Menteri Teten Apresiasi GrabMerchant, Aplikasi yang Bantu UMKM ‘Naik Kelas’ di Tengah Penerapan New Normal

GrabMerchant adalah platform all in one yang membantu UKM menjalankan bisnis secara online serta melakukan efisiensi biaya operasional.

oleh stella maris pada 17 Jun 2020, 00:00 WIB
Diperbarui 16 Jun 2020, 18:06 WIB
GrabMerchant
GrabMerchant.

Liputan6.com, Jakarta Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari berbagai bidang seperti kuliner, fesyen, dan barang kebutuhan sehari-hari, saat ini tengah memasuki masa pemulihan akibat pandemi Covid-19. Salah satu yang membuat para pelaku UMKM mampu bertahan karena mereka melakukan layanan digitalisasi. 

Ya, digitalisasi melalui meminimalkan kontak langsung yang berarti juga meminimalkan risiko penyebaran virus corona. Langkah yang diambil itu ternyata mendapat apresiasi dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI Teten Masduki. 

Berkaitan dengan layanan digital itu, Menteri Teten juga menyambut baik sekaligus mengapresiasi peluncuran GrabMerchant. Ini adalah platform all in one yang membantu UKM menjalankan bisnis secara online serta melakukan efisiensi biaya operasional, demi membantu UMKM memasuki era new normal atau kehidupan normal baru. 

“UMKM adalah sektor yang menjaga roda perekonomian kita tetap berputar, oleh karena itu kita harus memastikan kelangsungan bisnis mereka di tengah masa transisi ke arah tatanan kehidupan baru atau new normal,” kata Menteri Teten dalam konferensi pers virtual pada Kamis (11/6). 

Menurut Menteri Teten, pandemi Covid-19 telah menunjukkan pentingnya digitalisasi dan UMKM yang telah mengadopsi teknologi digital dapat terus beroperasi serta meminimalisir dampak pandemi terhadap bisnis mereka. 

“Platform GrabMerchant terbaru dari Grab adalah inovasi yang sangat dibutuhkan saat ini dan akan sangat membantu mempercepat transformasi digital para UMKM di Indonesia sehingga mereka dapat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital,” ujar Menteri Teten. 

Tak hanya itu saja, menurut Menteri Teten, GrabMerchant juga membuka peluang UMKM melakukan digitalisasi secara menyeluruh, termasuk menerima pembayaran digital. Dengan fitur Pendaftaran Mandiri, para pelaku bisnis kuliner dapat mengunduh aplikasi GrabMerchant dan membuka toko atau restoran online mereka dengan mengikuti proses pendaftaran dan mulai berjualan di GrabFood paling cepat dalam waktu 24 jam. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keuntungan Pelaku UMKM Pakai Aplikasi GrabMerchant

GrabMerchant
GrabMerchant.

Selain proses pendaftaran merchant yang lebih mudah karena lewat aplikasi GrabMerchant, ternyata ada keuntungan lain yang ditawarkan Grab bagi para pelaku UMKM.

Ya, ada sejumlah fitur di GrabMerchant yang memungkinkan pemilik usaha menjalankan manajemen operasional, melacak dan menganalisis kinerja bisnis, menyelesaikan pembayaran, melakukan manajemen , pemasaran, dan aplikasi produk keuangan. 

Selain itu Grab juga menghadirkan fitur Grosir untuk menjawab tantangan UMKM saat ini, yaitu kebutuhan biaya angkut yang tinggi serta ketidakpastian pasokan. Kondisi itu tentu membuat para pelaku UMKM harus membeli kebutuhan barang dengan harga eceran yang tinggi. 

Fitur ini dapat menjadi solusi yang tepat karena Grab telah bekerja sama dengan mitra penyedia bahan-bahan yang berkualitas di berbagai kota, seperti TaniHub dan Sayurbox. Para mitra ini menyediakan bahan berkualitas dengan harga grosir, sekaligus menyediakan layanan pengiriman satu hari setelah pesan. 

GrabMerchant
GrabMerchant.

Saat ini layanan Grosir tersedia untuk 100 ribu mitra merchant di beberapa wilayah di tujuh kota di Indonesia. Selain itu masih banyak fitur yang disediakan dalam aplikasi ini, seperti fitur Pemasaran yang menungkinkan pengguna membuat iklan dan fitur Laporan Bisnis untuk menganalisis kinerja penjualan, efisiensi operasional, perilaku konsumen, dan efektivitas kampanye pemasaran yang dilakukan. 

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan bahwa platform GrabMerchant ini merupakan salah satu realisasi dari komitmen jangka panjang “Grab for Good” untuk membantu percepatan transformasi digital UMKM di Indonesia. 

“UMKM merupakan tulang punggung dari perekonomian Indonesia, akan tetapi sebagian besar dari mereka masih offline. Oleh karena itu, para UMKM ini harus segera melakukan transformasi digital atau mereka akan tertinggal jauh dari UMKM lain yang sudah berbasis online. Kami menyediakan solusi bisnis yang mudah digunakan untuk membantu mereka memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis online mereka secara mandiri,” ujar Neneng dalam konferensi pers virtual tersebut. 

Sekadar informasi, aplikasi GrabMerchant dapat diunduh di Google Play Store hari ini dan akan segera menyusul untuk pengguna system operasi iOS. Sementara untuk web portal akan diluncurkan pada Juli 2020. Jadi, para mitra merchant yang telah bergabung dengan GrabFood harus memperbarui aplikasi GrabFood merchant untuk menggunakan GrabMerchant.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya