Jadwal KRL Kembali Normal Mulai 23 Maret 2020 Pukul 15.00 WIB

Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengubah operasional KRL Commuter Line, untuk mencegah penyebaran Virus Corona pada transportasi publik.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 23 Mar 2020, 11:25 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2020, 11:25 WIB
Antrean Terjadi di Stasiun Sudirman
Antrean calon penumpang KRL Commuter Line untuk memasuki Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (17/3/2020. Terjadi antrean akibat PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang KRL mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19.\ (Liputan6.com/Johan Tall

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah melakukan evaluasi atas penyesuaian jadwal operasional KRL Commuter Line. Dari hasil evaluasi, jadwal KRL akan kembali normal mulai Senin 23 Maret 2020 pukul 15.00 WIB dan berlanjut normal hingga seterusnya.

Dengan normalisasi jadwal ini, KRL akan kembali beroperasi melayani 991 perjalanan per hari mulai pukul 04:00 hingga 24:00 WIB. Hal ini berlaku untuk seluruh 80 stasiun dan seluruh rute KRL.

"Dengan normalisasi jadwal ini, kami menghimbau pengguna untuk tetap beraktivitas dari rumah, kecuali kegiatan yang sangat perlu dan mendesak. Jadwal KRL Kembali normal tidak untuk dimanfaatkan bepergian dengan tujuan-tujuan yang tidak mendesak," jelas VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, Senin (23/3/2020).

Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengubah operasional KRL Commuter Line, untuk mencegah penyebaran Virus Corona pada transportasi publik. Salah satu perubahan tersebut adalah jam operasional seluruh lintas atau rute KRL mulai pukul 06:00 – 20:00 WIB, mengoperasikan 713 perjalanan KRL.

Dampak dari perubahan tersebut, penumpang KRL justru berdesak-desakan di tengah imbauan sosial distancing. Berdasarkan postingan akun Instagram @jktinfo, terlihat gambar penumpang KRL yang berdesakan. Meskipun demikian, tidak dijelaskan secara rinci soal di KRL relasi mana foto tersebut diambil.

"Senin (23/3/2020) suasana penumpang KRL pagi ini," demikian isi caption postingan tersebut.

Para penumpang yang berdesakan tersebut tampak mengenakan masker. Meskipun ada pula yang tidak menggunakan alat pelindung diri tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Antrean Cek Suhu Tubuh Mengular di Stasiun KRL Bogor

KRL
Suasana antrean di Stasiun KRL Bogor, Senin (16/3/2020). (Istimewa)

Sebelumnya,PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meminta maaf kepada seluruh konsumen pengguna layanan KRL yang beroperasi di sepanjang Jakarta, Tangerang, dan Bogor. Hal ini dikarenakan PT KCI menerapkan sistem antrean pemeriksaan suhu tubuh guna pencegahan penyebaran virus corona.

"Terkait adanya kegiatan pemeriksaan suhu badan bagi pengguna jasa (KRL) yang akan masuk stasiun, hal ini berdampak pada antrean di pintu masuk dan juga pada waktu perjalanan, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis akun resminya, @CommuterLine yang dikutip Liputan6.com, Seni (16/3/2020).

Pemeriksaan suhu ini menjadi kebijakan yang diwajibkan bagi seluruh calon penumpang KRL. Karenanya, PT KCI meminta kebijakan ini dipatuhi dan dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini.

"Dimohon kesediaan #RekanCommuters untuk mengikuti pemeriksaan suhu tubuh tersebut & menyesuaikan waktu perjalanan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," jelas cuitan resmi yang diunggah sejak pukul 6.30 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya