Smartphone Lawas Samsung Bakal Kebagian Update Android Kitkat?

Pihak Samsung menyatakan sedang mengujicoba Android 4.4 KitKat pada handset lawas dan segmen menengah ke bawah besutannya.

oleh Denny Mahardy diperbarui 07 Des 2013, 13:20 WIB
Diterbitkan 07 Des 2013, 13:20 WIB
android-kitkat-131207b.jpg
Google meluncurkan Android 4.4 yang ditujukan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik di perangkat berspesifikasi rendah. Platform mobile ini memang sengaja dikembangkan Google agar dapat optimal pada handset yang dibekali spesifikasi 'pas-pasan'.

Samsung dikabarkan juga melakukan hal serupa dengan yang dilakukan Google. Perusahaan asal Korea Selatan itu menyatakan sedang mengujicoba Android 4.4 KitKat pada handset lawas dan segmen menengah ke bawah besutannya.

Dilansir laman Sammobile, Minggu (7/12/2013), handset yang sedang diujicoba menjalankan Android KitKat diantaranya adalah Galaxy S4 mini, Galaxy S3 mini, Galaxy S Advance, Galaxy Ace 3, Galaxy Core, Galaxy Fame, Galaxy Ace 2, serta Galaxy Fresh.

Akan tetapi, ujicoba bukan berarti nantinya semua perangkat tersebut bakalan mendapatkan update ke Android 4.4 KitKat. Galaxy S4 mini menjadi perangkat yang paling memiliki kemungkinan besar memiliki kompatibilitas pada Android KitKat.

Selain itu, modifikasi Samsung pada Android KitKat dipadu antarmuka TouchWiz bisa membuat platform itu memakan memori besar saat bekerja. Langkah itu akan membuat pekerjaan Google menghemat penggunaan memori di Android KitKat jadi sia-sia.

Sementara itu, belum lama ini sebuah memo mengenai informasi kemungkinan Android KitKat di versi high-end smartphone Samsung telah muncul. Di dalam memo itu disebutkan bahwa handset Galaxy S4, Galaxy Note 3, hingga produk lawas seperti Galaxy S3 dan Galaxy Note 2 juga turut akan mendapakan update Android 4.4 KitKat.

Sayangnya masih belum ada informasi mengenai kemungkinan perangkat mid-range buatan raja pasar ponsel itu juga akan mendapatkan update serupa. Semoga saja Samsung akan melakukan hal tersebut. (den/dhi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya