BUMN Survey Tawarkan Mudik Gratis ke Semarang dan Malang, Simak Cara Daftarnya!

Dimana setiap perusahaan pelat merah harus menyediakan layanan mudik gratis yang bisa diakses masyarakat, BUMN Survey salah satunya.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 28 Mar 2023, 10:30 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2023, 10:30 WIB
Antusias Warga Ikut Program Mudik Gratis
Holding BUMN Jasa Survey PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI menyediakan sebanyak 120 kursi mudik gratis di tahun ini. Ini akan dilayani dengan 2 unit bus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Holding BUMN Jasa Survey PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI menyediakan sebanyak 120 kursi mudik gratis di tahun ini. Ini akan dilayani dengan 2 unit bus.

Perusahaan di bidang jasa survei ini turut andil dalam program Mudik Bersama BUMN. Dimana setiap perusahaan pelat merah harus menyediakan layanan mudik gratis yang bisa diakses masyarakat.

“Mudik Bersama BUMN 2023 ini banyak pilihan kendaraan bagi pemudik. Bisa menggunakan kapal laut, pesawat, bus, dan kereta api. BKI sendiri akan menyediakan bus yang bisa diisi 60 pemudik per-bus,” kata Corporate Secretary PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Misbahudin Aidy dalam keterangannya, Selasa (28/3/2023).

Ia menjelaskan, titik keberangkatan (flag off) serempak dimulai dari Kantor Pusat PT BKI (Persero) yang beralamat di Jl. Yos Sudarso No. 38-40, Tanjung Priok – Jakarta Utara pada 18 April 2023 (H-4 Lebaran), pukul 08.00 WIB pagi. Ada 2 rute yang dilayani nantinya.

Pertama, rute Jakarta ke Semarang, dan kedua rute Jakarta ke Malang.

“Masing-masing bus memiliki rute yang berbeda. Bus pertama dengan rute Jakarta – Cirebon – Brebes – Tegal sampai Semarang. Sedangkan, bus kedua rutenya dari Jakarta – Solo – Surabaya sampai Malang.” jelasnya.

“Bagi para peserta yang berkenan untuk mendaftarkan diri, pendaftaran akan dibuka secara serempak pada 27 Maret 2023 sampai dengan 6 April 2023,” sambung Aidy.

Untuk mekanisme pendaftaran, para pemudik dapat mengisi form pendaftaran melalui tautan (link) yang disampaikan oleh panitia Mudik Bersama BUMN tahun 2023 yaitu di https://bit.ly/PendaftaranMudikBersamaBUMN2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kurangi Pemudik Motor

Antusias Warga Ikut Program Mudik Gratis
Seorang warga bersama anaknya bersiap menaiki bus tujuan mereka untuk mudik bareng gratis BUMN di kawasan Jakarta, Rabu (27/4/2022). Program mudik gratis merupakan salah satu solusi untuk mengantisipasi potensi kepadatan lalu lintas pada masa Lebaran.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aidy berharap, Program Kolaborasi Mudik Bersama BUMN 2023 ini bisa membantu masyarakat sekitar serta turut menjalankan himbauan Kementerian BUMN untuk mengurangi volume kendaraan dan angka kecelakaan sepeda motor saat mudik, sebagaimana tema Mudik Bersama yang bertajuk “Mudik Dinanti, Mudik Dihati”.

Sesuai informasi, PIC kegiatan Mudik Bersama BUMN 2023 adalah PT Jasa Raharja dan Forum TJSL.

Usulan target jumlah pemudik untuk tahun 2023 adalah sebanyak 50.000 pemudik dengan jumlah pemudik dari PT Jasa Raharja sebanyak 20.300 pemudik yang terdiri 6.300 pemudik menggunakan 131 bus dan sebanyak 14.000 penumpang menggunakan 24 rangkaian KA, sedangkan sebanyak 29.700 pemudik dipersilahkan kepada BUMN/anak BUMN lain yang ingin ikut serta dalam Program Kolaborasi Mudik Bersama Tahun 2023.

 


Mudik Bersama BUMN Kuota 65 Ribu Kursi

Antusias Warga Ikut Program Mudik Gratis
Seorang warga dengan barang bawaannya menunggu untuk menaiki bus mudik bareng gratis BUMN di kawasan Jakarta, Rabu (27/4/2022). Program mudik gratis merupakan salah satu solusi untuk mengantisipasi potensi kepadatan lalu lintas pada masa Lebaran.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan program mudik gratis dengan menggandeng 76 perusahaan pelat merah.

Mudik Gratis BUMN menyediakan kuota 65.603 kursi melalui berbagai moda transportasi yang digunakan.

"76 BUMN yang dipimpin PT Jasa Raharja saling berkolaborasi untuk mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangannya, dikutip Kamis (16/3/2023).

"Ini bagian dari BUMN untuk hadir dalam membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa," ujarnya.

 


Syarat dan Cara Daftar

Antusias Warga Ikut Program Mudik Gratis
Sejumlah pemudik membawa barang bawaannya menuju bus untuk mudik bareng gratis BUMN di kawasan Jakarta, Rabu (27/4/2022). Total peserta program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 mencapai 12.450 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mengutip laman mudik.jasaraharja.co.id, syarat untuk mudik gratis BUMN bersama PT Jasa Raharja adalah sebagai berikut :

  • Memiliki akun Aplikasi JRku
  • Mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Mempunyai surat izin mengemudi (SIM C) yang masih aktif
  • Mempunyai sepeda motor yang dibuktikan dengan surat tanda motor kendaraan (STNK)
  • Pajak Kendaraan sepeda motor masih berlaku
  • Pendaftar dan peserta harus dalam 1 keluarga

Cara Daftar

  1. Langkah pertama, pastikan Anda memiliki akun di aplikasi JRku.
  2. Kemudian, akses lamanmudik.jasaraharja.co.id dan lakukan pendaftaran dengan memasukkan data diri Anda.
  3. Jika sudah klik Selesai, pilih jenis transportasi, kota asal, kota tujuan, dan cari armada untuk mengetahui ketersediaan kursi
  4. Jika dinyatakan lolos verifikasi, maka tiket elektronik akan terbit.
  5. Pastikan Anda menyimpantiket elektronik dengan baik dan tunjukkan kepada petugas saat keberangkatan.
Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya