5 Fitur Baru iOS 17 untuk iPhone yang Sudah Ada di Android

iOS 17 akan menghadirkan sejumlah fitur baru untuk iPhone, kendati begitu sejumlah fitur tersebut sudah ada di Android.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 24 Agu 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2023, 14:00 WIB
Apple
Sejumlah iPhone model lawas dipastikan tidak lagi mendapatkan update iOS 17 yang baru saja diperkenalkan oleh Apple di WWDC 2023. (Dok: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple bakal merilis sistem operasi barunya untuk perangkat iPhone, iOS 17. Sistem operasi ini bakal hadirkan sejumlah fitur baru untuk mendukung kemudahan pengguna iPhone.

Kendati demikian, dari fitur-fitur baru iOS 17 tersebut sebenarnya beberapa di antaranya sudah ada di Android, bahkan sejak bertahun-tahun lalu.

Fitur baru iOS 17 apa saja yang sudah ada di Android? Berikut informasinya sebagaimana dikutip dari ZDnet dan berbagai sumber lainnya, Kamis (24/8/2023).

1. StandBy Mode

Salah satu fitur di iOS 17 yang menarik perhatian adalah StandBy Mode. Ketika iPhone terkunci dan tengah ditempelkan untuk isi daya ke perangkat MagSafe, fitur StandBy akan menampilkan informasi berguna seperti waktu, cuaca, status smart home, hingga Live Activities.

Lewat Mode Standby ini, iPhone secara efektif berfungsi ganda sebagai layar pintar. Terdengar sangat berguna?

Meski begitu fitur baru iPhone ini sebenarnya sudah ada di Android, meski belum sedetail di iPhone. Salah satunya fitur Pixel Stand (generasi kedua) yang ada di Google Pixel. Pixel Stand ini akan memicu carousel, Google Photos, kontrol rumah pintar, dan banyak lain.

Sementara di Samsung Galaxy, pengguna bisa mengatur always on display untuk selalu aktif dalam orientasi lanskap serta mengucah gaya jam untuk menyajikan informasi meeting hingga kalender yang akan datang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Live Voicemail

Tampilan iOS 17 beserta update berbagai fitur barunya
Tampilan iOS 17 beserta update berbagai fitur barunya (Foto: Apple).

Tidak semua orang memiliki bandwidth untuk menerima panggilan telepon. Apalagi dengan merajalelanya nomor spam, yang bikin orang mulai malas angkat telepon.

Itu sebabnya iOS 17 mulai menghadirkan fitur baru Live Voicemail yang mentranskripsikan apa yang dikatakan penelepon tanpa perlu mengangkat telepon.

Namun sebenarnya, fitur ini sudah ada di Android. Jika pengguna menggunakan Google Pixel atau Samsung Galaxy, masing-masing terdapat Call Screen dan Bixby Text Call.

Kedua fitur Android ini memungkinkan pengguna menyaring panggilan masuk, menyalin pesan secara real-time, merespon melalui text-to-speech, dan beralih kembali ke panggilan suara saat Anda siap siap mengangkat telepon.

Untuk mengaktifkan Call Screen, buka aplikasi Phone > ketuk ikon Lainnya > Setting > Call Screen, dan aktifkan fitur tersebut.

Untuk mengaktifkan Bixby Text Call, buka aplikasi Phone, ketuk ikon More, Settings > Bixby Text Call > dan aktifkan. Selanjutnya saat pengguna menerima panggilan telepon, ponsel Anda akan memberikan pilihan untuk menggunakan fitur penyaringan panggilan dan kemampuan mereplikasi suara melalui AI di Bixby Text Call.

 


3. Kirim Video FaceTime

Profil Terpisah di Browser pada iOS 17. Dok: Apple
Profil Terpisah di Browser pada iOS 17. Dok: Apple

Pengguna iPhone dan iPad yang telah menginstal iOS 17 bisa mengirimkan video pendek FaceTime untuk pengguna yang akan dikontak atau tidak bisa dikontak melalui FaceTime.

Sementara perangkat Android telah menggunakan fitur ini sejak 2018. Para pengguna smartphone Android yang telah instal Google Duo bisa mengirimkan video pendek untuk meninggalkan pesan ke orang-orang yang ingin mereka kontak.

 


4. Isi Otomatis Kode OTP dari Email

iOS 17
iOS 17. Credit: Macrumors.com

Dengan iOS 17, kode OTP atau 2FA yang diterima pengguna melalui email otomatis akan terisi, seperti saat diterima via SMS.

Jika pengguna sebelumnya mungkin sering sebal harus bolak balik buka email dan laman login untuk menemukan kode OTP yang masuk email dan menuliskannya secara manual di laman login, kehadiran fitur isi otomatis kode OTP dari email akan sangat bermanfaat.

Namun, sebenarnya fitur ini sudah ada di Android melalui aplikasi Gmail. Kemampuan ini dengan mudah dihadirkan oleh Google. Di mana, Gmail telah memiliki fitur penyortiran cerdas dari semua layanan email umum.

 

 


5. Auto Hapus Kode Verifikasi yang Telah Dipakai

Perubahan di iOS 17 Beta 4 (kiri) dibandingkan iOS 17 Beta 3 (Foto: Apple Insider)
Perubahan di iOS 17 Beta 4 (kiri) dibandingkan iOS 17 Beta 3 (Foto: Apple Insider)

Salah satu fitur yang diam-diam dirilis seiring perilisan iOS 17 adalah Clean Up Automatically, atau fitur yang mampu menghapus kode autentikasi (2FA) yang telah dipakai.

Ini merupakan trik bagus yang bisa mengosongkan penyimpanan ponsel, sedikit demi sedikit.

Fitur yang sangat berguna ini sudah ada di Android. Di mana, pada aplikasi Messages, pengguna bisa ketuk gambar profil, Messages Settings > Messages organization > lalu aktifkan hapus otomatis OTP setelah 24 jam.

OTP alias one time password adalah kata sandi satu kali. OTP begitu berguna tetapi kalau terlalu banyak menyimpan pesan lawas berisi OTP bisa memenuhi ruang penyimpanan. Apalagi kini ada banyak aplikasi dan layanan yang haruskan pengguna menyalin dan menempel kode untuk masuk ke akun.

Mengaktifkan fitur ini akan menghapus kode-kode tersebut, 24 jam setelah pengguna memakainya.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya