5 Cara Cari Info Pemadaman Listrik

Pemadaman listrik sering menjadi keluhan seluruh Indonesia. Mereka tentunya membutuhkan informasi apa penyebab mati listrik. Lantas, bagaimana caranya? berikut artikelnya

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 05 Jun 2024, 16:44 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2024, 16:44 WIB
PT PLN (Persero) memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan pengaduan layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center PLN 123.
PT PLN (Persero) memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan pengaduan layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center PLN 123.

Liputan6.com, Jakarta Wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) sejak kemarin siang (4/6/2024) mengalami mati listrik secara massal. pemadaman listrik ini disebabkan adanya gangguan pada transmisi SUTT 275 kV Lubuklinggau-Lahat.

PT PLN (Persero) mengkonfirmasi, hingga siang ini, Rabu (5/6/2024), proses pemulihan saluran listrik di wilayah terdampak terus dilakukan. Tercatat, sudah 90 persen wilayah mulai pulih.

Hanya saja, PLN memastikan penyebab gangguan mati listrik tersebut belum diketahui, dan pihaknya saat ini fokus untuk memulihkan listrik.

Melihat dari kejadian ini, sebenarnya para pelanggan listrik PLN bisa melakukan pengecekan pemadaman listrik secara pribadi tanpa menunggu berita dari media. Bagaimana caranya?

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti untuk mengetahui cara mengecek pemadaman listrik

1. Gunakan Aplikasi PLN Mobile

  • Unduh dan instal aplikasi PLN Mobile dari Google Play Store atau Apple App Store.
  • Setelah masuk, pilih menu "Info Pemeliharaan" atau "Pengaduan".

2. Kunjungi Situs Web PLN

  • Buka situs resmi PLN di www.pln.co.id. 
  • Masuk ke bagian "Pengaduan" atau "Info Pemeliharaan".

3. Hubungi Call Center PLN

  • Telepon ke nomor 123 atau kirim pesan ke media sosial resmi PLN untuk mendapatkan informasi terkini.

4. Pantau Media Sosial

  • Ikuti akun resmi PLN di Twitter, Facebook, atau Instagram untuk update langsung mengenai pemadaman listrik dan pemeliharaan.

5. Cek dengan Tetangga

  • Tanyakan kepada tetangga apakah mereka juga mengalami pemadaman listrik untuk memastikan bahwa masalah bukan hanya di rumah Anda.

Langkah-langkah ini akan membantu Anda mendapatkan informasi akurat mengenai pemadaman listrik dan langkah-langkah yang sedang diambil oleh PLN untuk mengatasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengapa listrik padam?

Earth Hour 2023, Gerakan Satu Jam Padamkan Lampu
Sebagai informasi, Earth Hour adalah gerakan global mematikan lampu selama satu jam dari pukul 20.30-21.30 waktu setempat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemadaman listrik bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya:

  1. Gangguan pada Jaringan Listrik: Kerusakan pada saluran listrik, trafo, kabel, atau peralatan listrik lainnya dapat menyebabkan pemadaman.
  2. Cuaca Buruk: Badai petir, angin kencang, hujan deras, atau salju tebal bisa merusak infrastruktur listrik seperti tiang listrik atau kabel, menyebabkan pemadaman.
  3. Pemeliharaan dan Perbaikan: Pemeliharaan rutin atau perbaikan yang diperlukan pada infrastruktur listrik bisa menyebabkan pemadaman sementara.
  4. Overload: Penggunaan listrik yang berlebihan atau melebihi kapasitas jaringan dapat menyebabkan pemadaman karena sistem tidak mampu menangani beban yang terlalu besar.
  5. Korsleting Listrik: Korsleting pada instalasi listrik di rumah atau bangunan komersial bisa menyebabkan pemadaman lokal atau bahkan lebih luas jika menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada jaringan.
  6. Gangguan Eksternal: Seperti gangguan oleh hewan, pohon tumbang, atau kendaraan yang menabrak tiang listrik.
  7. Gangguan Sistem: Kesalahan pada sistem kontrol atau perangkat lunak yang mengatur distribusi listrik bisa menyebabkan pemadaman.
  8. Permasalahan Pada Pembangkit Listrik: Gangguan atau kegagalan pada pembangkit listrik seperti pembangkit tenaga uap, pembangkit listrik tenaga air, atau pembangkit listrik tenaga angin bisa menyebabkan pemadaman.

Jika listrik padam apa yang harus kita lakukan?

Ilustrasi mati lampu
Ilustrasi mati lampu (Unsplash.com)

Ketika listrik padam, keselamatan dan kesiapan menjadi kunci. Matikan peralatan listrik, gunakan sumber cahaya alternatif seperti lilin, dan pastikan keselamatan dengan tidak menyentuh saklar saat tangan basah.

Tetap tenang dan siapkan persediaan darurat termasuk lilin, makanan, dan air minum. Informasikan keluarga atau tetangga tentang situasi tersebut.

Pastikan peralatan elektronik dilindungi dari lonjakan daya saat listrik kembali menyala. Perhatikan informasi dari otoritas setempat untuk perkiraan pemulihan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menghadapi pemadaman listrik dengan lebih aman dan nyaman.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya