Kegilaan Warren Buffet: Cetak Duit Rp 11,4 Triliun dalam 22 Jam

Pria terkaya kedua di Amerika Serikat (AS) Warren Buffett bisa mencetak duit US$ 1 miliar dalam 22 jam.

oleh Nurseffi Dwi Wahyuni diperbarui 22 Mar 2014, 12:21 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2014, 12:21 WIB
warren buffett
warren buffett

Liputan6.com, Jakarta Waktu adalah uang, mungkin itulah kata-kata yang pas buat mewakili betapa kekayaan para miliarder bisa bertambah atau terkikis dalam hitungan hari bahkan jam. Itulah yang dialami, pria terkaya kedua di Amerika Serikat (AS) Warren Buffett.

Seperti dilansir dari Forbes, Sabtu (22/3/2014), Pria berkacamata ini sanggup mencetak duit US$ 1 miliar atau setara dalam 22 jam. Uang itu tidak berbentuk tunai, tapi hanya di atas kertas.

Harga saham perusahaan investasi Berkshire Hathaway yang didirikan Buffet, tercatat menguat 1,7% dari peluit pembukaan pada Kamis pukul 12:15 siang hingga Jumat (21/3/2014) pagi pukul 09:36 waktu setempat.  Kenaikan harga saham itu telah mendongkrak kekayaan Buffet naik US$ 1,05 miliar.

Buat Buffet dan perusahaan, kekayaan itu tidak berpengaruh banyak. Harga saham Berkshire Hathaway, setelah sempat mencapai puncak pada pukul 09.36, lalu turun 0,43% pada Jumat sore.

Namun Buffet karena saking kayanya tidak mempedulikan hal itu. Salah satu orang terkaya dunia ini sangat dikenal sebagai investor jangka panjang yang sangat memperhatikan fundamental perusahaan, bukan spekulasi dalam pergerakan harian harga saham.

Ilustrasi ini menunjukkan betapa banyaknya uang yang dimiliki Buffet, dan bagaimana pengaruh pergerakan saham di pasar dapat mempengaruhi kekayaannya secara drastis.

Sejak majalah Forbes menerbitkan daftar orang terkaya dunia pada 18 hari lalu, kekayaan Buffet sudah bertambah US$ 5,6 miliar berkat kenaikan harga saham Berkshire Hathaway, setelah perusahaan itu mengumumkan rekor keuntungan untuk 2013.

Kenaikan yang mendorong posisi Buffet sebagai orang keempat dunia naik peringkat ke posisi ketiga, menyingkirkan pemilik Zara Amancio Ortega yang turun satu peringkat.

Baca juga:

2013 Jadi Tahun Terbaik Warren Buffet

10 Orang Terkaya Dunia di 2014 versi Forbes

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya