Apple Hadirkan Fitur Repair State Mode di iOS 17.5, Apa itu?

Apple akan hadirkan fitur Repair State Mode di iOS 17.5. Fitur ini memudahkan pengguna yang akan melakukan perbaikan di Apple Store ataupun jasa servis resmi Apple lainnya.

oleh Robinsyah Aliwafa Zain diperbarui 03 Mei 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2024, 14:00 WIB
Tampilan iOS 17 beserta update berbagai fitur barunya
Tampilan iOS 17 beserta update berbagai fitur barunya (Foto: Apple).

Liputan6.com, Jakarta - Apple akan hadirkan fitur baru yang memudahkan pengguna saat ingin memperbaiki iPhone di iOS 17.5.

Fitur tersebut memudahkan pengguna yang ingin memperbaiki iPhone mereka di Apple Store maupun jasa servis resmi Apple lainnya.

Hingga saat ini, ketika pengguna ingin memperbaiki iPhone ke pusat perbaikan resmi Apple, mereka perlu mematikan fitur Find My terlebih dahulu. Dengan mematikan fitur itu, Apple akan mengetahui bahwa iPhone yang akan diperbaiki bukanlah ponsel curian.

Kendati demikian, proses ini menjadi sedikit lebih rumit sejak diperkenalkan fitur Stolen Device Protection di iOS 17.3.

Fitur tersebut menambahkan waktu tunda untuk mengatur pengaturan sensitif, termasuk mengubah pengaturan di fitur Find My.

Meski demi untuk alasan keamanan, beberapa pengguna merasa tidak nyaman karena mereka harus menunggu satu jam di Apple Store atau jasa servis resmi Apple sebelum menonaktifkan fitur tersebut.

Kini, Apple akan menghadirkan fitur Repair State Mode yang ditambahkan ke iOS 17.5 beta. Mengutip GizChina, Jumat (3/5/2024), fitur ini memungkinkan pengguna mengonfirmasi bahwa mereka akan mengirim iPhone untuk diperbaiki dengan memasukkan ID Apple dan kata sandi.

Dengan demikian, teknisi iPhone bisa mengonfirmasi bahwa orang tersebut adalah pemilik iPhone dan kemudian melanjutkan perbaikan tanpa perlu mematikan fitur Stolen Device Protection dan Find My.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Kerja Repair State Mode

Apple
Sejumlah pembaruan yang ada di iOS 17 dan akan hadir di sejumlah iPhone tahun ini. (Dok: Apple)

Saat mode Repair State diaktifkan, iPhone akan menampilkan status "Ready for Repair" yang menandakan iPhone siap untuk diperbaiki bersamaan dengan notifikasi "device remains fully functional" yang menandakan iPhone akan tetap berfungsi dengan normal.

Hal ini memastikan bahwa pengguna dapat terus melacak dan menemukan lokasi perangkat mereka menggunakan aplikasi Find My, meski iPhone sedang diperbaiki.

Repair State mode saat ini hanya tersedia untuk iPhone dan tidak ditemukan di perangkat Apple lainnya, seperti iPad ataupun Mac.

Perlu diperhatikan bahwa saat ini tidak ada cara yang jelas untuk menonaktifkan mode Repair Mode. Hal tersebut terjadi dikarenakan Apple belum menambahkan opsi ini ke versi beta atau karena hanya teknisi Apple yang dapat mengonfirmasi bahwa perbaikan telah selesai dan kemudian menghapus perangkat dari mode ini.


Kelebihan Fitur Repair State Mode

Find My Apple
Ilustrasi: Find My Device Apple (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Pengenalan mode Repair State di iOS 17.5 membawa beberapa manfaat bagi pengguna Apple, berikut diantaranya:

  • Peningkatan Kenyamanan: Pengguna tidak perlu lagi mengingat untuk mematikan fitur Find My iPhone sebelum mengirim perangkatnya untuk diperbaiki. Hal ini menghilangkan ketidaknyamanan karena harus menunggu satu jam hingga fitur Stolen Device Protection dapat diatur.
  • Keamanan yang Ditingkatkan: Dengan tetap mengaktifkan fitur Find My iPhone dan Activation Lock, pengguna dapat memastikan bahwa perangkat mereka tetap terlindungi dari pencurian atau akses tidak sah.
  • Proses Perbaikan yang Efisien: Mode Repair State menyederhanakan proses perbaikan bagi pengguna dan teknisi Apple. Teknisi kini dapat mengonfirmasi kepemilikan pengguna atas perangkat dan melanjutkan perbaikan tanpa memerlukan langkah tambahan.

Kelemahan Repair State Mode

Cara mengaktifkan Find My iPhone
Cara mengaktifkan Find My iPhone (Foto: Apple Support).

Meskipun mode Repair State merupakan tambahan yang disambut baik, ada beberapa potensi keterbatasan dan kekhawatiran yang harus diwaspadai pengguna:

  • Kurangnya Opsi Mematikan Fitur Repair State: Seperti disebutkan sebelumnya, saat ini tidak ada cara yang jelas bagi pengguna untuk menghapus perangkat mereka dari mode Repair State.
  • Masalah Kompatibilitas: Mode Repair State saat ini hanya tersedia untuk iPhone dan tidak untuk perangkat Apple lainnya, seperti iPad. Hal ini bisa menjadi batasan bagi pengguna yang perlu mengirimkan beberapa perangkat untuk diperbaiki.
  • Masih dalam Pengembangan: Karena mode Repair State masih dalam pengembangan, akan ada fitur tambahan atau perubahan yang diperkenalkan pada pembaruan mendatang. Pengguna harus tetap mendapat informasi tentang pembaruan atau perubahan apa pun pada mode ini.
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya