Ada-ada Saja, Miliarder Ini Mau Awetkan Tubuh Agar Bisa Hidup Kembali

Miliarder Peter Thiel mengungkapkan dia berencana untuk mengawetkan tubuhnya setelah kematiannya. Kok bisa?

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 09 Mei 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2023, 21:00 WIB
Miliarder Peter Thiel. Dok: Forbes
Miliarder Peter Thiel. Dok: Forbes

Liputan6.com, Jakarta Pernyataan mengejutkan datang dari miliarder sekaligus investor teknologi asal Amerika Serikat, Peter Thiel. Dia berencana mengawetkan tubuhnya setelah kematiannya sehingga dia dapat dihidupkan kembali di masa depan, meskipun dia tidak yakin apakah upaya itu benar-benar akan berhasil.

Seperti diketahui, Peter Thiel dikenal sebagai miliarder yang mendirikan PayPal, Palantir Technologies, dan Founders Fund.

Mengutip laman Money Control, Senin (8/5/2023) Peter Thiel memiliki total kekayaan bersih senilai USD 10 miliar atau Rp. 147 triliun, Thiel saat ini menempati peringkat ke-275 di Bloomberg Billionaires Index.

Pada tahun 1998, Thiel ikut mendirikan PayPal bersama Elon Musk.

Dalam sebuah percakapan podcast bersama seorang wartawan, yakni Bari Weiss, Thiel bercerita bahwa dia akan membekukan tubuhnya setelah dia meninggal.

"Benarkah kamu terdaftar untuk diawetkan ketika kamu meninggal sehingga kamu dapat dihidupkan kembali di masa depan? ujar Weiss ketika bercakap dalam podcastnya dengan Thiel.

"Ya, tapi saya menganggapnya lebih sebagai pernyataan ideologis," kata Thiel.

"Jadi itu benar?" tanya Weiss, memperjelas pertanyaan Thiel.

"Tentu. Saya tidak terlalu berharap itu berhasil, tapi saya pikir itu adalah hal yang seharusnya kami coba lakukan," jawab Thiel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Miliarder Warren Buffet Berbagi 10 Hal Jenius Sukses Kelola Keuangan Seumur Hidup

Miliarder atau Orang Terkaya Dunia Warren Buffet. Foto: AFP
Miliarder atau Orang Terkaya Dunia Warren Buffet. Foto: AFP

Warren Buffett bisa dibilang menjadi investor paling terkenal dan paling dihormati sepanjang masa. Dia dikenal karena pesonanya yang sederhana dan kutipannya yang mengesankan tentang seni berinvestasi.

Saat Anda punya tujuan untuk mengumpulkan, sangat bijaksana jika mengikuti jejak kaki orang-orang yang telah berhasil.

Peluang Anda untuk sukses berinvestasi dapat meningkat secara eksponensial jika Anda mempelajari dan menerapkan kiat-kiat investasi terbaik khususnya dari Buffett.

Melansir Go Rankingrates, Sabtu (15/4/2023), berikut ini sepuluh hal yang harus Anda lakukan dengan uang seperti wejangan dari miliarder Warren Buffet.

1. Jangan Pernah Kehilangan Uang

Salah satu nasihat paling populer dari Buffett adalah sebagai berikut, “Aturan No. 1: Jangan pernah kehilangan uang. Peraturan No.2: Jangan pernah melupakan peraturan No.1.”

Jika Anda merugi, jauh lebih sulit untuk kembali ke tempat Anda memulai, apalagi untuk mendapatkan keuntungan.

2. Dapatkan Nilai Tinggi dengan Harga Rendah

Dalam surat pemegang saham Berkshire Hathaway pada 2008, Buffett berbagi prinsip utama lainnya, “Harga adalah apa yang Anda bayar; nilai adalah apa yang Anda dapatkan.”

Kehilangan uang dapat terjadi saat Anda membayar harga yang tidak sesuai dengan nilai yang Anda dapatkan. Misalnya, saat Anda membayar bunga tinggi untuk utang kartu kredit atau membelanjakan barang yang jarang Anda gunakan.

Sebaliknya, hiduplah sederhana seperti Buffett dengan mencari peluang untuk mendapatkan nilai lebih dengan harga lebih murah. "Apakah kita berbicara tentang kaus kaki atau saham, saya suka membeli barang dagangan berkualitas saat harganya turun," tulis Buffett.

3. Bentuk Kebiasaan Uang yang Sehat

Dalam pidato 2007 di University of Florida, Buffett mengatakan, "Sebagian besar perilaku adalah kebiasaan, dan mereka mengatakan bahwa rantai kebiasaan terlalu ringan untuk dirasakan sampai terlalu berat untuk dipatahkan."

Jadi, berusahalah untuk membangun kebiasaan uang yang positif dan hentikan hal-hal yang merugikan dompet Anda.


4. Hindari Utang Terutama Kartu Kredit

Ilustrasi Utang atau Pinjaman. Foto: Freepik
Ilustrasi Utang atau Pinjaman. Foto: Freepik

Buffett membangun kekayaannya dengan membuat bunga bekerja untuknya. "Saya telah melihat lebih banyak orang gagal karena minuman keras dan leverage - leverage uang pinjaman," kata Buffett dalam pidato pada 1991 di Universitas Notre Dame.

“Kamu benar-benar tidak terlalu membutuhkan pengaruh di dunia ini. Jika Anda pintar, Anda akan menghasilkan banyak uang tanpa meminjam,” kata dia.

Buffett sangat waspada terhadap kartu kredit. Jadi, hindari hal itu sama sekali. “Suku bunga kartu kredit sangat tinggi,” kata Buffett suatu kali. “Kadang-kadang mereka 18 persen. Kadang-kadang mereka 20 persen. Jika saya meminjam uang dengan bunga 18 atau 20 persen, saya akan bangkrut.”

5. Simpan Uang Tunai

Kunci lain untuk memastikan keamanan adalah selalu menyimpan cadangan uang tunai. “Kami selalu mempertahankan setidaknya USD 20 miliar – dan biasanya jauh lebih banyak – setara kas,” kata Buffett dalam laporan tahunan Berkshire Hathaway 2014.

Bisnis dan individu sama-sama mungkin merasa gatal untuk menggunakan uang tunai cair melalui investasi. “Namun, uang tunai adalah untuk bisnis seperti halnya oksigen bagi individu: tidak pernah memikirkan kapan uang itu ada, satu-satunya hal yang ada dalam pikiran ketika uang itu tidak ada,” kata Buffett. “Ketika tagihan jatuh tempo, hanya uang tunai yang sah. Jangan tinggalkan rumah tanpa itu.”

6. Berinvestasilah Pada Diri Sendiri

Menurut Inc.com, Buffett berkata, “Berinvestasi sebanyak mungkin dari diri Anda. Anda adalah aset terbesar sejauh ini.” Dia menggemakan sentimen itu dalam wawancara CNBC saat berkata, "Apa pun yang Anda lakukan untuk meningkatkan bakat Anda sendiri dan menjadikan diri Anda lebih berharga akan terbayar dalam hal daya beli nyata yang sesuai."

Pengembalian itu juga besar. “Apa pun yang Anda investasikan pada diri sendiri, Anda akan mendapatkan kembali sepuluh kali lipat,” kata Buffett. Dan tidak seperti aset dan investasi lainnya, “tidak ada yang dapat mengenakan pajak; mereka tidak dapat mencurinya dari Anda.”

7. Pelajari Tentang Uang

Bagian dari berinvestasi pada diri sendiri harus belajar lebih banyak tentang mengelola uang. Sebagai seorang investor, sebagian besar pekerjaan Buffett terdiri dari membatasi paparan dan meminimalkan risiko. Dan "risiko datang dari tidak mengetahui apa yang Anda lakukan," kata Buffett, menurut Forbes. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang keuangan pribadi, semakin banyak keamanan yang Anda miliki saat meminimalkan risiko.

Pelajaran dari kutipan Buffett ini adalah untuk mendidik diri sendiri secara aktif tentang keuangan pribadi. Seperti yang dikatakan Charlie Munger - mitra Buffett -, "Tidurlah lebih pintar daripada saat Anda bangun."


8. Percayai Dana Indeks Berbiaya Rendah untuk Portofolio

terbebas utang
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/rawpixel

Meskipun sebagian besar kebijaksanaan dan saran Buffett berbatasan dengan filosofis, dia juga memberikan beberapa tip yang dapat ditindaklanjuti dan diterapkan oleh hampir semua orang. Misalnya, Buffett mendesak investor rata-rata untuk membeli dana indeks.

"Masukkan 10 persen dari uang tunai dalam obligasi pemerintah jangka pendek dan 90 persen dalam dana indeks S&P 500 berbiaya sangat rendah,” tulisnya dalam suratnya tahun 2013 kepada pemegang saham Berkshire Hathaway.

Buffett telah memberikan nasihat ini selama bertahun-tahun. “Jika Anda berinvestasi dalam dana indeks berbiaya sangat rendah — di mana Anda tidak memasukkan uang sekaligus, tetapi rata-rata lebih dari 10 tahun — Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada 90 persen orang yang mulai berinvestasi pada saat yang sama,” kata Buffett pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway 2004.

9. Berikan Kembali

Menurut Forbes, Buffett pernah berkata, "Jika Anda termasuk dalam 1 persen umat manusia yang paling beruntung, Anda berutang kepada seluruh umat manusia untuk memikirkan 99 persen lainnya." Dan sebagai anggota teratas dari 1 persen itu sendiri, Buffett memastikan untuk menaruh uangnya di mana mulutnya berada.

Bersama dengan salah satu pendiri Microsoft Bill Gates, Buffett adalah pendiri The Giving Pledge, yang merupakan janji yang dibuat oleh lebih dari 100 miliarder untuk memberikan kekayaan mereka. Meskipun mungkin bukan miliarder, Anda masih bisa memperkaya hidup Anda dengan memberi kembali.

10. Pandanglah Uang sebagai Permainan Jangka Panjang

Buffett pernah berkata, "Seseorang duduk di tempat teduh hari ini karena seseorang menanam pohon di masa lalu."

Dan itu benar. Menanam dan memelihara benih kesuksesan finansial sekarang akan membawa keteduhan untuk dinikmati di kemudian hari. Keteduhan itu mungkin termasuk kebebasan dari utang, pensiun yang aman atau kemampuan untuk menutupi biaya kuliah untuk anak-anak.

Pandangan jangka panjang tentang uang seperti itu sangat penting bagi keputusan investasi Buffett. Dalam suratnya tahun 2014 kepada para pemegang saham, dia mengatakan bahwa orang-orang harus “berinvestasi dengan cakrawala multi-dekade. Fokus mereka harus tetap pada pencapaian keuntungan yang signifikan dalam daya beli selama masa investasi mereka.”

Dia mengimbau investor untuk tidak fokus pada saat-saat volatilitas pasar saham atau krisis ekonomi.

Membangun kekayaan sejati dan keamanan finansial membutuhkan waktu dan kemungkinan besar Anda akan menghadapi tantangan finansial di sepanjang jalan. Akan tetapi, melihat keuangan sebagai upaya seumur hidup dapat membantu Anda tetap berada di jalur meskipun ada kesulitan. Itu memberi Anda fondasi keuangan yang akan bertahan lama.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya