One Way Jalan Tol Cikampek hingga Kalikangkung Diperpanjang Sampai Pukul 24.00 WIB

Rekayasa lalu lintas one way di jalan tol Cikampek hingga Kalikangkung yang semula dijadwalkan selesai pada Kamis (20/04) pukul 12.00 WIB, masih akan terus dilanjutkan atas diskresi Kepolisian

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 20 Apr 2023, 11:27 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2023, 11:17 WIB
H-2 Idul Fitri 1443H, Gerbang Tol Cikampek Masih Padat
Rekayasa lalu lintas one way di jalan tol Cikampek hingga Kalikangkung yang semula dijadwalkan selesai pada Kamis (20/04) pukul 12.00 WIB, masih akan terus dilanjutkan atas diskresi Kepolisian.. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan yang masih meningkat dari arah Jakarta menuju ke arah Timur, pantauan visual CCTV dan laporan petugas Kepolisian di lapangan, rekayasa lalu lintas one way yang semula dijadwalkan selesai pada Kamis (20/04) pukul 12.00 WIB, masih akan terus dilanjutkan atas diskresi Kepolisian.

Saat ini one way berlaku dari Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Dengan dimulainya titik one way di Km 70 GT Cikampek Utama, maka pengguna jalan dari Cikampek yang menuju arah Jakarta akan dialihkan ke Kota Bukit Indah untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui GT Kalihurip 2.

Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Kamis (20/04) pukul 24.00 WIB. Namun apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang signifikan dari Jakarta ke arah Timur, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan mudik lebaran lebih nyaman.

Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penanganan Mudik Lebaran 2023 Jangan Cuma Fokus di Jalan Tol, Lintas Arteri Perlu Juga Diawasi

Arus Mudik
Suasana arus mudik Lebaran 2022 di jalur Cipali, tepatnya di sekitar area gerbang tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Lalu lintas ke arah Jawa tersendat sebelum memasuki jalur tol Palikanci. Pihak kepolisian belum membuka akses contra flow ataupun one way. Sementara itu, arus lalu lintas yang menuju Jakarta terlihat sepi.

Musim mudik lebaran 2023 telah dimulai. Kepadatan kendaraan pribadi mulai terjadi di sejumlah titik keluar Jabodetabek, artinya ada peluang kemacetan di sejumlah titik.

Mengantisipasi ini, sejumlah manajemen dan rekayasa lalu lintas diambil oleh pemerintah, utamanya di jalur darat termasuk tol Trans Jawa. Di sisi lain, program mudik gratis, angkutan motor gratis (motis), hingga pembatasan operasional angkutan barang pun telah dirancang pemerintah.

Rekayasa lalu lintas dilakukan berupa jalur satu arah (one way), menambah ruas melawan arus (contraflow), hingga mekanisme ganjil genap. Selain itu, sejumlah jalur tol fungsional akan dibuka saat antrean kendaraan mengular panjang dan semakin padat. Dilakukan DMS (dynamic massage system) untuk memperkirakan rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan di jalan tol.

"Penanganan lalu lintas kendaraan pada saat mudik jangan fokus perhatian di jalan tol, namun jalan arteri juga harus dirawat dan diawasi," ujar Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Wilayah MTI Pusat Djoko Setijowarno, dalam keterangannya, Senin (17/4/2023).

Manajemen kapasitas dan manajemen waktu sudah dilakukan pemerintah. Tahun ini untuk mengurai penumpukan pemudik di Pelabuhan Penyeberangan, dioperasikan Pelabuhan Ciwandan (pemudik bersepeda motor dan truk) dan Pelabuhan Penyeberangan Merak (pemudik menggunakan mobil dan bus).

Utamanya untuk menyeberangkan pemudik ke Pulau Sumatera sebagai lokasi keberangkatan menyeberang tahun sebelumnya.

Sejalan dengan itu, program mudik gratis yang digulirkan pemerintha dan BUMN jadi satu upaya lain mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Harapannya, bisa juga menekan angka kecelakaan di jalanan.


Mudik Gratis

Mudik Gratis BUMN 2023
Program mudik gratis bersama BUMN Tahun 2023 bertajuk "Mudik Dinanti, Mudik di Hati".

Sebut saja, tahun 2023, Kementerian Perhubungan menyiapkan mengangkut pemudik dengan gratis untuk 75.792 penumpang dan 13.840 sepeda motor menggunakan bus, kereta api dan kapal laut.

Kementerian BUMN yang dikoordinir PT Jasa Raharja menyiapkan kuota mudik gratis untuk 65.603 penumpang, dengan rincian 46.523 penumpang diangkut dengan 1.009 bus, 15.658 penumpang diangkut dengan 30 rangkaian kereta api, dan 2.562 penumpang diangkut dengan tujuh kapal laut.

"Program mudik gratis diharapkan dapat mengalihkan pemudik pengguna kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman. Tidak dapat dipungkiri, ada berbagai penyebab masih menjadi pertimbangan untuk memutuskan mudik dengan bersepeda motor. Aspek penghematan biaya dan kemudahan mobilitas di kampung halaman merupakan daya tarik penggunaan sepeda motor," beber Djoko.

Di sisi lain, kesiapan prasarana jalan dengan infrastruktur jalan tol yang sudah operasional sepanjang 2.624 km. Sementara itu, jaringan jalan nasional yang telah siap sepanjang 47.602 km dengan tingkat kemantapan 91,8 persen. Sejumlah jalan tol dioperasikan fungsional sepanjang 188,4 km dengan rincian 11 ruas di Pulau Jawa dan 6 ruas di Pulau Sumatera.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya