Harga Emas Dunia Hari Ini Merosot!

Harga emas spot turun 0,9% menjadi USD 2.329,10 per ons. Sedangkan harga emas AS ditutup turun 0,9% ke level USD 2.347,4 per ons.

oleh Septian Deny diperbarui 05 Jun 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi harga emas hari ini
Ilustrasi harga emas hari ini (dok: Foto AI)

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun lebih dari 1% pada hari Selasa karena dolar stabil menjelang laporan pekerjaan AS bulan Mei, yang akan dirilis akhir pekan ini, yang bisa menentukan strategi suku bunga Federal Reserve.

Dikutip dari CNBC, Rabu (5/6/2024), harga emas dunia di pasar spot turun 0,9% menjadi USD 2.329,10 per ons. Sedangkan harga emas AS ditutup turun 0,9% ke level USD 2.347,4 per ons.

Harga emas membalikkan keuntungan dari lonjakan dii sesi perdagangan sebelumnya setelah data manufaktur AS yang lebih lemah. Penurunan terbaru dalam aset safe-haven ini juga terjadi meskipun ada kelemahan pada saham AS.

"Reaksi terhadap dolar AS dan elemen pengambilan untung dalam emas mungkin terjadi," kata Kepala Strategi Komoditas di TD Securities, Bart Melek.

Kurs dolar stabil, membuat harga emas lebih mahal bagi pembeli luar negeri, setelah turun semalam ke level terendah sejak pertengahan April.

Investor kini menunggu data non-farm payrolls AS pada hari Jumat untuk mendapatkan kejelasan tentang apa yang mungkin dilakukan bank sentral AS sepanjang tahun ini. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

"Harga emas kemungkinan akan bergerak mendatar, jika tidak mendatar hingga sedikit lebih rendah dalam beberapa minggu mendatang, kecuali ada peristiwa geopolitik tak terduga yang akan mendorong permintaan safe-haven," kata Analis Senior Kitco Metals Jim Wyckoff.

Hasil Pemilu India

Selain itu, investor memantau hasil pemilu di India, negara pembeli emas terbesar kedua di dunia.

"Jika saham (di India) terus jatuh, akan ada beberapa dana yang masuk ke emas juga," kata Soni Kumari, Ahli Strategi Komoditas ANZ.

Penurunan pada komoditas, yang dipimpin oleh minyak, mungkin juga berkontribusi kepada sentimen bearish pada logam mulia, kata para analis.

Selain harga emas, harga perak turun 3,8% menjadi USD 29,59 per ons, harga platinum turun 1,6% menjadi USD 995,50 per ons. Sedanglan harga paladium turun 0,1% menjadi USD 916,50 per ons. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Emas Batangan Naik Seiring Pelemahan Ekonomi AS

Ilustrasi harga emas dunia (Foto By AI)
Ilustrasi harga emas dunia (Foto By AI)

Harga emas naik pada hari Senin karena data ekonomi AS yang lebih lemah dari perkiraan. Pergerakan harga emas ini memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menurunkan suku bunga akhir tahun ini, sehingga mengirim dolar dan imbal hasil obligasi turun.

Dikutip dari CNBC, Selasa (4/6/2024), harga emas spot naik 0,9% menjadi USD 2.348,06 per ounce, setelah mencatat kenaikan 2% bulan lalu.

Harga mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar USD 2.449,89 pada 20 Mei. Kontrak berjangka emas AS naik sekitar 1% menjadi USD 2.368,60 per ounce."Kami mengalami sedikit penurunan, kami lebih suka menyebutnya sebagai konsolidasi. Namun sekali lagi, bias positif yang mendasari benar-benar berasal dari ekspektasi kuat bahwa kami akan menuju pemotongan suku bunga pada suatu saat akhir tahun ini," kata David Meger, direktur investasi alternatif dan perdagangan di High Ridge Futures.

Data menunjukkan aktivitas manufaktur AS melambat untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan Mei, dan pengeluaran konstruksi AS turun secara tak terduga untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan April akibat penurunan aktivitas non-perumahan.

Dolar AS jatuh ke level terendah tiga minggu terhadap rivalnya, membuat emas lebih menarik bagi pemegang mata uang lainnya, sementara imbal hasil obligasi Treasury AS acuan jatuh ke level terendah dua minggu setelah data manufaktur yang lemah.

Data pada hari Jumat menunjukkan bahwa inflasi AS telah stabil pada bulan April, menunjukkan rencana penurunan suku bunga bank sentral AS akhir tahun ini tetap utuh.

 


Prediksi Suku Bunga

Ilustrasi harga emas dunia hari ini (Foto By AI)
Ilustrasi harga emas dunia hari ini (Foto By AI)

Pedagang saat ini memperkirakan sekitar 59% kemungkinan penurunan suku bunga Fed pada bulan September, menurut alat CME FedWatch. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang memegang emas yang tidak memberikan hasil.

Sementara itu, Bank Sentral Eropa diperkirakan hampir pasti akan memangkas suku bunga sebesar seperempat poin menjadi 3,75% pada hari Kamis, yang bisa menjadikannya bank sentral utama pertama yang memangkas suku bunga dalam siklus ini.

Investor kini menantikan laporan ketenagakerjaan ADP pada hari Rabu, dan data penggajian non-pertanian AS yang akan dirilis pada hari Jumat.

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya