Microsoft Umumkan Windows 11 Bakal Punya Dukungan Format RAR dan 7-Zip Bawaan

Setelah lama ditunggu, Microsoft mengumumkan Windows 11 akan mendukung format file RAR dan 7-Zip secara bawaan.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 25 Mei 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 25 Mei 2023, 13:00 WIB
Windows 11
Windows 11. (Doc: Microsoft)

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja mengumumkan Windows 11 akan bisa mendukung RAR beserta sejumlah format file lainnya secara bawaan, di mana fitur ini banyak ditunggu-tunggu oleh para pengguna selama beberapa dekade.

"Kami telah menambahkan dukungan asli untuk format arsip tambahan, termasuk tar, 7-zip, rar, gz, dan banyak lainnya menggunakan proyek sumber terbuka libarchive," kata Kepala Windows Panos Panay.

"Sekarang Anda bisa mendapatkan peningkatan kinerja fungsi arsip selama kompresi di Windows," imbuhnya, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (25/5/2023).

Microsoft menambahkan kepada The Verge, dukungan untuk format baru ini bakal dirilis dalam versi baru yang masih dalam progresi akhir pekan ini.

Dengan kabar dukungan untuk tar, 7-zip, rar, dan format lainnya ini di Windows 11, pengguna tidak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk bisa mengakses file-file ini. Tentu saja integrasinya diharapkan akan lebih baik daripada dukungan format ZIP bawaan.

Dikutip dari Bleeping Computer, Microsoft mengintegrasikan dukungan arsip ZIP ke Windows pada tahun 1998. Namun untuk 7-Zip, RAR, atau gz, pengguna Windows harus memasang aplikasi pihak ketiga.

Meski 7-Zip gratis dan open-source, tapi WinRAR menawarkan uji coba 40 hari yang tidak pernah berakhir, yang pada akhirnya jadi bahan olok-olokan di dunia teknologi.

Sementara, format arsip gz lebih umum digunakan di Linux melalui utilitas GNU Zip (gzip), bersama dengan arsip TAR.

Karena Microsoft menggunakan proyek libarchive open-source untuk menambahkan format ini, bukan tidak mungkin dukungan bawaan untuk format lain seperti TAR dan bzip2 akan hadir di masa depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengguna iPhone Bisa Hubungkan iMessage di PC Windows 11

Phone Link Windows 11 untuk iPhone
Phone Link di PC atau laptop Windows 11 kini mendukung tautan dengan iPhone dan akses iMessages. (Doc. Microsoft)

Sebelumnya, aplikasi Phone Link yang diperbarui Microsoft akhirnya memberikan dukungan untuk perangkat iOS.

Kini, aplikasi tersebut memungkinkan pengguna iPhone terhubung ke PC Windows 11, termasuk melakukan aktivitas obrolan via iMessage secara langsung di komputer.

Pengguna juga dapat melakukan dan menerima panggilan, serta melihat notifikasi telepon di PC atau laptop yang menjalankan sistem operasi tersebut.

Melalui blog resminya, Microsoft menyatakan bahwa perusahaan menghadirkan pembaruan ini untuk menghapus penghalang antara ponsel iOS dan PC sehingga memudahkan pengguna terhubung dengan orang kesayangan.

“Kini, dengan kemampuan untuk menghubungkan telepon PC/iOS ini, kami berharap pelanggan Windows 11 tidak perlu khawatir kehilangan panggilan telepon atau teks penting saat berfokus pada PC Windows mereka,” tulis Microsoft dikutip Rabu (17/5/2023).


Telah Tersedia di 85 Negara

Phone Link Windows 11 untuk iPhone
Phone Link di PC atau laptop Windows 11 kini mendukung tautan dengan iPhone dan akses iMessages. (Doc. Microsoft)

Saat ini, pembaruan aplikasi Phone Link telah tersedia di 85 negara. PC dan iPhone akan terhubung melalui konektivitas bluetooth untuk aktivitas panggilan, pesan, dan notifikasi. 

Meskipun begitu, Microsoft tidak menyebutkan secara pasti negara mana saja yang telah menerima pembaruan ini. Namun, perusahaan mengklaim aplikasi ini telah mendukung 39 bahasa berbagai negara. 

Update aplikasi ini umumnya akan tersedia secara otomatis, tetapi apabila pengguna Windows 11 belum melihat opsi iPhone di aplikasi, pastikan Phone Link sudah menjalankan versi terbarunya. 

Sayangnya, fitur iMessage yang terhubung di Phone Link Windows 11 masih terbatas. Daftar pesan yang muncul di iMessage pada PC hanya pesan yang baru diterima atau dikirim via aplikasi Phone Link.


Cara Hubungkan iPhone dengan Aplikasi Phone Link di PC Windows 11

Phone Link Windows 11 untuk iPhone
Phone Link di PC atau laptop Windows 11 kini mendukung tautan dengan iPhone dan akses iMessages. (Doc. Microsoft)

Berdasarkan blog resmi Microsoft, cara untuk menghubungkan Phone Link dengan iPhone terbilang mudah dilakukan. Untuk mulai memakai Phone Link atau memeriksa apakah fitur sudah aktif, pengguna perlu mencari aplikasi di kolom Search pada Taskbar PC.

Setelah membuka aplikasi, pilih opsi iPhone dan selesaikan pengaturan dengan memindai kode QR.  Selanjutnya, atur preferensi notifikasi yang akan muncul di PC sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna.

Microsoft menyatakan, perusahaan akan terus memperluas dukungan Phone Link dan menghubungkan penggunanya dengan pesan serta panggilan yang penting, terlepas dari jenis ponsel yang dimiliki pengguna.

Meski Microsoft terus berusaha untuk memperluas jangkauan Phone Link, saat ini aplikasi tersebut hanya kompatibel dengan iPhone yang menjalankan iOS 14 ke atas. Artinya, Phone Link belum dapat dihubungkan dengan iPad.

(Dio/Dam)

Cek Fakta Infografis pencurian data 2
Cek Fakta Infografis pencurian data 2
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya