Menhub Cek Kesiapan Lokasi Peringatan Hari Nusantara 2023 di Tidore, Ini Hasilnya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan lokasi acara dan sejumlah infrastruktur transportasi di Tidore, Maluku Utara, yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Peringatan Hari Nusantara pada 10-14 Desember 2023.

oleh Septian Deny diperbarui 15 Sep 2023, 22:31 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2023, 22:31 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan lokasi acara dan sejumlah infrastruktur transportasi di Tidore, Maluku Utara
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan lokasi acara dan sejumlah infrastruktur transportasi di Tidore, Maluku Utara, yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Peringatan Hari Nusantara pada 10-14 Desember 2023. (Dok. Kemenhub)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan lokasi acara dan sejumlah infrastruktur transportasi di Tidore, Maluku Utara, yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Peringatan Hari Nusantara pada 10-14 Desember 2023.

Pada tahun ini, Kementerian Perhubungan ditunjuk oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023.

"Saya meninjau langsung untuk mengecek dimana lokasinya, bagaimana impresinya, dan apa upaya-upaya yang akan kita lakukan,” ujar Menhub di Tidore, Jumat (15/9).

Menhub mengungkapkan rasa senangnya karena Tidore dipercaya menjadi tuan rumah acara Hari Nusantara 2023 dan berharap dengan adanya acara ini, banyak orang yang mengetahui potensi Kota Tidore sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah setempat.

“Indonesia memiliki banyak pulau menandai keberkahan dari Allah SWT. Kita harus memberikan dukungan pada pulau-pulau yang ada di seluruh Indonesia untuk berkembang,” ucapnya.

Untuk membuat kegiatan Hari Nusantara menjadi lebih menarik, Menhub juga turut mengajak arsitek kaliber internasional Popo Danes untuk mendesain panggung dan rumah singgah.

"Nanti hari H-nya kita akan bikin top, masyarakat Maluku Utara bahkan dari luar Provinsi datang ke sini. Setelah itu kita ingin ada yang bisa ditinggalkan disini, yaitu suatu bentuk kegiatan-kegiatan atau fungsi-fungsi yang bisa menjadi milik masyarakat Tidore. Itu akan menjadi tanda bahwa hari Nusantara pernah dilaksanakan di sini " kata Menhub.

Sebagai dukungan suksesnya kegiatan ini, Kemenhub menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana transportasi diantaranya yaitu: menyediakan 30 unit bus ukuran mikro di Tidore dan Ternate selama pelaksanaan kegiatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rute Lain

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan lokasi acara dan sejumlah infrastruktur transportasi di Tidore, Maluku Utara
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan lokasi acara dan sejumlah infrastruktur transportasi di Tidore, Maluku Utara, yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Peringatan Hari Nusantara pada 10-14 Desember 2023. (Dok. Kemenhub)

Selain itu, akan ada 4 unit kapal rute Bastiong Ternate - Rum Tidore yang beroperasi sebanyak 3 trip pada pukul 08.00, 12.30 dan 15.30 dan rute Bastiong - Sofifi dan Bastiong - Sidangoli serta 11 unit kapal penyeberangan perintis dengan 22 lintasan.

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat juga telah melakukan rehabilitasi pada Pelabuhan Penyeberangan Dowora dan Sofifi di Provinsi Maluku Utara pada tahun 2022 sehingga dapat menjadi dukungan infrastruktur transportasi penyeberangan.

Turut hadir mendampingi Pj Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni, Anggota Komisi V DPR RI Irine Yusiana dan Walikota Tidore Ali Ibrahim.


Masyarakat Umum Bisa Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Mulai Hari Ini 15 September 2023

Intip Depo Tegalluar, Tempat Perawatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Petugas mengecek rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang telah tiba di Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/5/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan jika masyarakat sudah bisa merasakan uji coba Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) mulai hari ini, Jumat 15 September 2023.

Saat ini, pendaftaran uji coba kereta cepat Jakarta Bandung sudah dibuka. "Ya ini, besok (Jumat 15 September) sudah mulai (uji coba KCJB)," kata Menhub melansir Antara di Jakarta, kemarin.

Namun Budi belum menjelaskan lebih rinci mengenai mekanisme pendaftaran uji coba kereta cepat Jakarta Bandung tersebut bagi masyarakat umum. "Sudah, sudah jalan (pendaftaran uji coba KCJB)," tutur Budi.

Dia menambahkan uji coba KCJB untuk masyarakat umum berlangsung selama 15 hari, tanggal 15 hingga 30 September. KCJB dijadwalkan akan diresmikan dan mulai beroperasi melayani penumpang pada 1 Oktober mendatang.

Pengoperasian akan dilakukan secara bertahap mulai dari 8 perjalanan kereta di bulan Oktober. Lalu, pada November bertambah menjadi 28 perjalanan kereta, pada Desember terdapat 40 perjalanan kereta, dan Januari 2024 mencapai 68 perjalanan kereta.

KCJB merupakan layanan KA Cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang akan beroperasi dengan kecepatan hingga 350 kilometer per jam.

Dengan kecepatan tersebut, waktu tempuh dari Stasiun Halim ke Padalarang adalah 32 menit dan dari Stasiun Tegalluar kembali menuju Halim 44 menit.

KCJB memiliki jalur sepanjang 142,3 km, dengan 13 terowongan dan akan melayani empat Stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Untuk meningkatkan konektivitas, KCJB akan terkoneksi dengan LRT Jabodebek, KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, Shuttle, dan Taksi.


Diresmikan Oktober 2023

Intip Depo Tegalluar, Tempat Perawatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Depo Tegalluar adalah salah satu aset penting bagi KCJB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadwalkan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diresmikan pada awal Oktober 2023.

"Ya, awal Oktober (diresmikan)," kata Jokowi usai menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung, Rabu (13/9/2023) kemarin.

Kendati begitu, ia menyebut ketentuan tersebut akan disiapkan oleh manajemen kereta cepat. Jokowi tak ingin dianggap memburu-burui peresmian KCJB.

"Tapi yang menentukan, jangan dipikir saya mengejar-ngejar, yang menetukan tetap dari manajemen kereta cepat," jelas Jokowi.

Jokowi menuturkan, nantinya dilakukan uji coba KCJB terlebih dahulu untuk masyarakat. Dia ingin masyarakat juga ikut mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara gratis.

"Tetep, tetep (akan uji coba). Biar orang mencoba, masyarakat mencoba," kata Jokowi.

Usai menjajal moda transportasi baru tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai KCJB sudah bagus. Namun masih ada beberapa yang harus dikerjakan dari sisi sarana prasarana.

"Ya memang belum baru sisa tadi disampaikan ke saya 92 persen. Nanti kan keretanya sudah siap tinggal dimanfaatkan," tutur Jokowi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya