket

Mesin hibrida dalam roket tersebut menggunakan bahan bakar padat dan nitro oksida cair dan menghasilkan daya dorong sebesar 1,5 ton. Nama roket N2ORTH merujuk pada lokasi peluncuran di Utara dan nitrous oxide, yang berfungsi sebagai pengoksidasi.

Mesin roket ini merupakan salah satu mesin buatan mahasiswa yang paling kuat dan efisien di dunia, menurut Öchsle. Selain itu, parasut harus dibuat sendiri untuk menahan kecepatan supersonik karena tidak ada parasut komersial yang tersedia untuk memenuhi persyaratan ini.

Cangkang roket harus tahan terhadap suhu ekstrem karena kecepatan penerbangan yang tinggi, sehingga komponen struktural dilaminasi dengan sistem epoksi suhu tinggi yang dibuat sendiri, dan roket memiliki lapisan perlindungan termal gabus. Sebagian besar komponen dibuat oleh para mahasiswa sendiri di bengkel-bengkel Universitas Stuttgart.

 


Pendanaan

Pusat Kedirgantaraan Jerman mendanai program roket eksperimental mahasiswa STERN, yang memungkinkan pengembangan roket tersebut.

Institut Sistem Luar Angkasa di University of Stuttgart mengawasi proyek ini, sementara Institut Pengujian Material menyediakan fasilitas berupa bengkel dan ruangan untuk pengembangan. Selain itu, banyak lembaga lain yang juga mendukung para mahasiswa dalam upaya mereka tersebut.

Öchsle menyatakan bahwa peluncuran roket akan menjadi momen istimewa bagi dia dan tim, dan mereka yakin semuanya akan berjalan sesuai rencana, terlepas dari risikonya.

Jika penerbangan pertama berjalan dengan baik, para siswa berharap dapat terbang lebih tinggi pada peluncuran kedua. Namun, Öchsle sadar bahwa rekor tersebut bergantung pada faktor-faktor seperti cuaca.


Infografis Ragam Tanggapan Jatuhnya Sampah Antariksa dari Roket China. (Liputan6.com/Trieyasni)

Infografis Ragam Tanggapan Jatuhnya Sampah Antariksa dari Roket China. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Tanggapan Jatuhnya Sampah Antariksa dari Roket China. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya