Jatuh Bangun ChatGPT dari Januari-September 2024, Kamu Wajib Tahu!

Berikut adalah rangkuman perkembangan ChatGPT dari Januari hingga September 2024. Apa saja teknologi barunya?

oleh Dinda Ariyani diperbarui 04 Okt 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 15:00 WIB
ChatGPT
Chat GPT dari OpenAI.

Liputan6.com, Jakarta - ChatGPT, chatbot AI yang dikembangkan oleh OpenAI, telah mencuri perhatian seajk dirilis pada November 2022. 

Awalnya, ChatGPT digunakan untuk mempermudah produktivitas, seperti menulis esai dan kode dengan hanya memasukkan teks singkat.

Namun, seiring berjalannya waktu, ChatGPT berkembang pesat dan kini digunakan oleh lebih dari 92% perusahaan Fortune 500, menjadikannya salah satu produk teknologi paling berpengaruh di dunia.

Dikutip dari Tech Crunch, Jumat (4/10/2024), berikut adalah rangkuman perkembangan ChatGPT dari Januari hingga September 2024.

Januari 2024

  • ChatGPT kini bisa digunakan tanpa akun, tapi dengan keterbatasan. Versi ini tidak memungkinkan penyimpanan percakapan, berbagi chat, atau fitur khusus pengguna berbayar. Kebijakan konten lebih ketat diterapkan, terutama untuk konten berbahaya.
  • Pengguna berbayar bisa memanggil GPT secara langsung di percakapan. Fitur baru ini memudahkan pengguna dalam memilih GPT untuk digunakan dalam chat tertentu sesuai kebutuhan.

Februari 2024

  • ChatGPT Store dibanjiri spam. Banyak GPT yang mengklaim dapat menghasilkan karya seni dengan gaya Disney atau Marvel, meskipun berpotensi melanggar hak cipta.
  • Bug aneh membuat ChatGPT memberikan jawaban yang tidak masuk akal selama beberapa jam. OpenAI segera menangani masalah ini dan memperbaikinya keesokan harinya.

Maret 2024

  • ChatGPT menghadirkan integrasi Google Drive dan Microsoft OneDrive. Pengguna kini bisa langsung mengunggah file dari kedua platform tersebut untuk memudahkan analisis data dan presentasi.

April 2024

  • Penggunaan ChatGPT tanpa akun diperkenalkan. Namun, pengalaman pengguna menjadi terbatas dengan konten kebijakan lebih ketat dan tanpa akses ke fitur premium seperti menyimpan percakapan.
  • GPT Store terisi oleh banyak spam dan GPT yang meniru karya berlisensi, seperti Disney. OpenAI harus segera mengatasi masalah ini untuk menjaga kualitas platformnya.

Perkembangan ChatGPT Sampai Bulan September Ini

ChatGPT
Tampilan ChatGPT. (unsplash/Rolf van Root)

Mei 2024

  • Eks-direktur OpenAI mengungkap bahwa peluncuran ChatGPT tidak diketahui oleh dewan perusahaan. Hal ini menimbulkan isu transparansi terkait bagaimana proyek tersebut diperkenalkan.

Juni 2024

  • OpenAI merilis aplikasi ChatGPT untuk Mac. Aplikasi ini mempermudah akses ChatGPT dengan shortcut di keyboard dan menambahkan fitur berbicara langsung ke ChatGPT dari desktop.
  • Apple mengintegrasikan ChatGPT ke Siri dan aplikasi lainnya. Di WWDC 2024, Apple mengumumkan ChatGPT akan hadir di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia tanpa memerlukan akun OpenAI.

Juli 2024

  • ChatGPT mulai meluncurkan Advenced Voice Mode. Fitur memungkinkan pengguna mendengar respons suara realistis dari GPT-4os Update, meskipun sempat ditunda karena kontroversi suara yang mirip Scarlett Johansson.
  • OpenAI memperkenalkan SearchGPT, pesaing baru untuk Google. SearchGPT menawarkan pengalaman pencarian yang lebih cepat dan tepat waktu, serta kemampuan menanyakan pertanyaan lanjutan.

Agustus 2024

  • OpenAI mencapai 1 juta pengguna berbayar untuk layanan korporat. ChatGPT Team, ChatGPT Enterprise, dan ChatGPT Edu menjadi produk utama bagi perusahaan yang menggunakannya.
  • OpenAI bekerja sama dengan Condé Nast. Kesepakatan ini memungkinkan ChatGPT menampilkan konten dari media besar seperti The New Yorker, Vogue, dan Wired.
  • Pendapatan aplikasi mobile ChatGPT mencatat rekor tertinggi.

September 2024

  • OpenAI merilis OpenAI o1 atau “Strawberry.” Model baru ini bisa memeriksa fakta secara otomatis dan unggul dalam penalaran matematika serta sains. Versi mini dari model ini diharapkan segera tersedia untuk semua pengguna gratis.
  • Hacker berhasil menjebol ChatGPT dan membuatnya memberikan instruksi membuat bom. Keamanan sistem menjadi perhatian setelah insiden ini, karena informasi yang dihasilkan dianggap berbahaya.

Dengan berbagai inovasi dan tantangan, ChatGPT terus menunjukkan pengaruh besar dalam dunia AI, membawa perubahan signifikan bagi industri teknologi dan bisnis di seluruh dunia.

 


Makin Sukses, ChatGPT Kini Dipakai 200 Juta Pengguna Tiap Minggu

Ilustrasi OpenAI dan jawaban dari ChatGPT. (AP Photo/Michael Dwyer, File)
Ilustrasi OpenAI dan jawaban dari ChatGPT. (AP Photo/Michael Dwyer, File)

Catatan sebelumnya juga, OpenAI, ChatGPT, kini telah dipakai oleh 200 juta pengguna aktif per minggunya. Jumlah ini dua kali lipat dibandingkan jumlah pengguna ChatGPT pada musim panas tahun lalu.

Mengutip Reuters, Minggu (1/9/2024), ChatGPT dirilis pada 2022. Chatbot AI generatif ini mampu berkomunikasi dan menghasilkan respon sesuai pertanyaan dan perintah dari si pengguna.

November lalu, CEO OpenAI Sam Altman menyebut, jumlah pengguna aktif mingguan ChatGPT baru 100 juta users.

Terlepas dari itu, OpenAI menyebut kalau 92 persen dari perusahaan-perusahaan yang ada di daftar Fortune 500 kini menggunakan layanan dan produk API mereka.

Layanan tersebut memungkinkan program software bisa berbicara satu dengan yang lain, dan penggunaan program ini meningkat dua kali lipat sejak dirilisnya ChatGPT-4o mini pada Juli lalu.

Sekadar informasi, GPT-4o mini adalah model AI kecil yang lebih efisien secara biaya. Tujuan hadirnya program ini adalah untuk membuat teknologi kecerdasan buatan lebih mudah dijangkau dan tak terlalu menghabiskan energi atau daya. Dengan begitu, startup bisa berfokus pada target pasar yang lebih luas.


Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya