Sambut Lebaran, Citilink Siapkan Tambahan Kursi Penerbangan

"Ada tambahan frekuensi 16 slot di Halim atau 16 kali penerbangan per hari dengan kapasitas 180 seat," ujar CEO Citilink Arif Wibowo.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 01 Jun 2014, 13:23 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2014, 13:23 WIB
Citilink Tambah Frekuensi Penerbangan 2
(Foto: Fiki Ariyanti/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka menyambut puasa dan Lebaran, Citilink telah mempersiapkan tambahan kapasitas kursi penerbangan ke berbagai rute di seluruh Indonesia, termasuk melalui Bandara Halim Perdanakusuma. Total kursi tambahan sekitar 93.700 kursi untuk Lebaran.

CEO Citilink, Arif Wibowo mengungkapkan, tambahan kursi ini dialokasikan untuk menghadapi Lebaran 2014, tepatnya H-10 dan H+10. Salah satunya dengan tambahan frekuensi penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur serta tambahan ekstra penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

"Ada tambahan frekuensi 16 slot di Halim atau 16 kali penerbangan per hari dengan kapasitas 180 seat," ujar Arif saat meninjau langsung penerbangan pertama tambahan frekuensi di Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu (1/6/2014).

Sementara di Bandara Soekarno-Hatta, kata Arif, pihaknya menambah beberapa penerbangan ekstra berkapasitas 30 ribu kursi. "Jadi dengan Halim, tambahan sekitar 57 ribu seat di periode Lebaran. Total tambahan kapasitas di momen tersebut sekitar 93.700. Dan itu sudah mulai dilakukan hari ini," tutur Arif.

Anak usaha Garuda Indonesia ini, menurut Arif, tengah sibuk ekspansi menambah frekuensi penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma sejak 10 Januari 2014. Bandara ini resmi menjadi bandara komersial sebagai solusi dari kepadatan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini merupakan kelanjutan dari Citilink memindahkan sebagian dari Cengkareng untuk penerbangan ke Bandara Halim. Tadinya pada 10 Januari lalu, kami memulainya dengan 16 penerbangan per hari dari Halim, dan waktu itu baru menerbangi Malang, Semarang, palembang dan yogya," terangnya.

Mulai hari ini, sambung Arif, pihaknya menambah frekuensi rute Yogyakarta dari tiga kali menjadi 4 kali, Semarang dari 2 kali bertambah jadi 3 kali, Palembang menjadi 4 kali dan menambah dua kali frekuensi penerbangan ke Surabaya. "Kalau ke Surabaya kita sudah punya 9 frekuensi per hari atau bolak balik 18 kali," tuturnya.

Dia berencana akan menambah dua rute baru dari Halim menuju Denpasar dan Medan. "Itu kan rotasi pesawat yang kami masukkan ke Kementerian Perhubungan dan otoritas terkait. Sudah kami ajukan," ujarnya.

Sementara General Manager PT Angkasa Pura II, Iwan Khrishadianto mengaku itu bukanlah penambahan rute. "Itu cuma rute yang dari Soekarno Hatta dipindahkan ke Halim," papar Iwan.

Sedangkan untuk persiapan Lebaran, Iwan mengaku, tak melakukan penambahan fasilitas apapun di Bandara Halim Perdanakusuma. Tapi hanya akan mendirikan posko bantu.

"Nggak ada persiapan apapun. Sama saja, paling nanti bikin posko agak besar untuk melayani penumpang," kata Iwan. (Fik/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya