Asal Usul Skibidi Toilet, Animasi Viral di YouTube hingga Dibuat Jadi Meme dan Game

Berikut ini penjelasan mengenai Skibidi Toilet, animasi absurd di YouTube, yang jadi tren di kalangan anak-anak saat ini.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 16 Nov 2023, 11:29 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2023, 11:26 WIB
Skibidi Toilet (YouTube DaFuq!?Boom!)
Skibidi Toilet (YouTube DaFuq!?Boom!)

Liputan6.com, Jakarta - Kartun Skibidi Toilet jadi salah satu tren YouTube yang viral tahun ini, meski mendapatkan banyak pro dan kontra, mengingat banyak penontonnya adalah anak-anak.

Tampilannya yang terasa creepy, alur cerita dan aksi kekerasan yang absurd, adalah salah satu yang banyak jadi sorotan dari animasi Skibidi Toilet.

Hingga, artikel ini ditulis, Kamis (16/11/2023), saluran YouTube pembuat Skibidi Toilet, DaFuq!?Boom!, sudah merilis 67 episode, di mana tiap cerita terdiri dari beberapa bagian berdurasi pendek.

Mengutip Gamerant, episode pertama Skibidi Toilet dimulai di Februari 2023 di kanal DaFuq!?Boom!, yang diketahui milik seorang kreator bernama Alexey Gerasimov.

Dikutip dari Business Insider, serial ini juga membuat kanal DaFuq!?Boom! mengalami peningkatan subscribers, dengan nyaris 35 juta pada bulan Oktober 2023 lalu.

Serial ini diketahui digarap dengan aset siap pakai dari Half-Life 2 dan Counter-Strike: Source. Setiap episode-nya pun dibuat dengan kombinasi Garry's Mod dan Source Filmmaker. Ceritanya berpusat tentang toilet dengan kepala orang yang menyeringai dari dalam lubangnya.

Musim pertama Skibidi Toilet juga menceritakan tentang kekacauan yang disebabkan oleh "makhluk" ini, di mana mereka menyanyikan cuplikan "Dom Dom Yes Yes" dari Biser King.

Video ini awalnya tak memiliki cerita dan cuma berdurasi singkat di YouTube. Namun mulai episode tiga, mulai dihadirkan cerita untuk animasi tersebut.

Kebanyakan alur ceritanya adalah bagaimana makhluk Skibidi Toilet mencoba mengambil alih dunia, dan berperang melawan makhluk humanoid yang punya kepala berbentuk kamera.


Cerita yang Makin Berkembang dan Game

Skibidi Toilet (YouTube DaFuq!?Boom!)
Skibidi Toilet (YouTube DaFuq!?Boom!)

Seiring berjalannya cerita, semakin banyak bentuk dan tipe dari makhluk Skibidi Toilet, di mana mereka juga datang dengan berbagai persenjataan. Begitu juga dengan musuhnya, yang juga tampil dengan berbagai bentuk seperti robot, dan hadir dengan berbagai senjata canggih.

Kesuksesan serial ini di kalangan anak-anak bahkan membuat beberapa orang menyebutnya sebagai "Slenderman Gen Alpha", yang merujuk pada makhluk dari meme internet lawas dan creepypasta.

Mengutip HITC, beberapa warganet pun bahkan menyebut bahwa obsesi atau kecanduan serial ini sebagal Skibidi Toilet Syndrome.

Skibidi Toilet Syndrome pun digambarkan dengan "gejala" seperti menonton serial itu berulang kali, menyanyikan atau meniru lagu temanya, dan membagikan meme Skibidi Toilet.

Berkat popularitasnya, sejumlah game pun diangkat dari Skibidi Toilet, seperti mengutip Distractify.

Sebut saja Skibidi War - Toilets Attack yang dirilis Influencer Apps di iOS dan Android, di mana pemain harus menembak jatuh Skibidi Toilet yang menginvasi map.

Selain itu, di Steam, ada game Skibidi Battle - Toilet Attack, yang direncanakan rilis untuk PC akhir tahun ini.


Jadi Tren Paling Diminati Anak-Anak

Skibidi Toilet (YouTube DaFuq!?Boom!)
Skibidi Toilet (YouTube DaFuq!?Boom!)

Perusahaan keamanan siber Kaspersky juga sempat mengungkapkan bahwa serial Skibidi Toilet di YouTube, menjadi tren yang paling diminati anak-anak di tahun 2023 pada periode Juni sampai Agustus.

Berdasarkan studi Kaspersky Safe Kids selama musim panas 2023, tiga aplikasi paling populer di Android adalah YouTube (30 persen), TikTok (17 persen) dan WhatsApp (15 persen).

Sementara, Instagram menempati posisi keempat (9 persen). Menariknya, YouTube kids hanya mendapat 2,5 persen dan tidak memiliki jangkauan yang signifikan di kalangan usia anak.

Di YouTube, konten yang paling sering dicari oleh anak-anak adalah kanal dan vlogger yang merekam video hiburan, tantangan, atau gaya hidup dengan angka 21 persen.

Klasifikasi "lainnya" mendapat 21 persen, dan biasanya berisi meme dan cerita yang tidak termasuk dalam kategori lain. Blogger game berada di posisi ke-3 dengan 15 persen permintaan.

Lalu, kategori tambahan yang menduduki puncak daftar adalah kategori seperti musik (13 persen), film, kartun, acara TV (12 persen), dan permainan (9 persen persen).


Tren Musim Panas Terbesar 2023

Skibidi Toilet (YouTube DaFuq!?Boom!)
Skibidi Toilet (YouTube DaFuq!?Boom!)

Mengutip siaran persnya, Rabu (20/9/2023), Kaspersky menyebut bahwa Skibidi Toilet adalah salah satu tren musim panas terbesar.

Ini adalah serial kartun yang awalnya diunggah di YouTube Shorts, dan dibuat oleh influencer Georgia, DaFuq!?Boom!. Video tersebut dimulai dengan video pendek yang merupakan kumpulan sketsa-sketsa abstrak.

Kisahnya berpusat pada karakter utama berwujud kepala yang keluar dari toilet dengan mashup Dom Dom Yes Yes oleh Biser King dan Give it to me oleh Timbaland.

Video ini sekarang menjadi serial video dengan gaya, plot, karakter, dan fandomnya sendiri. Skibidi Toilet menghasilkan hampir 9 persen dalam TOP-1000 permintaan pencarian YouTube.

Tips Buat Orangtua Jaga Pengalaman Anak di Internet

Kaspersky pun mengingatkan agar orangtua untuk memastikan anak-anak mendapatkan pengalaman online secara positif, dengan beberapa tips berikut ini:

  • Libatkan diri dalam aktivitas online anak-anak Anda sejak usia dini. Jadikan hal tersebut sebagai norma sehingga Anda dapat membimbing mereka mengenai praktik keamanan online
  • Pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi kontrol orang tua dan mendiskusikan topik ini dengan anak Anda untuk menjelaskan cara kerja aplikasi dan mengapa itu diperlukan agar tetap aman saat online
  • Jadikan percakapan tentang keamanan siber lebih menyenangkan dan menarik dengan mendiskusikan topik tersebut bersama anak Anda melalui permainan dan format hiburan lainnya
  • Perhatian kebiasaan diri sendiri. Apakah menggunakan ponsel cerdas saat makan atau mengobrol? Lihat apakah ada pola yang meniru kebiasaan Anda? Apakah reaksi mereka berbeda saat Anda menyimpan ponsel?
  • Mintalah anak untuk tidak melakukan persetujuan pengaturan privasi apa pun dan tanpa bantuan dari Anda. Orang dewasa harus membiasakan membaca semua perjanjian privasi.
INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak
INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya