Tingkatkan Kualifikasi, BKI Gelar Pelatihan Auditor

BKI sebagai induk dari Holding Jasa Survey/IDSurvey meyakini bahwa kualitas surveyor dan auditor adalah kunci kesuksesan dalam pelayanan

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Nov 2022, 21:06 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2022, 16:30 WIB
BKI berkomitmen untuk terus melakukan transformasi dan inovasi, khususnya dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.
BKI berkomitmen untuk terus melakukan transformasi dan inovasi, khususnya dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

Liputan6.com, Jakarta PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI sebagai induk dari Holding Jasa Survey/IDSurvey meyakini bahwa kualitas surveyor dan auditor adalah kunci kesuksesan dalam pelayanan kepada pelanggan/klien.

Hal ini sejalan dengan arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir April lalu, BKI berkomitmen untuk terus melakukan transformasi dan inovasi, khususnya dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

“Sesuai dengan arahan dari Menteri BUMN, kami melakukan berbagai pelatihan yang bisa meningkatkan kompetensi SDM khususnya internal BKI, salah satunya dengan menggelar Peningkatan Kualifikasi Surveyor BKI sebagai Auditor Sistem Manajemen Keselamatan dan Keamanan - Maritime Management System Auditor (MMSA) tingkat nasional,” ujar Kepala Cabang PT BKI Batam Ir Budi Isrofi dalam keterangannya, Rabbu (16/11/2022).

Acara ini, kata Budi, berlangsung selama lima hari dari 7 hingga 11 November 2022.

“Jumlah peserta yang berpartisipasi dalam pelatihan sekaligus ujian ini, sebanyak 34 surveyor. Nantinya, mereka akan menjadi calon auditor dari BKI pusat yang memiliki andil untuk melakukan TIC di nasional dan global. Hal ini berguna untuk peningkatan kualifikasi mereka sebagai auditor manajemen keselamatan dan keamanan,” jelasnya.

Menurut Budi, pelatihan ini merupakan hal penting bagi seorang calon auditor. Karena auditor inilah nanti yang akan memberikan pemahaman materi serta penilaian kepada personel atau perusahaan kapal/ pelayaran.

“Tujuannya agar industri pelayaran bisa mendapatkan sertifikasi maupun pemahaman International Safety Management Code (ISM Code) dan International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code) atau aturan lain yang menyeluruh mengenai langkah-langkah untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tambah Fungsi

Holding BUMN Jasa Survei melakukan penguatan koordinasi sekaligus rangkaian silaturahmi Ramadan 1443 H yang diawali dari kantor PT BKI (Persero) Cabang Batam pada Kamis, 7 April 2022
Holding BUMN Jasa Survei melakukan penguatan koordinasi sekaligus rangkaian silaturahmi Ramadan 1443 H yang diawali dari kantor PT BKI (Persero) Cabang Batam pada Kamis, 7 April 2022

Dengan pelatihan ini, lanjut Budi, diharapkan BKI dapat menambahkan nilai peran dan fungsinya sebagai recognized organization dan recognized security organization Pemerintah Indonesia.

Dengan begitu, mampu mendorong perusahaan pelayaran dan kapal berbendera Indonesia sesuai dengan standar yang telah ditentukan secara Nasional dan Internasional.

Turut hadir dalam acara ini yaitu Kepala Departemen Operasi Klasifikasi Ir Arief Budi Permana dan Kepala Divisi Statutoria Ir Totok Achmad Sugiharso. Adapun pemateri dalam pelatihan ini yaitu Senior Manager Operasi Statutoria Arif Yunaedi ST MSc; Senior Manager Konvensi, Aditya Trisandhya Pramana ST MSc; dan Senior Manager Pendidikan & Pelatihan, Catur Achiryanto ST.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya