Tol Japek II Selatan Dibuka Situasional Cuma saat Arus Balik Nataru 2023

Jalan Tol Japek II Selatan nantinya akan dibuka dari Sadang-Kutanegara secara fungsional, alias tanpa tarif mengikuti kepadatan lalu lintas yang terjadi di ruas-ruas tol utama.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 12 Des 2022, 16:20 WIB
Diterbitkan 12 Des 2022, 16:20 WIB
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) akan membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara gratis.
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) akan membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara gratis.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, atau Japek II Selatan Seksi 3 ruas Sadang-Kutanegara secara situasional saat arus balik Nataru (Natal 2022 dan Tahun Baru 2023).

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, Jalan Tol Japek II Selatan nantinya akan dibuka dari Sadang-Kutanegara secara fungsional, alias tanpa tarif mengikuti kepadatan lalu lintas yang terjadi di ruas-ruas tol utama.

Adapun momen libur akhir tahun memang kerap menimbulkan kepadatan lalu lintas berlebih di jalan-jalan tol eksisting. Khususnya di Km 60 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), dekat titik temu dengan Jalan Tol Cipularang dan Cipali.

"Kita operasikan Tol Japek II Selatan fungsional pada saat dibutuhkan. Yang akan kita buka adalah seksi 3 dari Sadang sampai Kutanegara, 8,5 km," jelas Subakti di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (12/12/2022).

Pengoperasian sementara ruas Tol Japek II Selatan ini nantinya akan mengikuti kepadatan lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Japek Eksisting. Sehingga pengguna yang datang dari arah Bandung di Tol Cipularang nantinya bisa dialihkan melalui Gerbang Tol (GT) Sadang.

"Itu sesuai kebutuhan ya, monitoring per jam dengan Polda Jabar dan (Dinas) Perhubungan," imbuh Subakti.

Skenario pengalihan ini dilakukan mengikuti jumlah arus lalu lintas (volume capacity ratio/VCR) yang ditampung di Jalan Tol Japek Eksisting.

"Nanti kita lihat data per jamnya melebihi kapasitas jalan yang ada, lebih dari 0,8 persen dari volume capacity ratio, jadi akan kita buka (Tol Japek II Selatan) yang 8,5 km," terang Subakti.

Selanjutnya, pengendara yang memasuki Jalan Tol Japek II Selatan bisa menyusuri jalur sepanjang 8,5 km untuk disambung ke jalan industri sepanjang 15 km di wilayah Kutanegara. Pemudik kemudian bisa lanjut memasuki ruas Tol Jakarta-Cikampek di Gerbang Tol (GT) Karawang Timur Km 54.

"Jadi kita salurkan ke jalan industri, masuk lagi ke (pintu tol di ) Karawang, sebelum Km 48 bisa naik lagi ke (Jalan Tol Japek) elevated," urai Subakti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Simpang Susun Tol Japek II Selatan Paket 3 Diubah, dari Tamanmekar Jadi Sukabungah

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang
Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang bisa rampung Desember 2022

Kemajuan pembangunan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek) II Selatan Paket 3 yaitu ruas Sukabungah hingga Sadang telah mencapai 69,11 persen. Jalan tol yang menghubungkan antara Jakarta dengan Bandung sepanjang 30,6 kilometer ini dikelola PT Jasamarga Japek Selatan (JJS).

Direktur Utama Jasamarga Japek Selatan Charles Lendra menjelaskan, progres lahan dan konstruksi untuk Tol Japek II Selatan Paket 3 ini telah memperhitungkan penambahan lahan dan penyesuaian Rencana Teknik Akhir atas penggeseran lokasi simpang susun yang semula di Tamanmekar menjadi Sukabungah.

Dengan penggeseran ini juga terdapat tambahan main road sepanjang kurang lebih 3 kilometer yang telah masuk dalam tambahan lingkup. Untuk pembebasan lahan dalam kegiatan tersebut telah mencapai 92,30 persen.

Proyek Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 Sukabungah-Sadang terdiri atas dua seksi yakni Seksi 5 Sukabungah-Sadang sepanjang 22,1 kilometer dan Seksi 6 Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 kilometer.

“Saat ini kami menunggu revisi Penetapan Lokasi (Penlok) dari Gubernur Jawa Barat yang tengah diproses. Untuk mendukung ini, kami bersama dengan tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan lahan telah melakukan sosialisasi dan pendataan awal yang dilanjutkan dengan konsultasi publik,” ujar Charles dikutip dari Antara, Kamis (6/10/2022).

Jasamarga Japek Selatan optimis pembangunan konstruksi Paket 3 Seksi 5 Tol Sukabungah-Sadang selesai pada di awal 2023. Sementara Seksi 6 Kutanegara-Sadang progres konstruksi telah mencapai 93,64 persen sehingga dapat digunakan oleh kendaraan kecil/golongan I (non bus) pada libur panjang Natal dan Tahun Baru.

 


Prioritas Pembebasan Lahan

Menurut dia, saat ini prioritas pembebasan lahan dan konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan dimulai dari Sadang terlebih dahulu dengan pembagian paket pekerjaan

Jalan Tol Japek II Selatan nantinya akan memiliki tujuh Simpang Susun (SS) yaitu SS Jati Asih, SS Bantar Gebang, SS Setu, SS Sukaragam, SS Sukabungah, SS Kutanegara, dan SS Sadang. Jalan tol ini merupakan akses jalan tol yang dimulai dari Jati Asih menuju Sadang dengan total panjang 62 kilometer.

Jalan tol Japek II Selatan terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), JORR 2 dan Jalan Tol Cipularang yang merupakan alternatif bagi pengguna jalan dari Jakarta menuju arah Purwakarta, Bandung dan sekitarnya, selain melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting dan Jalan Layang MBZ. 

Infografis Tarif Tol Trans Jawa 2019
Infografis Tarif Tol Trans Jawa 2019 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya