Langkah Pemerintah Tingkatkan Daya Saing Ekonomi

Untuk mendukung itu juga, pemerintah menerapkan debirokrasi.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 04 Feb 2016, 15:31 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2016, 15:31 WIB
Logistik
(Foto: Antara)

Liputan6.com, Jakarta - ‎Pemerintah bakal terus mendorong daya saing ekonomi, terutama dalam gelaran masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan ada tiga langkah yang wajib dilakukan untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

Deputi Menko Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Eddy Putra Irawady mengatakan untuk mendorong daya saing ekonomi itu, pemerintah bakal menggenjot industri, investasi, dan peningkatan ekspor. Untuk mendukung itu, pemerintah juga menerapkan debirokrasi.

 

"‎Sejak September adalah debirokrasi, deregulasi dalam arti regulasi, dan debirokrasi dalam arti proses pelayan publik, dan ini terus berjalan," kata dia di Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Dalam implementasinya, tujuan utama debirokrasi adalah untuk meningkatkan pelayanan publik melalui fasilitas online. Sehingga proses perizinan yang bertele-tele bisa diselesaikan dengan cepat.

"Transformasi debirokrasi, pertama semua pelayanan publik terutama perizinan dalam elektronik," ujarnya.

Kemudian, dia mengatakan akan menyederhanakan perizinan dalam standar normal. Salah satu langkah yang sudah dilakukan pemerintah adalah dengan menerapkan izin investasi 3 jam.

"‎Secara tahapan mengubah bentuk perizinan menjadi standar normal, kita akan menata perizinan menjadi standar menjadi normal. Ini sesuai perintah Presiden," katanya.

Dalam kesempatan itu juga Eddy mengatakan pemerintah menerapkan manajemen risiko yang terintegrasi. Seperti halnya pada arus ekspor impor barang, pemerintah saat ini sedang menyusun manajemen risiko yang terintegrasi untuk mempercepat arus barang.

"‎Tahapan sekarang dibahas single risk manajemen untuk ekspor impor. Ada 15 kementerian/lembaga (K/L) yang meliputi 18 unit perizinan. Setiap K/L punya persepsi risiko yang mesti dijaga," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya