Kadin: Masa Jabatan Menko Pengganti Terlalu Pendek

Chairul Tanjung cukup mumpuni mengingat telah memiliki banyak pengalaman.

oleh Septian Deny diperbarui 13 Mei 2014, 20:31 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2014, 20:31 WIB
Hatta rajasa dan Chairul Tanjung
Hatta rajasa dan Chairul Tanjung

Liputan6.com, Jakarta Hatta Rajasa telah memundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada hari ini. Dikabarkan, jabatan ini akan ditempati oleh Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung.

Menanggapi pemunduran diri Hatta, Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan jika hal tersebut dilakukan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku maka pengusaha melihatnya sebagai hal yang baik.

"Bagi kami, kalau itu sesuai dengan mekanisme ya positif saja menanggapinya, karena dia kan ingin menjadi calon wakil presiden (cawapres)," katanya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Mengenai kabar penunjukan Chairul Tanjung sebagai pengganti Hatta, Sarman mengakui bahwa pria yang akrab disapa CT ini cukup mumpuni mengingat telah memiliki banyak pengalaman.

"Kalau CT memang punya kapasitas, apalagi beberapa tahun ini menjabat di KEN, yang menjadi mitra pemerintah. Artinya beliau punya kapasitas jika punya menko sementara," lanjutnya.

Dia hanya berharap, pengganti Hatta kedepannya mampu menggemban tugas dengan baik mengingat jabatan menteri koordinator bidang perekonomian ini merupakan jabatan yang sangat strategis.

"Mudah-mudahan penggantinya memiliki kapasitas yang sama, karena bagaimana pun jabatan menko sangat strategis, harus mampu mengkomunikasikan menteri-menteri dibidang ekonomi," katanya.

Sementara itu, dari segi kebijakan, Sarman mengungkapkan bahwa pengusaha tidak akan berharap banyak, mengingat masa jabatan hanya akan berlangsung singkat.

"Kalau waktu yang singkat, jika punya kebijakan maka baru berlaku pada pemerintahan yang baru, karena kebijakan sifatnya jangka panjang," tandasnya. (dny/gdn)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya