Kiprah 62 Tahun bank bjb, Komitmen dalam Menumbuhkan Ekonomi Masyarakat

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb telah memasuki usia ke-62.

oleh Fachri pada 22 Mei 2023, 21:40 WIB
Diperbarui 22 Mei 2023, 21:40 WIB
Bank BJB.
Perayaan hari jadi bank bjb ke-62. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb telah memasuki usia ke-62. Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi mengatakan bahwa usia 62 tahun merupakan usia matang untuk semakin berjuang membangun bangsa dan menumbuhkan ekonomi masyarakat. 

"Dalam usia ini, bank bjb terus berusaha untuk menyatukan energi serta kolaborasi untuk terus memberikan keunggulan serta manfaat bagi Indonesia," katanya dalam keterangan pers, Senin (22/5/2023).

"bank bjb berkomitmen untuk terus memberikan manfaat serta kebahagiaan untuk Indonesia dalam era digitalisasi dan tantangan ekonomi di tahun ini," tambah Yuddy.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa pada perayaan ulang tahun ini, kata kunci yang dihadirkan yaitu Happy atau Bahagia. Kata kunci tersebut bermakna kebahagiaan warga Indonesia sangat berarti untuk perwujudan kehadiran bagi bank bjb, agar senantiasa memberikan manfaat bagi warga Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbagai Program Dihadirkan

bank bjb.
Perayaan hari jadi bank bjb ke-62. (Foto: Istimewa)

Dalam usia ke-62 sekaligus mensyukuri perjalanan panjang bank bjb dalam dunia perbankan, bank bjb telah melakukan berbagai acara yang bersifat internal maupun kegiatan yang secara langsung dirasakan oleh nasabah atau masyarakat.

Berbagai program yang dijalankan meliputi program#HepiDiskon yang merupakan komitmen bank bjb memberikan kebahagiaan dengan menyajikan berbagai program diskon selama periode ulang tahun. Selain itu, ada pula program #HepiBerbagi yang merupakan wadah bank bjb menebar semangat berbagi melalui kegiatan sosial maupun amal yang berfokus dalam pilar utama Corporate Social Responsibily (CSR). Program lainnya adalah #HepiHemat dengan menghadirkan berbagai promo serta inovasi produk maupun layanan.

bank bjb juga memberi apresiasi kepada nasabah atas kesetiaanya dalam menggunakan berbagai produk unggulan bank bjb bertajuk #HepiLoyality, melalui Customer Loyalty Program (CLP). Apresiasi juga diberikan kepada insan bank bjb yang telah memberikan konstribusi bagi peruasahaan melalui Legacy Award & Timeless Engagement. 

Pada puncak perayaan ulang tahun, melalui program #Hepiversary #HepiDay, dilakukan berbagai kegiatan seperti #HepiBazar yang melibatkan para pelaku UMKM, kegiatan olah raga dengan tajuk #HepiRun dan #HepiRide dan hiburan oleh artis nasional yang turut dimeriahkan oleh Tulus, Maliq & D'Essentials, KSP Band serta Imam Darto dan Melaney Ricardo sebagai host. 

 


Jalankan Rebranding

Bank bjb
Guna mendukung ekspansi kredit di tahun ini, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) siap melakukan aksi korporasi di kuartal pertama 2022.

Pada momen puncak perayaan ulang tahun bank bjb, dilakukan pula rebranding DPLK bank bjb menjadi bjb SIAP. Yuddy mengatakan, berbagai program yang dihadirkan bank bjb selama periode ulang tahun ke-62 merupakan salah satu wujud nyata untuk lebih memberikan kebermanfaatan bagi para stakeholder maupun shareholder.

Setiap program perayaan ulang tahun, sektor UMKM selalu diajak untuk terlibat dengan tujuan untuk memberikan kesempatan agar para UMKM di daerah dapat meningkatkan kualitas sekaligus juga memperluas pasar. Dalam setiap kegiatan tersebut, pendekatan digital selalu dihadirkan, terutama pada aspek transaksi.

"Agar masyarakat, pelaku usaha, generasi milenial yang hadir akan semakin melek terhadap teknologi keuangan dan semakin memperluas inklusifitas keuangan," kata Yuddy.

“bank bjb berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian dengan mendorong pemberdayaan UMKM, mendukung digitalisasi, kepedulian terhadap lingkungan, penerapan tata kelola yang baik,” imbuhnya.


Kenaikan Dividen

Memperkuat Bisnis dan Ekosistem, bank bjb Bersinergi dengan Bank Bengkulu
bank bjb.

Sementara pada sisi shareholder alias pemegang saham, bank bjb senantiasa berkomitmen untuk memberikan yang terbaik. Hal itu dibuktikan dengan kenaikan dividen setiap tahun sekaligus senantiasa mendukung program pemerintah daerah.

Sebagai informasi, bank bjb membagikan dividen untuk Tahun Buku 2022 sebesar Rp1,1 triliun. Angka tersebut setara dengan 49,47 persen dari laba bersih yang berhasil dibukukan oleh bank bjb di Tahun Buku 2022 sebesar Rp2,22 triliun.

Pada tahun buku 2022, bank bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan laba yang berkualitas, sehingga dividen per lembar saham pun meningkat dari Rp99,11 menjadi Rp104,55.

"Manajemen bank bjb berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja, agar memberi manfaat bagi masyarakat luas, termasuk shareholder. Antara lain, dengan terus melakukan inovasi produk, menjaga Non Performing Loan (NPL), meningkatkan nilai aset, memperkuat penyaluran kredit dengan prinsip kebermanfaatan dan kehati-hatian, serta memperkuat infrastruktur teknologi," jelas Yuddy.

“Semua itu dilakukan agar bank bjb terus menjadi Tandamata bagi Negeri,” imbuhnya.


Komitmen Perbaiki Kualitas

Bank bjb
Guna mendukung ekspansi kredit di tahun ini, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) siap melakukan aksi korporasi di kuartal pertama 2022.

Berbagai terobosan yang dilakukan bank bjb merupakan perwujudan komitmen perusahaan untuk senantiasa memperbaiki kualitas dan kinerja untuk memperkuat keberadaan bank bjb, baik saat ini maupun di masa depan, terutama di industri perbankan.

Tak hanya fokus pada berbagai layanan kredit unggulan yang dimiliki, bank bjb pun terus mendorong pendapatan lainnya melalui produk layanan berbasis fee based income, ekosistem digital, produk layanan berbasis teknologi, dan wealth management. Saat ini bank bjb memiliki ribuan jaringan kantor yang tersebar di 14 Provinsi di Indonesia.

Per Maret 2023, ekosistem digital bank bjb terus bertumbuh pesat dengan jumlah pengguna DIGI Mobile apps user sebanyak 1,38 juta user, tumbuh 103 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan QRIS merchant sebanyak 945,9 ribu merchant, tumbuh 70,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, bank bjb juga terus memperluas aliansi bisnis, untuk semakin memperkuat kinerja. Antara lain melalui perluasan layanan perbankan melalui “Kelompok Usaha Bank”, yakni bersinergi dengan BPD-BPD yang sehat dan berkinerja baik, sehingga dapat saling memberikan nilai tambah bagi seluruh anggota kelompok usaha dibawah bank bjb sebagai perusahaan Induk.

“Di usia yang ke-62, kami sangat terbuka untuk kolaborasi yang akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam kerangka pengembangan bisnis bersama sama," kata Yuddy.

"Berbagai terobosan yang kami lakukan merupakan komitmen kami untuk senantiasa memperbaiki kualitas dan kinerja untuk memperkuat eksistensi kami di dunia perbankan,” tegasnya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya