Samsung Rilis One UI 6.0 Berbasis Android 14, Ini Deretan HP Galaxy yang Kebagian

Samsung merilis One UI 6.0 berbasis Android 14 untuk sejumlah perangkatnya. Berikut adalah deretan HP dan tablet Samsung Galaxy yang kebagian update ini.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 28 Nov 2023, 09:30 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2023, 09:30 WIB
Galaxy S23 Ultra One UI 6
Galaxy S23 Ultra One UI 6. (Sumber: SAMMOBILE)

Liputan6.com, Jakarta - Jutaan pengguna perangkat Galaxy dari Samsung akan kebagian update sistem operasi baru yakni One UI 6.0. Update One UI 6.0 ini telah digulirkan sejak akhir Oktober lalu.

Pihak Samsung diketahui sudah mulai menyebarkan update One UI 6.0 yang berbasis Android 14 pada perangkat Galaxy S23 series.

Mengutip Gizchina, Senin (27/11/2023), update One UI 6.0 akan secara bertahap diperluas ke perangkat Galaxy model lainnya.

Sebelumnya pada bulan Agustus lalu, Samsung telah menginisiasi program Beta Android 14-nya. Dalam waktu dua bulan, program Beta Android 14 ini telah berevolusi ke versi stabil dari One UI 6.0.

Selama periode waktu tersebut, sejumlah model perangkat Galaxy di pasar tertentu, baik itu kelas menengah atau flagship telah berkesempatan untuk menguji Android 14 melalui One UI 6.0.

Selanjutnya, Samsung berupaya mendistribusikan versi stabil dari One UI 6.0 untuk perangkat yang memenuhi syarat, dalam skala global.

Sebenarnya beberapa bulan lalu, telah beredar informasi mengenai sederetan perangat Galaxy yang memenuhi syarat untuk update versi Beta dan Stabil. Demikian pula pelacakan berkelanjutan tengah dilakukan untuk memantau ketersediaan build Stabil untuk berbagai perangkat Samsung Galaxy.


Daftar HP Samsung yang Kebagian One UI 6.0

Unboxing Samsung Galaxy S23 Ultra 5G
Samsung Galaxy S23 Ultra 5G hadir dalam empat pilihan warna yakni Phantom Black, Cream, Green, dan Lavender. Di foto ini adalah Galaxy S23 Ultra 5G warna Cream dengan frame warna grey. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).

Berikut daftar smartphone Galaxy milik Samsung yang bisa update ke One UI 6.0 berbasis Android 14:

  • Galaxy S23
  • Galaxy S23 Plus
  • Galaxy S23 Ultra
  • Galaxy S23 FE
  • Galaxy S22
  • Galaxy S22 Plus
  • Galaxy S22 Ultra
  • Galaxy Z Fold 5
  • Galaxy Z Flip 5
  • Galaxy A73
  • Galaxy A54
  • Galaxy M53
  • Galaxy Tab S9
  • Galaxy Tab S9 Plus
  • Galaxy Tab S9 Ultra

Fitur Baru One UI 6.0

Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Update yang dirilis Samsung ini memiliki ukuran sekitar 3 GB dan membawa sejumlah penyempurnaan serta fitur baru yang menarik, seperti dikutip dari Gizchina, Rabu (1/11/2023).

Salah satu perubahan One UI 6 paling mencolok adalah desain baru yang lebih fresh. Kini, One UI berbasis Android 14 ini memiliki tampilan font default baru, ikon yang didesain ulang, label ikon yang disederhanakan, dan kemampuan penyesuaian jam di lockscreen. 

Lalu, Quick Panel yang memberikan akses cepat ke fungsi-fungsi penting, kini memiliki tata letak baru. Wi-Fi dan Bluetooth kini menempati posisi teratas, kemudian diikuti tombol cepat biasa, sedangkan pengatur kecerahannya dipindahkan ke bawah.

Selain itu, One UI 6 juga memperkenalkan Video Studio baru yang dapat diakses melalui aplikasi Galeri. Ini adalah editor video yang menawarkan berbagai pilihan pengeditan, meskipun saat ini terbatas pada resolusi FHD.

Di samping itu, inovasi lainnya adalah tampilan widget cuaca baru dan tampilan baru untuk Samsung Health (sebelumnya diperkenalkan dengan Android 13).

Mode Pesawat di One UI berbasis Android 14 ini juga menjadi lebih cerdas yang membuat Wi-Fi dan Bluetooth tetap aktif. Kemudian, menu pengaturan Baterai ditambahkan di sebelah pengaturan Tampilan.


Spesifikasi Galaxy S23 FE

Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Samsung Galaxy S23 FE (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Terlepas dari itu, Samsung Galaxy S23 FE sendiri resmi diumumkan diumumkan di Indonesia. Bersamaan dengan itu dirilis juga Galaxy Tab S9 FE dan Galaxy Buds FE.

Hari ini, Selasa (10/10/2023), Samsung secara resmi merilis perangkat-perangkat ini di Tanah Air, dengan menghadirkan sejumlah penawaran buat para konsumen yang akan membeli Galaxy S23 FE.

Untuk spesifikasi, Samsung Galaxy S23 FE memiliki layar 6,4 inci FHD+ dan mendukung Dynamic AMOLED 2X Display, serta Adaptive 120Hz refresh rate.

Samsung Galaxy S23 FE hadir dengan lima opsi warna yaitu Cream, Graphite, Purple, serta warna eksklusif Indigo. Sementara untuk bodi belakangnya memakai Gorilla Glass 5.

Samsung telah mengonfirmasi Galaxy S23 FE yang dirilis di Indonesia, menggunakan chipset Exynos 2200 fabrikasi 4nm.

Perusahaan juga mengklaim ini membuat peningkatan kerja CPU hingga 10 persen dan GPU 25 persen lebih unggul dari pendahulunya, HP Samsung Galaxy S21 FE.

Infografis Tekno Google Twitter
Infografis Tekno Google Twitter (liputan6/desi)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya