Deretan Miliarder yang Kaya Raya Berkat Kuasai Teknologi

Di antara 10 orang terkaya di dunia, enam miliarder di antaranya berasal dari sektor teknologi.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 13 Jul 2018, 21:03 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2018, 21:03 WIB
[Bintang] Mark Zuckerberg
Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook. (AFP/LLUISE GENE)

Liputan6.com, New York - Setelah sebelumnya berkutat dengan skandal Cambridge Analytica, sekarang Mark Zuckerberg kembali menjadi sensasi dunia karena kekayaannya sempat menyalip Warren Buffett, seorang investor yang dikenal bertangan dingin.

Menurut indeks miliarder Bloomberg, kini kekayaan total sang CEO Facebook berjumlah USD 81,2 miliar, sementara kekayaan Buffett berjumlah USD 82,6 miliar.

Apabila diperhatikan, mayoritas miliarder yang masuk 10 besar indeks Bloomberg berasal dari satu industri saja, yaitu industri teknologi.

Para miliarder yang menjadi orang terkaya berkat teknologi berkat perusahaan yang mereka dirikan adalah Jeff Bezos (Amazon), Bill Gates (Microsoft), Mark Zuckerberg (Facebook), serta Larry Page dan Sergey Brin (Google).

Jack Ma, pria paling kaya di Asia, juga berasal dari sektor teknologi berkat perusahaan Alibaba yang ia bangun.

 Tren tingginya kekuatan finansial dari sektor teknologi tidak hanya terlihat di kalangan orang-orang terkaya. Menurut Forbes, lulusan S1 dan S2 yang belajar bidang komputer juga ditemukan mendapatkan gaji awal yang tinggi. John Collison dan Evan Spiegel, miliarder muda terkaya, juga berasal dari ranah teknologi.

Sementara itu, empat miliarder terkaya yang bukan berasal dari sektor teknologi adalah Warren Buffett (Berkshire Hathaway, konglomerasi), Amancio Ortega (Zara, busana), Bernard Arnault (LVMH, barang mewah), dan Carlos Slim (Grupo Carso, konglomerasi).


Harta Melimpah, Intip 5 Gaya Hidup Sederhana ala Mark Zuckerberg

[Bintang] Mark Zuckerberg
Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook. (AFP/Kimihiro Hoshino)

Jangan mengira miliarder adalah tipe orang yang suka menghamburkan uang. Buktinya, Bill Gates dan Mark Zuckerberg terkenal senang tampil sederhanan.

Sebagai contoh, berikut contoh kesederhaan Zuckerberg. 

1. Memakai baju yang nyaman

Zuckerberg lebih mengutamakan kenyamanan dibanding kemewahan. Cara hidup seperti ini terlihat dalam beberapa kesempatan. Khususnya yang tertangkap media, saat dirinya menjadi pembicara di acara-acara khusus. Ia hampir selalu berpakaian santai; memakai baju yang bisa dibilang nyaris selalu sama dalam setiap agenda.

Padahal, jika mau, Zuckerberg sebetulnya bisa memakai pakaian termahal sekalipun. Terlebih lagi, ia telah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia pada usia 30-an tahun. Tetap saja, penampilan santainya ini sudah menjadi favorit Zuckerberg.

2. Tinggal di rumah yang sederhana

Melihat seberapa pesat media sosial Facebook kini, tentu kita membayangkan rumah tempat tinggal Zuckerberg semacam kastel tinggi nan kokoh atau istana dengan taman berhektare-hektare.

Oh, ternyata kita keliru. Tempat tinggal Mark Zuckerberg malah terkesan sederhana. Suatu kali ia pernah mengatakan: “Anda harus menjaga pikiran terfokus pada upaya mencintai pekerjaan daripada mencintai apa yang dimiliki.”


Kendaraan Sederhana

Mark Zuckerberg
CEO Facebook Mark Zuckerberg (AP Photo/Jacquelyn Martin)

3. Tak Koleksi Mobil Mewah

Baik pakaian maupun kendaraan, Zuckerberg tetap berprinsip soal kenyamanan, bukan kemewahan. Dia tetap setia dengan mobil tuanya karena pertimbangan masih aman dan nyaman.

4. Tidak membuang uang untuk hal yang tidak penting

Zuckerberg sudah bertahun-tahun dikenal sebagai sosok yang cermat mengelola keuangan, tak terkecuali pengeluarannya. Menurut Zuckerberg, hidup hemat bukan berarti harus serbakurang, tetapi bagaimana ia mewujudkan apa yang diinginkan

.Acara pernikahan Zuckerberg dengan Priscilla Chan digelar di halaman rumah mereka Palo Alto, California. Acaranya hanya dihadiri sekitar 100 tamu undangan.

Ia sebetulnya ingin merahasiakan pesta pernikahannya, andai saja adiknya, Arielle Zuckerberg, tidak mengeposkan status Facebook: “Sial. Sekarang aku satu-satunya Zuckerberg yang belum menikah.”

Setelah menikah, Mark dan istrinya, Priscilla Chan, pergi berbulan madu ke tempat-tempat yang umum didatangi banyak orang. Makan bersama di McDonald’s Italia adalah salah satu hal yang mereka lakukan saat bulan madu.

Mark dan istrinya bisa saja pergi berbulan madu ke sebuah pulau khusus yang sudah ia sewa dengan uang miliknya. Namun, prinsip hemat sang pendiri Facebook justru tak seperti itu.


Tetap Apa Adanya

[Bintang] 5 Fakta Mengejutkan Priscilla Chan, Istri Bos Facebook Mark Zuckerberg
Buat kamu yang kepengin tahu lebih jauh tentang Priscilla Chan, istri bos Facebook Mark Zuckerberg. (Foto: Techpoint.ng)

5. Tampil Humble

Banyak anak muda zaman now beranggapan jika tidak berpenampilan ‘wah,’ berarti tidak kekinian.

Coba kita kembali melihat Mark Zuckerberg. Apa iya dia bukan pemuda kekinian? Dengan segala prestasi yang telah diraih, kekayaan, popularitas, namun dia tetap hidup sederhana. Inilah hal yang patut dicontoh para anak muda zaman now.

Lalu ke mana harta Zuckerberg? Pertanyaan ini sering muncul saat melihat kehidupan sehari-hari miliuner muda itu. Zuckerberg, sang pendiri Facebook itu, menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk beramal.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya