Daftar Menu Makan Siang Gratis Rp 14.900 yang Diuji Coba Gibran di Bogor

Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka menegaskan program makan siang gratis ini menawarkan menu lengkap seharga Rp14.900 per porsi.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 24 Jul 2024, 14:30 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 14:30 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendatangi acara makan siang dengan sejumlah organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com).

 

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, mengawali pelaksanaan Program Makan Bergizi Gratis di SDN Sentul 03 dan 02, Kabupaten Bogor, pada Selasa. Program makan siang gratis ini menawarkan menu lengkap seharga Rp14.900 per porsi.

"Menu hari ini seharga Rp14.900 sudah termasuk ayam, nasi, sayur, buah-buahan, dan susu. Saya juga ingin mengklarifikasi bahwa anggaran program ini tidak akan dipotong hingga Rp7.500 per porsi, itu tidak benar," kata Gibran dikutip dari Antara, Rabu (24/7/2024).

Pernyataan ini disampaikan Gibran setelah meninjau uji coba Program Makan Bergizi Gratis di SDN Sentul 02.

Gibran memastikan anggaran program ini tidak akan dikurangi hingga Rp7.500 per porsi.

"Untuk anak-anak kita, generasi penerus bangsa, anggarannya tidak boleh pelit. Meskipun menu mungkin berbeda, anggarannya tetap tidak akan dipotong hingga Rp7.500," tegas Gibran 

Daftar Menu

Adapun menu yang disediakan yaitu nasi, ayam, sayur, hingga susu senilai Rp 14.900.

"Menu cost sudah termasuk ayam, nasi, sayur buah sama susu. Menunya lengkap,” kata Gibran.

Gibran mengatakan bahwa anggaran makan bergizi gratis senilai Rp 14.900 per orang sudah ideal. Dia menyebut dengan anggaran terbatas itu, pemerintah bisa menyediakan menu nasi, ayam, sayur, hingga susu.

“Anggaran Rp 14.900 sudah cukup baik dan ideal. Sudah termasuk ayam, nasi, sayur, dan susu. Tidak ada yang dikurangi,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kapan Makan Siang Gratis Diterapkan?

ilustrasi program makan siang gratis di sekolah
ilustrasi program makan siang gratis di sekolah (dok: Foto by AI)

Program ini akan terus diuji coba hingga Oktober 2024, menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Selama masa uji coba, berbagai skema akan diterapkan untuk menemukan yang paling efektif.

Berbagai skema yang dicoba termasuk memanfaatkan UMKM, warung kecil, warteg, hingga catering kecil dalam pengadaan makanannya.

"Jika ada yang kurang atau perlu dievaluasi, kita akan segera memperbaikinya. Sampai bulan Oktober, kami akan mencoba berbagai skema," kata mantan Wali Kota Surakarta itu.

 


Diuji Coba di Bogor

ilustrasi Program makan siang gratis
ilustrasi Program makan siang gratis (dok: Foto by AI)

Gibran tiba di lokasi pukul 09.00 WIB dan disambut antusias oleh pelajar dan masyarakat yang meminta berswafoto. Didampingi oleh Presiden Gojek Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Bambang Widodo Tawekal, Gibran membagikan susu kemasan dan buku tulis sambil menyapa para pelajar di halaman sekolah.

Gibran juga membagikan langsung paket makanan kepada para pelajar di ruang kelas. Paket tersebut terdiri dari nasi putih, ayam goreng, sayur, buah, dan susu.

Ratusan paket makanan Program Makan Bergizi Gratis diantar ke sekolah menggunakan layanan pesan antar Gojek, dengan mengerahkan puluhan pengemudi ojek online.

Program ini diharapkan dapat terus meningkatkan gizi dan kesehatan anak-anak Indonesia, memastikan mereka mendapatkan asupan makanan yang seimbang dan bergizi setiap harinya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya