4 Rumor Bocoran Desain iPhone 16, Apa Bedanya Sama iPhone 15?

Terdapat bocoran mengendai desain iPhone 16 yang akan hadir tak lama lagi. Apa bedanya dengan desain iPhone 15?

oleh Robinsyah Aliwafa Zain diperbarui 06 Mei 2024, 12:45 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2024, 07:30 WIB
iPhone 16
Informasi mengenai iPhone 16 yang seharusnya rilis tahun depan sudah mulai beredar.

Liputan6.com, Jakarta - Desain iPhone mengalami beberapa perubahan dari tahun ke tahun, dengan penambahan estetika yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

iPhone memiliki garis desain yang sama dalam beberapa tahun terakhir. Kendati demikian, bukan berarti tidak ada perubahan sama sekali. Apple menerapkan desain Titanium baru pada iPhone 15 Pro, dan pilihan warna yang beragam di iPhone 15.

Selain menghadirkan perubahan estetika, iPhone juga menghilangkan fitur yang dianggap ketinggalan zaman. Contohnya, dikutip dari CNET, Minggu (5/5/2024), Apple memutuskan untuk menghilangkan headphone jack di iPhone 7, serta menghilangkan slot kartu SIM untuk lini iPhone 14 yang dijual di AS.

Perubahan perombakan desain iPhone terbesar terjadi pada tahun 2020 ketika Apple mengubah bentuk iPhone 12 menjadi lebih rata dengan tepian mengotak.

Kini, terdapat rumor mengenai perubahan desain pada lini iPhone 16 yang akan diluncurkan pada September 2024 mendatang. Di antara perubahan terbesar yang dirumorkan adalah penambahan tombol baru untuk kedua lini iPhone 16 dan 16 Pro.

Selain itu, ukuran layar yang lebih besar menjadi rumor desain iPhone 16 Pro yang terus diperbincangkan di internet. Terdapat pula rumor yang mengatakan model iPhone 16 reguler akan menghadirkan desain modul kamera baru.

Untuk mengetahui rumor lebih lanjut mengenai desain iPhone 16 yang akan datang, simak penjelasannya berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Desain Kamera Belakang Baru

Misteri Tombol Capture Button di iPhone 16 Terungkap, Ternyata Cara Kerjanya Bukan di Klik!
Misteri Tombol Capture Button di iPhone 16 Terungkap, Ternyata Cara Kerjanya Bukan di Klik! (Doc: Phone Arena)

Apple kemungkinan akan merubah peletakan kamera pada iPhone 16 dan 16 Plus. Menurut laporan dari MacRumors, kamera dari ponsel ini akan diletakkan secara vertikal, mirip dengan desain iPhone 12.

Salah satu reviewer Australia, Trevor Long mengklaim telah memperoleh unit dummy dari iPhone 16. Meski bukan iPhone 16 sungguhan, model tiruan tersebut dibuat untuk membantu pembuat casing iPhone mengetahui ukuran ponsel baru Apple tersebut sebelum dirilis.

Desain dummy dari iPhone 16 tersebut menunjukkan desain kamera dari iPhone 16 yang berorientasi vertikal, sama seperti yang ditunjukkan oleh MacRumors.

Masih belum jelas apa alasan Apple mengubah peletakan kamera di iPhone 16 dan 16 Plus. Sedangkan desain kamera dari iPhone 16 Pro dan Pro Max akan sama seperti seri terdahulunya, menurut laporan dari 91Mobiles.

 

Action Button dan Tombol Kamera di iPhone 16

Capture Button di iPhone 16. Credit: The Information
Capture Button di iPhone 16. Credit: The Information

Menurut analis Mark Gurman, iPhone 16 akan memiliki tombol khusus untuk memotret dan merekam video. Kendati demikian, kehadiran tombol baru tersebut masih belum jelas apakah akan tersedia di seluruh lini iPhone 16 atau hanya varian Pro saja.

Terdapat pula rumor yang mengabarkan kalau Apple akan menghadirkan Action Button di seluruh lini iPhone 16. Menurut laporan dari MacRumors, kedua tombol tersebut merupakan tombol kapasitif, bukan tombol fisik.

Action Button merupakan tombol yang berfungsi sebagai pintasan untuk membuka kamera ataupun perintah lainnya. Tombol tersebut saat ini hanya tersedia di lini iPhone 15 Pro.


Bentang Layar yang Lebih Luas

iPhone 16 Pro Lebih Besar dan Berat?
iPhone 16 Pro Lebih Besar dan Berat? (Doc: @SonnyDickson | Phone Arena)

Layar dari lini iPhone Pro memiliki ukuran tetap sama selama bertahun-tahun. Namun, dirumorkan kalau layar dari iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan lebih besar dari pendahulunya.

Layar iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max saat ini masing-masing berukuran 6,1 dan 6,7 inci. Menurut laporan MacRumors, layar dari iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan memiliki ukuran yang lebih besar, yakni 6,2 atau 6,3 inch untuk 16 Pro. Sedangkan untuk lini Pro Max akan berukuran 6,8 atau 6,9 inch.

Meski peningkatan tersebut tidak terlihat signifikan. Namun untuk perangkat seperti smartphone, lompatan ukuran tersebut merupakan peningkatan yang cukup terasa.


Varian Warna iPhone 16

iPhone 16
Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)

Apple kemungkinan akan menghadirkan warna baru untuk lini iPhone 16 dan 16 Pro. Jika rumor dari situs Weibo benar, IPhone 16 Pro dan Pro Max akan hadir dalam warna space black, gray, rose dan white.

Rumor tersebut turut diposting oleh leaker terkemuka ShrimpApplePro di X/Twitter. Varian warna yang dimiliki oleh lini iPhone 16 Pro akan berbeda dari pilihan warna iPhone 15 Pro dan Pro Max, yang meliputi natural titanium, blue titanium, white titanium dan black titanium.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya