Jokowi: Asian Games Bukti Kebesaran Asia

Jokowi meresmikan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 18 Agu 2018, 22:15 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2018, 22:15 WIB
Pembukaan Asian Games, Kontingen Korea Selatan dan Utara berbaris dalam naungan bendera yang sama: Bendera Unifikasi
Pembukaan Asian Games, Kontingen Korea Selatan dan Utara berbaris dalam naungan bendera yang sama: Bendera Unifikasi (Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Asian Games 2018 resmi dibuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Melalui Asian Games, kata Jokowi, Indonesia telah membuktikan kebesaran Asian Games.

Jokowi meresmikan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018). Dalam buku panduan pembukaan Asian Games 2018, pria berusia 57 tahun itu menyebut, menjadi tuan rumah Asian Games merupakan sebuah kebanggaan buat Indonesia.

Adanya Asian Games, kata Jokowi, Indonesia berhasil membuktikan bahwa tali persaudaraan antar negara sesama Asia sangat kuat. Tak hanya itu, Indonesia juga bisa menunjukkan kepada dunia mengenai keberagaman budaya.

"Kita menyaksikan sebuah ekspresi seni budaya Indonesia. Kita mendengarkan indah dan merdunya alunan musik penyemangat jiwa. Kita menjadi saksi persaudaraan di antara negara-negara Asia," ujar Jokowi dalam buku panduan tersebut.

"Kita mampu menunjukkan kebesaran Asia dan kebesaran Indonesia sendiri sebagai salah satu pemimpin Asia. Pergelaran Asian Games di Indonesia tahun ini adalah sungguh pergelaran kebesaran Asia, menggelorakan energi Asia dan membuktikan kiprah Indonesia dalam Abad Asia," kata Jokowi.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bertepatan dengan HUT RI

Presiden Jokowi Keliling Istana Bawa Obor Asian Games 2018
Presiden Joko Widodo didampingi Menpora Imam Nahrawi saat membawa api obor Asian Games 2018 sebelum upacara penurunan Bendera Merah Putih di Istana Negara Jakarta, Jumat (17/8). (Liputan6.com/Pool/Eko)

Gelaran Asian Games 2018 bertepatan dengan HUT ke-73 Republik Indonesia. Sehari sebelumnya, Jumat (17/8/2018), Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-73.

Tentunya, kata Jokowi, para atlet bakal kian bersemangat bersaing di Asian Games demi memberikan kado berupa medali emas untuk kado ulang tahun Indonesia.

"Kita berdoa semoga 931 orang atlet Indonesia yang didukung 400 orang officiaI, mampu meraih prestasi terbaik dan meraih medali emas sebanyak mungkin," ucapnya.

 

 


Target Asian Games

Di Asian Games 2018, Indonesia menargetkan masuk 10 besar. Kontingen Indonesia ditargetkan meraih medali emas sebanyak 16 hingga 22.

Target itu jadi peningkatan dibandingkan pencapaian di Asian Games 2014, saat Indonesia finis di posisi ke-17 dengan 4 emas, 5 perak, dan 11 perunggu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya