Menteri PUPR: Pembangunan Kawasan GBK Mesti Rampung 31 Desember

Berdasarkan data Kementerian PUPR, kemajuan konstruksi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) telah mencapai 96,61 persen.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 23 Nov 2017, 11:43 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2017, 11:43 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunjungi kawasan olahraga Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, pada Kamis pagi ini (23/11/2017). (Liputan6.com/Achmad Dwi Apriyadi)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunjungi kawasan olahraga Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, pada Kamis pagi ini (23/11/2017). (Liputan6.com/Achmad Dwi Apriyadi)

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan pembangunan dan renovasi kawasan olahraga Gelora Bung Karno (GBK) sudah hampir rampung. Pembangunan kawasan GBK ditujukan untuk menyambut Asian Games 2018.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan kawasan GBK akan rampung akhir tahun ini.

"Kalau persentase harus tanya pelaksananya, tapi targetnya 31 Desember semua selesai," kata dia, di kawasan GBK Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Dia mengatakan, pembangunan kawasan GBK dilakukan 24 jam. Menurutnya, saat ini tinggal proses merapikan kawasan GBK. "Ya, sudah mulai dibersih-bersihin," ujar dia.

Berdasarkan data Kementerian PU-PR, kemajuan konstruksi Stadion Utama GBK telah mencapai 96,61 persen. Pembangunan Gedung Training Facility GBK 90,10 persen.

Lalu kemajuan kontruksi Stadion Renang Aquatic mencapai 100 persen. Begitu pula dengan lapangan hoki, panahan, dan sepak bola A/B/C yang mencapai 100 persen.

Pekerjaan Istana Olahraga kawasan GBK sampai 98,38 persen, Stadion Tenis Indoor dan Outdoor Centercourt 98,82 persen. Pekerjaan stadion madya, lapangan softball, dan gedung basket 76,34 persen.

Selanjutnya, penataan kawasan GBK Zona 1 ialah 58,52 persen. Kemudian, penataan kawasan Zona 2 ialah 79,72 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persiapan Asian Games 2018 Sesuai Target

Sebelumnya, sejumlah persiapan yang berkaitan dengan perhelatan Asian Games 2018 telah berjalan sesuai target pemerintah. Mulai dari tempat penyelenggaraan, sarana dan prasarana, hingga kesiapan para atlet.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani kepada Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas tentang perkembangan persiapan Asian Games ke-18 tahun 2018, Selasa, 21 November 2017 lalu, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Semua hal yang harus dilakukan berkaitan dengan sukses prestasi, sukses penyelenggara, dan sukses sarana-prasarana berkaitan Asian Games 2018 Insyaallah sudah on the track," ujar Puan kepada wartawan.

Selain itu, dalam rapat tersebut juga dibahas terkait sejumlah acara pendukung Asian Games 2018. Salah satunya adalah upacara pembukaan dan penutupan yang dinilai paling menarik perhatian masyarakat dalam setiap perhelatan Asian Games.

"Tapi, opening-closing itu juga akan jadi satu hal yang ditunggu-tunggu dalam penyelenggaraan Asian Games 2018," ungkap Puan.

Yang tak kalah penting, lanjut Puan, adalah persiapan para atlet untuk menghadapi pertandingan dalam Asian Games. Apalagi pemerintah telah menetapkan target 10 besar dalam perolehan medali.

"Insyaallah targetnya 10 besar dengan perolehan medali lebih baik daripada Asian Games Incheon pada waktu lalu," ucap Puan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya