Lebih Nyaman WFH dan Kerja Jarak Jauh, Berikut Hal yang Harus Disiapkan

Selain gaji yang lebih tinggi, para pekerja mengakui bahwa jam kerja yang lebih fleksibel dan bekerja dari jarak jauh kini menjadi hal terpenting bagi mereka.

oleh Jessica Sheridan diperbarui 12 Apr 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi WFH
Ilustrasi pria muda terlihat sangat produktif saat bekerja di rumah dengan suasana ruangan yang nyaman/Shutterstock-Jelena Zelen.

Liputan6.com, Jakarta Demi mencari keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik, beberapa pekerja termotivasi untuk meninggalkan pekerjaan mereka dan beralih ke work from home (WFH) ditambah dengan fenomena naiknya angka pengunduran diri yang hebat.

Diperkirakan, 56 persen tenaga kerja akan mencari pekerjaan baru di tahun mendatang, angka ini naik dari 51 persen pada 2022 lalu, menurut survei pencari kerja Bankrate tahun 2023.

Selain gaji yang lebih tinggi, para pekerja mengakui bahwa jam kerja yang lebih fleksibel dan bekerja dari jarak jauh kini menjadi hal terpenting bagi mereka.

CEO dan Pendiri Gen Y Planning berkata, “Sifat pekerjaan bergeser untuk lebih banyak orang,”

Pernyataan tersebut mendukung penemuan Bankrate terkait banyaknya pekerja yang lebih suka menghabiskan lebih banyak waktu bekerja dari rumah di antara para pekerja hybrid.

Dari mereka yang kadang-kadang bekerja dari rumah, setengahnya mengatakan mereka ingin melakukannya sepanjang waktu atau hampir sepanjang waktu. Dan kira-kira sepertiga dari mereka yang saat ini sebagian besar bekerja dari rumah berkata, jika mereka punya pilihan, mereka ingin bekerja dari rumah sepanjang waktu.

Perencanaan Keuangan

Bahkan sebelum pandemi, Bera Daigle, seorang perencana keuangan bersertifikat dan anggota Dewan Penasihat CNBC, tahu bahwa kesibukan sehari-hari bukan untuknya. Setelah bekerja di perusahaan perencana keuangan tradisional sejak 2007, dia berhenti untuk bebas bekerja dari mana pun dia mau.

Pekerja memiliki keunggulan dalam pasar kerja yang dingin tetapi kuat, kata para ahli, dan itu memberi mereka kemampuan untuk menolak mandat kembali ke kantor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beberapa Hal yang Perlu Disiapkan

terbebas utang
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/rawpixel

Gaya hidup ini menjadi jauh lebih populer karena tren kerja jarak jauh semakin cepat. Jumlah masyarakat yang mengandalkan penghasilan dari digital di AS meningkat 9 persen hanya dalam 12 bulan dari 2021 hingga 2022, menjadi total hampir 17 juta, menurut platform pekerjaan MBO Partners.

Jika Anda mempertimbangkan peralihan karier yang mampu membuat Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas lokasi atau tidak perlu bolak-balik, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu, kata Bera Daigle, dikutip dari CNBC (4/4/2023).

1. Lunasi Utang

Perkuat posisi keuangan Anda dengan membayar hutang, terutama saldo kartu kredit berbunga tinggi, untuk meningkatkan arus kas bulanan Anda sehingga Anda dapat menyisihkan lebih banyak uang.

2. Tingkatkan Penghematan dengan Memiliki Tabungan Darurat

Alihkan sebagian dari gaji Anda setiap bulan ke rekening tabungan terpisah. Sebagian besar ahli keuangan merekomendasikan untuk menyisihkan setidaknya pengeluaran selama tiga bulan dalam dana darurat atau lebih jika Anda adalah satu-satunya pencari nafkah dalam keluarga Anda.

 


3. Padukan Rencana Pensiun Anda

Ilustrasi dana pensiun.
Ilustrasi dana pensiun (ncsl.org).

Terutama jika Anda memiliki akses ke rencana 401(k), Bera Daigle menyarankan, “maksimalkan kontribusi sekarang karena mungkin perlu waktu lama untuk mencari pekerjaan baru dan Anda mungkin tidak langsung memenuhi syarat untuk mendapatkan 401(k).” 

4. Buka Akun Broker

Jika Anda telah memenuhi tujuan tabungan jangka pendek dan kontribusi pensiun sesuai rencana, pertimbangkan untuk membuka akun investasi kena pajak untuk membantu menjembatani kesenjangan tersebut, saran Bera Daigle.

Bagi mereka yang baru berinvestasi sendiri, mulailah dengan dana indeks yang melacak pasar yang lebih luas, seperti dana yang diperdagangkan di bursa SPDR S&P 500. Jika tidak, reksa dana bisa menjadi cara yang bagus untuk mendiversifikasi portofolio Anda, meskipun ini mungkin memiliki investasi minimum yang lebih tinggi daripada ETF.

Bera Daigle mengalokasikan uang setiap bulan ke dalam “ember tabungan” Untuk membiayai perjalanan panjang sebagai sebuah keluarga. Ini menjadi sebuah strategi populer untuk menutup pengeluaran seperti perjalanan dan hiburan. Dia juga memanfaatkan hadiah perjalanan dan poin kartu kredit untuk menghemat tiket pesawat dan menginap di hotel.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya