iOS 18 Hadir: Apple Hadirkan iOS 17.7 untuk Pengguna yang Belum Mau Update

Apple telah merilis iOS 18, tapi tidak melupakan pengguna iOS 17 lewat kehadiran iOS 17.7 yang fokus pada perbaikan bug dan keamanan.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 17 Sep 2024, 18:03 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2024, 17:00 WIB
iOS 18
Tampilan iOS 18 yang baru saja hadir untuk para pengguna iPhone. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah mulai menggulirkan update iOS 18 untuk para pengguna iPhone. Namun yang menarik, Apple turut menghadirkan pembaruan iOS 17.7 bersama dengan sistem operasi anyar tersebut.

Mengutip informasi dari Forbes, Selasa (17/9/2024), iOS 17.7 hadir untuk pengguna iPhone yang belum ingin memperbarui sistem operasinya ke iOS 18 atau perangkat yang tidak kompatibel dengan sistem operasi baru tersebut.

Melalui iOS 17.7, Apple tidak menghadirkan banyak perubahan. Update ini pun hanya fokus pada keamanan dan perbaikan bug, tapi tetap penting untuk diunduh.

Kabar baiknya, seluruh model iPhone yang menjalankan iOS 17 dipastikan bisa mendapatkan update ini. Karenanya, pengguna lini iPhone XS termasuk iPhone SE generasi kedua dan ketiga, bisa mendapatkan update ini.

Proses update pun terbilang mudah. Pengguna tinggal membuka menu Settings, pilih General, lalu klik Software Update.

Di menu tersebut, pengguna bisa langsung melihat update itu. Kemudian, pengguna tinggal memilih opsi Download and Install, dan update dari Apple tersebut akan langsung terpasang.

Sekadar informasi, sistem update ganda seperti ini memang bukan kali pertama dilakukan Apple. Dengan cara ini, Apple disebut ingin membantu yang ingin tidak buru-buru memperbarui iOS miliknya ke versi terbaru.

Alasannya, sistem operasi iOS yang baru diluncurkan mungkin masih memiliki bug. Karenanya, ada beberapa pengguna yang memilih untuk bertahan dengan sistem operasi saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apple Rilis iOS 18, Cek di Sini Fitur-Fitur Barunya

Ilustrasi: Update iOS 18
Apple merilis update iOS 18 yang menghadirkan berbagai fitur dan kustomisasi baru untuk pengguna iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Untuk diketahui, Apple telah resmi merilis iOS 18 untuk lebih banyak pengguna. Jika sebelumnya iOS 18 baru dirilis dalam versi Beta, hari ini, Apple menggulirkan sistem operasi terbarunya itu untuk seluruh pengguna iPhone yang perangkatnya dinilai layak mendapatkan update tersebut. 

iOS 18 menghadirkan cara baru untuk mempersonalisasi iPhone mereka dengan kustomisasi yang lebih dalam ke Home Screen dan Control Center. 

Tidak hanya itu, buat iPhone-iPhone yang masih kebagian update iOS 18, aplikasi Photos di perangkat mereka juga mengalami perombakan. Jadi, mencari foto atau kustomisasi kian mudah. 

Apple juga hadirkan peningkatan besar untuk Message dan Mail. Bukan hanya itu, ke depannya update iOS 18.1 akan memperkenalkan Apple Intelligence, sistem kecerdasan buatan yang menggabungkan AI generatif dan konteks pribadi. 

Dengan begitu, perangkat akan makin relevan bagi pengguna sekaligus melindungi privasi dan keamanan pengguna. 

Lalu, fitur-fitur apa saja yang baru dari update iOS 18:

1. Home Screen Lebih Personal

Tampilan iPhone kini tak akan sama lagi dengan teman, keluarga, atau orang lain. Apple mengizinkan pengguna pengguna iPhone untuk mengubah tata letak dan warna ikon aplikasi.

Agar tetap tertata rapih, ikon aplikasi di HP Apple akan tetap terkunci pada kisi tidak terlihat. Namun, pengguna memiliki kebebasan untuk membuat spasi, kolom, dan baris kosong di antara ikon aplikasi.

Hal baru lainnya di Home Screen iOS 18 adalah ikon aplikasi kini dapat memiliki tampilan gelap atau berwarna.

Yup, Anda dapat mengatur ikon aplikasi agar muncul dalam mode gelap atau terang, atau ikon tersebut juga dapat secara otomatis beralih berdasarkan apakah Anda telah mengaktifkan Dark Mode di HP iPhone.


2. Ubah Kendali Lock Screen

iOS 18
Daftar iPhone yang Bisa Pakai iOS 18, iPhone Kamu Masih Termasuk? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Pengguna iOS 18 kini dapat mengubah ikon di lock screen iPhone dengan hal lain, seperti Shortcuts, pemindai kode QR, Calculator, atau Dark Mode.

Sebagai tambahan, pengguna juga bisa menghilangkan ikon Senter di lock screen.

3. Kunci dan Sembunyikan Aplikasi

Salah satu pembaruan besar-besaran yang Apple perkenalkan di iOS 18 adalah fitur untuk mengunci aplikasi di iPhone.

Kini, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut menawarkan dua cara untuk melindungi aplikasi dan data sensitif ketika ada orang yang ingin pakai iPhone.

Pengguna bisa membuka aplikasi yang disembunyikan dan dikunci dengan menggunakan Face ID, Touch ID, atau passcode.

Saat mengaktifkan fitur baru ini, tidak ada informasi apa pun dari aplikasi muncul di tempat lainnya, termasuk Search, Siri, dan Notifikasi.

Dengan ini, pengguna dapat dengan tenang data atau informasi pribadi mereka akan bocor secara tidak sengaja.


6. Aplikasi Photo Dirombak

Photos di iOS 18
Gelari Photos iPhone akan tampil lebih rapih dan pintar lewat pembaruan iOS 18. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Tampilan aplikasi Foto dirombak habis-habisan, di mana kini pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengenang momen spesial.

Kini, pengguna iPhone dapat mengkategorikan foto sesuai keinginan dan cukup swipe ke kanan untuk melihat album favorit atau feature.

Aplikasi baru Photos juga akan memperkenalkan fitur Collections, yang secara otomatis mengelompokkan foto berdasarkan Recent Days, Trips, dan People & Pets.

7. RCS, Tapbacks, Efek Teks, dan iMessages

Aplikasi pesan milik Apple ini kini dilengkapi dengan efek teks baru, percakapan pun kini dapat menjadi lebih hidup dengan memperjelas huruf, kata, frasa, atau emoji apa pun dengan tampilan yang dinamis dan beranimasi.

Pengguna kini juga bisa mengirim pesan lewat koneksi satelit ke semua pengguna.

Pengguna juga bisa menjadwalkan kapan pesan dikirim, reaksi pesan dengan Tapbacks, dan menggunakan efek animasi ke masing-masing pesan, frasa, atau emoji.

Selain itu, iOS 18 akhirnya membawa RCS (Rich Communication Services) ke iPhone. Fitur iOS 18 ini akan semakin memuluskan komunikasi pengguna iPhone dan Android.

Tak hanya itu, pengguna iPhone 14 ke atas kini dapat mengirim pesan dengan konektivitas satelit.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya