DPR: Blok Rokan, Sumur Tua Saksi Kejayaan Migas Nasional

Pertamina (Persero) telah resmi menerima alih kelola blok migas terbesar di Indonesia yaitu Blok Rokan dari PT Chevron Pasific Indonesia (CPI).

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Agu 2021, 16:00 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2021, 16:00 WIB
Pertamina terus lakukan persiapan untuk alih kelola Blok Rokan
Pertamina terus lakukan persiapan untuk alih kelola Blok Rokan

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) secara resmi mengambil alih kelola blok migas terbesar di Indonesia yaitu Blok Rokan dari PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) pada Senin 9 Agustru 2021.

Adapun Blok Migas tersebut akan dikelola oleh anak Pertamina yaitu PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto berharap, Pertamina dapat mempertahankan kinerja lifting Blok Rokan ini. Bahkan dia akan sangat bersyukur jika produktivitasnya bisa ditingkatkan oleh PJR.

"Kita tahu Blok Rokan ini adalah sumur tua yang menjadi saksi kejayaan migas nasional. Blok Rokan pernah menghasilkan minyak hingga tembus 1 juta barel per hari. Namun belakangan secara alamiah terus mengalami penurunan," ujar Mulyanto, Selasa (10/8).

Dengan mengakuisisi Blok Rokan dari PT Chevron Pasific Indonesia (CPI), maka praktis Pertamina menjadi BUMN hulu migas yang paling dominan dari total lifting minyak nasional. Melihat kenyataan tersebut, Mulyanto berharap aksi korporasi ini diikuti dengan pembentukan manajemen yang andal.

"Ada sisi positif dimana Dirut PHR berasal dari SKK Migas. Paling tidak berbagai program perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kinerja Blok Rokan menjadi lebih akurat. Selain itu program kerja akan semakin terpantau dan terevaluasi oleh SKK Migas, melalui komunikasi dan koordinasi yang semakin lancar," jelas Mulyanto.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengembangan Investasi

Proses alih kelola Wilayah Kerja (WK) Rokan di Provinsi Riau dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) telah mencapai 99,5 persen.
Proses serah terima pengelolaan Wilayah Kerja (WK) atau Blok Rokan di Provinsi Riau dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Politisi Fraksi PKS ini menambahkan, Pertamina perlu mengembangkan investasi untuk peningkatan dan penerapan teknologi pengeboran yang terbukti efektif dan efisien, seperti teknologi enhanced oil recovery (EOR). Hal ini perlu dilakukan untuk mempertahankan kinerja lifting yang sekarang ada.

"Ini tentu tidak mudah di tengah suasana pandemi seperti sekarang ini. Karena itu perlu dukungan banyak pihak, baik kementerian ESDM, Kementerian BUMN, pemda dan terutama SKK Migas," tegas Mulyanto.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya