Dongkrak Ekonomi Kreatif Indonesia, KemenkopUKM Gelar Pameran Cerita Nusantara 2023

MenkopUKM mengatakan kegiatan ini bukan sekedar untuk melakukan selebrasi keindahan budaya saja, namun lebih jauh Teten mengajak menjadikan momentum ini sebagai medium untuk meng-elaborasi pengembangan kewirausahaan di sektor wastra dan kriya.

oleh Tira Santia diperbarui 28 Nov 2023, 11:50 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2023, 11:46 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam pembukaan Cerita Nusantara, di Jakarta Convention Center, Selasa (28/11/2023).
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam pembukaan Cerita Nusantara, di Jakarta Convention Center, Selasa (28/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dewan Kerajinan Nasional dan OASE KIM menyelenggarakan Cerita Nusantara yang merupakan perpaduan dari dua agenda sebelumnya yaitu Cerita Wastra di tahun 2021 dan Cerita Kriya di tahun 2022. Cerita Nusantara 2023 mengusung tema Unveiling the Essence of Indonesia Artistry.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan, penggunaan diksi “Cerita” pada tajuk kegiatan-kegiatan ini adalah karena produk-produk wastra dan kriya Indonesia umumnya berakar pada sejarah dan budaya nusantara, yang menyimpan banyak cerita dan merekam setiap legenda kejayaan masa lalu. 

"Oleh karena itu tema Cerita Nusantara kali ini yang diangkat bermakna mengungkap hakikat seni budaya Indonesia yang diharapkan dapat menggali kembali pesan-pesan sejarah, kebudayaan dan kejayaan masa lalu sebagai inspirasi untuk memantik semangat membangun masa depan bangsa yang gemilang," kata Teten dalam pembukaan Cerita Nusantara, di Jakarta Convention Center, Selasa (28/11/2023).

Lebih lanjut, MenkopUKM mengatakan kegiatan ini bukan sekedar untuk melakukan selebrasi keindahan budaya saja, namun lebih jauh Teten mengajak menjadikan momentum ini sebagai medium untuk meng-elaborasi pengembangan kewirausahaan di sektor wastra dan kriya.

MenkopUKM mengatakan, sektor kriya di Indonesia menjadi salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang memiliki potensi dan berpeluang untuk dikembangkan. 

Bahkan pada Tahun 2021, total nilai ekspor untuk produk kriya mencapai USD 1,5 miliar dan telah menembus pasar internasional di lebih dari 100 negara. Hal ini dapat terlihat dari industri kerajinan yang mengalami kenaikan jumlah ekspor sebanyak 24,87 persen pada 2021.

Di luar negeri, produk-produk kriya Indonesia juga mulai mendapat respon positif, misalnya berbagai bentuk turunan kerajinan kayu, rotan, dan anyaman baik dari sintetis mupun alami.


Agregasi

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam pembukaan Cerita Nusantara, di Jakarta Convention Center, Selasa (28/11/2023).
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam pembukaan Cerita Nusantara, di Jakarta Convention Center, Selasa (28/11/2023).

Adapun selama dua tahun sinergi tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM melihat strategisnya peran agregator; para konsolidator pelaku UMKM dan Wirausaha dengan model bisnis agregasi, dalam menjaga eksistensi dan keberlanjutan dari bisnis para pengrajin di sentra-sentra Wastra maupun Kriya di Indonesia.

"Model bisnis agregasi ini diharapkan dapat memberikan sejumlah manfaat bagi pelaku UMKM, meliputi transfer pengetahuan, transfer teknologi, akses pembiayaan, dukungan pengelolaan usaha, dan akses pasar yang berdampak pada penciptaan nilai baru, menghasilkan standarisasi kualitas produk, pola produksi terencana, peningkatan skala ekonomi, dan kepastian pasar," ujarnya.

Diketahui pada agenda ini, partisipan yang terlibat adalah para pelaku usaha terkurasi dan agregator yang selama ini telah bekerja bersama dengan para UMKM di subsektor Kriya dan Wastra dalam membangun ekosistem bersama.

 


Ekosistem yang Terbentuk

KemenkopUKM pun mengapresiasi ekosistem yang telah ada seperti Jakcloth, Brightspot, Inacraft, BRIlianpreneur, Alun Alun Indonesia, Sarinah, M-Bloc, IdeaFest, Kriyanusa, MUFFEST, JFW, PINTU Incubator, OOA, Wall of Fades, JSD, USS, JakartaXBeauty, Inacraft, IFFINA, Krealogi, Piazza Firenze by Poppy Dharsono, Karya Kreatif Indonesia, hingga Gerakan Revolusi Lokal untuk berekspresi, berjejaring, untuk membawa karya-karya terbaiknya lebih dikenal luas.

Cerita Nusantara dikemas dengan beberapa agenda utama, diantaranya expo atau showcasing, business matching, fashion show, demo karya/produk, dan talkshow interaktif yang dibuka untuk umum.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya