Sony Interactive Induk PlayStation Mau Akuisisi Pembuat Headphone Gaming Audeze

Sony Interactive Entertainment mengumumkan mereka akan mengakuisisi perusahaan pembuat headphone untuk segmen pasar kelas atas dan gamer, demi meningkatkan pengalaman audio di PlayStation.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 27 Agu 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2023, 16:00 WIB
PS5
PS5. (Doc: Sony PlayStation)

Liputan6.com, Jakarta - Sony Interactive Entertainment (SIE) atau induk dari PlayStation, mengumumkan rencana untuk mengakuisisi perusahaan pembuat headphone gaming Audeze.

Perusahaan yang berkantor di Orange Country, California, Amerika Serikat ini terkenal dengan produk headphone kelas atas, yang menargetkan pasar gamer dan produser audio.

Meski akan beroperasi di bawah Sony Interactive Entertainment, melalui pernyataannya, Audeze mengklaim mereka tidak akan menjadi perusahaan yang produknya eksklusif hanya untuk platform dari perusahaan asal Jepang itu.

Setidaknya untuk saat ini, Audeze masih akan memproduksi headphone gaming untuk pesaing-pesaing PlayStation, salah satu yang mungkin adalah Xbox, meski tentu saja juga akan merilis produk untuk konsol PlayStation.

SVP SIE Hideaki Nishino menilai bahwa Audeze adalah merek headphone yang terkemuka, dan akuisisi ini menyoroti fokus Sony Interactive pada inovasi untuk memberikan pengalaman audio terbaik buat pemain PlayStation.

"Kami sangat bersemangat untuk menghadirkan keahlian Audeze ke ekosistem PlayStation, melanjutkan langkah besar yang telah kami buat dengan Tempest 3D AudioTech dari PlayStation 5 dan headset nirkabel Pulse 3D," ujarnya.

Sementara menurut Audeze, kesepakatan ini akan menawarkan jangkauan yang lebih luas bagi mereka.

CEO Sankar Thiagasamudram mengatakan, Sony memberikan peluang untuk meningkatkan skala bisnisnya, di saat mereka terus menghadirkan headphone terbaik buat para profesional di bidang rekaman, audiofil, dan gamer.

"Kami juga berharap dapat berkontribusi pada upaya Sony Interactive untuk membawa pengalaman audio PlayStation ke level berikutnya," kata Thiagasamudram seperti dikutip dari Tech Crunch, Minggu (27/8/2023).

Belum diungkap syarat-syarat terkait finansial dalam kesepakatan antara Sony dan Audeze ini "karena komitmen kontrak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sony Luncurkan Pulse Elite dan Pulse Explore

Sony luncurkan headset wireless Pulse Elite (PlayStation)
Sony luncurkan headset wireless Pulse Elite (PlayStation)

Kabar akuisisi Audeze oleh Sony muncul tak lama usai PlayStation merilis sejumlah perangkat pendukung untuk konsol PlayStation 5 (PS5) seperti PlayStation Portal dan dua perangkat audio.

Kedua perangkat audio ini adalah earbuds wireless untuk PS5 dan PlayStation Portal, serta headphone baru untuk kedua sistem tersebut.

Earbud Pulse Explore dan headset Pulse Elite diklaim mendukung audio lossless latensi rendah dari PS5 dan PlayStation Portal, berkat teknologi baru mereka, PlayStation Link.

Untuk menghubungkan earbud dan headphone ke PS5 melalui PlayStation Link, pengguna membutuhkan adaptor USB. Teknologi ini juga akan didukung di PC dan Mac.

Pulse Explore dan Pulse Elite juga menyertakan konektivitas multipoint. Pengguna dapat menghubungkannya ke PS5 dan perangkat Bluetooth secara bersamaan, sehingga bisa dengan mudah menjawab telepon sambil bermain.

Pulse Elite juga dilengkapi retractable boom mic dan pengurang kebisingan berbasis AI, untuk menyaring suara latar belakang. Perangkat ini juga akan rilis bersama charging hanger.

Sementara, Pulse Explore dilengkapi dual microphone dengan teknologi pengurang kebisingan. Perangkat ini akan dilengkapi dengan charging case.

Pulse Elite bakal dirilis di harga USD 149,99 (sekitar Rp 2,2 juta), sementara Pulse Explore akan tersedia dengan harga USD 199,99 (sekitar Rp 3 juta).


Sony Perkenalkan PlayStation Portal

Sony luncurkan PlayStation Portal remote player untuk memainkan game di konsol PS5 dari jarak jauh (PlayStation)
Sony luncurkan PlayStation Portal remote player untuk memainkan game di konsol PS5 dari jarak jauh (PlayStation)

Sony juga baru saja meramaikan tren handheld gaming dengan meluncurkan perangkat terbaru mereka, PlayStation Portal remote player.

Namun, alih-alih perangkat yang dapat berdiri sendiri seperti Steam Deck atau ROG Ally, PlayStation Portal dihadirkan sebagai pendukung atau pelengkap dari konsol PS5, sehingga pemain tak perlu berada terus menerus di depan layar besar.

Hideaki Nishino, Senior Vice President, Platform Experience, Sony Interactive Experience mengatakan, PlayStation Portal menghadirkan pengalaman menggunakan PlayStation 5 (PS5) di tangan pemain.

"PlayStation Portal adalah perangkat yang sempurna untuk para gamer di rumah yang mungkin perlu berbagi TV di ruang tamu atau sekadar ingin memainkan game PS5 di ruangan lain di rumah," kata Nishino.

Dengan PlayStation Portal, pengguna akan dapat terhubung dari jarak jauh ke perangkat PS5-nya melalui Wi-Fi, sehingga pemain bisa beralih dengan cepat dari konsol PS5 ke PlayStation Portal.

Di sini, pemain hanya bisa memainkan game yang didukung dan sudah diinstal di konsol PS5, serta menggunakan controller Dualsense.

Perangkat ini juga hadir dengan jack audio 3,5 mm untuk perangkat audio dengan kabel. Fitur-fitur seperti DualSense wireless controller, termasuk adaptive triggers dan haptic feedback juga didukung.

Sementara, layarnya menggunakan LCD 8 inci dan sudah dapat menampilkan resolusi 1080 di 60fps.

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya