Review Realme 13: HP Android Rp 2,9 Jutaan untuk Nge-Game Tanpa Bikin Kantong Jebol

Realme 13 hadir sebagai pilihan terbaik untuk gamer mobile dengan budget terbatas. Dilengkapi dengan chipset Snapdragon 685, layar AMOLED 120Hz, dan kamera 50MP, HP ini menawarkan performa gaming tanpa hambatan dan hasil foto yang memuaskan.

oleh Yuslianson diperbarui 07 Agu 2024, 15:30 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 15:30 WIB
Realme 13
Realme 13 resmi meluncur di pasar Indonesia. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Realme 13 menjadi HP Android terbaru milik Realme yang meluncur di pasar Indonesia, dengan menyasar pengguna yang gemar bermain game di ponsel tetapi memiliki budget terbatas.

Untuk mendukung kegiatan bermain game dan kegiatan sehari-hari, HP Realme 13 sudah dilengkapi dengan hardware mumpuni untuk di kelasnya saat ini ketimbang merek lain.

Adapun HP Realme 13 yang mampir ke meja redaksi Liputan6.com hadir dengan chipset Snapdragon 685, RAM 12GB (8GB+4GB), dan memori sebsar 256GB.

HP Android baru milik Realme ini juga sudah dilengkapi dengan dual kamera 50MP dan 2MP di belakang, dan 16MP untuk kamera selfie-nya.

Lalu seperti apa pengalaman kami memakai Realme 13 ini? Kita akan mengeksplorasi bagaimana ponsel ini menghadapi tantangan bermain game mobile, seperti Honor of Kings, PUBG Mobile, dan Genshin Impact, serta melihat kemampuan kamera tersemat pada ponsel ini.

Performa Gaming

Seperti disebutkan, Realme 13 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 685. Saat kami lakukan pengujian menggunakan AnTuTu versi 10.3.0 dengan skor mencapai rata-rata 355.271 poin.

Langsung masuk ke dalam pembahasan performa ponsel bermain game, kita langsung menginstal Honor of Kings, PUBG Mobile, dan Genshin Impact. Apakah perusahaan asal China ini mampu membuktikan klaim sebagai HP 'gaming bintang lima'?

Honor of Kings

<p>Main Honor of Kings di Realme 13. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Bermain Honor of Kings di Realme 13 terasa sangat memuaskan. Game berjalan dengan mulus tanpa ada gangguan seperti frame rate drop atau lag. Sepanjang bermain game besutan Level Infinite ini lebih dari sejam, ponsel tidak mengalami panas berlebihan.

Kami pun bermain game ini terasa nyaman dan stabil sepanjang seminggu pemakaian HP baru Realme 13.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PUBG Mobile

<p>PUBG Mobile berjalan stabil di Realme 13. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

HoK memang tidak membutuhkan kemampuan prosesor tinggi untuk dijalankan, lalu bagaimana dengan pengalaman bermain game dengan grafis lebih tinggi seperti PUBG Mobile?

Realme 13 menunjukkan performa baik. Dengan layar AMOLED Ultra-smooth 120Hz, visual game terlihat tajam dan mulus. Layar HP Android ini juga menawarkan pengalaman presisi dan responsif saat bermain.

Selain itu, baterai besar 5000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 67W SUPERVOOC memastikan kamu bisa bermain lebih lama tanpa harus sering mengisi daya.

Dalam sesi bermain selama satu jam, ponsel tetap dingin berkat pendingin VC 7 lapis dengan luas 4392mm.

 


Genshin Impact

<p>Realme 13 memainkan Genshin Impact. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Setelah melalui uji coba bermain game berbeda, kami pun akhirnya penasaran untuk mencoba ponsel ini bermain salah satu game yang terkenal dan sering menjadi "benchmark" performa sebuah ponse.

Yup, Liputan6.com mencoba main game Genshin Impact di Realme 13. Game milik Hoyoverse ini ternyata bisa dijalankan dengan baik di Realme 13.

Walaupun game ini lebih berat dibandingkan dengan PUBG Mobile dan Honor of Kings, Realme 13 tetap mampu memberikan performa memadai meski harus menurunkan pengaturan ke "low" dan "30 fps".

Realme 13 ini masih bisa digunakan untuk bermain Genshin Impact di pengaturan "high" dan "60 fps", namun performa ponsel ini akan mengalami penurunan dan lebih cepat panasnya.

Meskipun ada penurunan frame rate di beberapa momen dengan banyak aksi, secara keseluruhan game ini bisa dimainkan dengan baik.

Hal ini dapat terjadi berkat teknologi GT Mode yang dapat meningkatkan pengalaman visual dan respons permainan. Hanya saja, suhu bodi ponsel memang mengalami peningkatan cepat sepanjang bermain selama kurang lebih 45 menit.

 


Kemampuan Kamera

<p>Hasil foto dengan Realme 13. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Tidak hanya unggul dalam performa gaming, Realme 13 juga dilengkapi dengan kamera utama 50MP Sony LYT-600 yang mendukung Optical Image Stabilization (OIS).

Kamera ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas tinggi, dalam kondisi minim cahaya. Fitur OIS membantu mengurangi blur akibat goyangan, menghasilkan gambar jelas.

Selain itu, terdapat kamera selfie 16MP yang juga mampu memberikan hasil foto yang memuaskan untuk kebutuhan media sosial Anda. Berikut adalah beberapa hasil foto menggunakan Realme 13.

<p>Hasil foto menggunakan Realme 13. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

<p>Hasil foto menggunakan Realme 13. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

<p>Hasil foto menggunakan Realme 13. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>


Kesimpulan

Realme 13 membuktikan dirinya sebagai pilihan tepat bagi para gamer mobile di segmen harga Rp 2,9 - Rp 3  jutaan. Dengan performa mumpuni berkat chipset Snapdragon 685, layar AMOLED 120Hz, dan sistem pendingin canggih, ponsel ini mampu menghadirkan pengalaman gaming lancar dan nyaman.

Ditambah lagi, kemampuan kameranya menjadikan Realme 13 sebagai ponsel serba bisa yang layak dipertimbangkan dengan harga sangat terjangkau.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya