PT SMI Bukukan Aset Rp 113,5 Triliun di Kuartal I 2022

Aset PT SMI sebenarnya bisa lebih tinggi yaitu Rp 114,5 triliun. Namun perusahaan memiliki kewajiban pembayaran kepada perbankan.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Apr 2022, 21:10 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2022, 21:10 WIB
20170322-PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Hut ke 8-Fanani
PT SMI merayakan hari jadinya yang ke-8 alias sewindu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Aset PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) tercatat Rp 113,5 triliun pada kuartal I-2022. Angka ini tumbuh 13 persen jika dibandingkan dengan periode akhir 2021.

Direktur Operasional dan Keuangan Sarana Multi Infrastruktur Darwin Trisna Djajawinata menjelaskan, aset PT SMI sebenarnya bisa lebih tinggi yaitu Rp 114,5 triliun. Namun perusahaan memiliki kewajiban pembayaran kepada perbankan sehingga aset berkurang.

"Kuartal I akhir Maret, pertumbuhan aset dibandingkan year on year periode sama tahun lalu tumbuh 12 persen. Secara aset ada penyesuaian dibanding Desember 2021. Aset kita sekarang Rp113,5 triliun," kata Darwin Trisna Djajawinata, dalam konferensi pers, Jakarta, Kamis (21/4).

Darwin mengatakan, penurunan aset terjadi karena SMI memiliki kewajiban memberikan pembayaran kepada investor dalam bentuk obligasi sukuk dan pembayaran kepada perbankan yang menjadi mitra. Pihaknya secara profesional melakukan pengelolaan kegiatan mulai dari operasional, dana dan pembiayaan.

“Ini kita lakukan terus pengelolaan kegiatan mulai dari operasional, dana dan pembiayaan-pembiayaan yang masih berjalan sehingga kuartal I ini. Kita masih menjaga dari sisi bottom line yang lebih baik dari target,” katanya.

PT SMI, kata Darwin, akan terus melakukan inovasi dalam konteks pengelolaan dana dan menjaga operasional dari sisi beban dalam rangka menopang sekaligus menjaga keberlanjutan korporasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bottom Line

20170322-PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Hut ke 8-Fanani
PT SMI merayakan hari jadinya yang ke-8 alias sewindu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurutnya, sejauh ini SMI telah mencetak pencapaian yang cukup baik termasuk pada periode tahun lalu dengan aset Rp 114,4 triliun yang naik 13 persen (yoy) dibandingkan akhir Desember 2020 sekitar Rp 100 triliun.

“Ini kami capaian lumayan bagi SMI periode 2021. Kita bisa lihat dari sisi bottom line mencapai angka Rp 1,83 triliun yang lebih besar dari target di atas Rp 1,82 triliun,” jelasnya.

Kontribusinya berasal dari kegiatan pembiayaan dan investasi, terlebih lagi SMI banyak memberikan inovasi dalam rangka mendukung pemerintah melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) pada 2021.

“Kita mencoba melakukan pengelolaan dana yang lebih prudent, mengingat kita memiliki cukup banyak likuiditas pada 2021 dan kita memanfaatkan momentum global bond pertama PT SMI USD300 juta pada Mei,” tandasnya.


Pembiayaan

Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI telah penyaluran pembiayaan ke pemerintah daerah (Pemda) Rp 27 triliun hingga Maret 2022. Jumlah ini naik 132,2 persen dibandingkan 2021. Direktur Utama Sarana Multi Infrastruktur Edwin Syahruzad menjelaskan, pembiayaan ke pemda menjadi sumber pertumbuhan perusahaan di tengah pandemi. Angka Rp 27 triliun adalah 34 persen dari portofolio yang disiapkan. “Dilihat dari kontribusinya itu Rp 27 triliun outstanding, yang dihasilkan dari aktivitas pinjaman daerah itu, mencerminkan 34 persen dari portofolio pembiayaan PT SMI,” ujarnya dalam diskusi online, Jakarta, Kamis (21/4/2022). Penyaluran pembiayaan ke pemda ini meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sementara itu, penggerak pertumbuhan berasal dari aktivitas pinjaman dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemerintah daerah.
Infografis Indeks Infrastruktur Indonesia
Infografis Indeks Infrastruktur Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya