APP Group Angkat Agenda Dekarbonisasi di Indonesia International Sustainability Forum 2024

APP Group menegaskan kembali posisinya dalam memajukan pembangunan berkelanjutan dan menyongsong masa depan yang rendah karbon.

oleh Arthur Gideon diperbarui 03 Sep 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 19:00 WIB
20160717-Melihat Tanaman Kehidupan di Area Konsesi-Riau
Petani mencangkul di ladang sayur bayam, di area konsesi tanaman kehidupan Desa Pinang Sebatang, Kabupaten Siak, Kecamatan Tualang, Riau, Minggu (17/7). Area yang dikelola APP (Sinar Mas Group) terletak di Distrik Minas (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta - APP Group ikut berpartisipasi dalam Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 yang digelar pada tanggal 5-6 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Forum yang digawangi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ini menargetkan upaya keberlanjutan dan dekarbonisasi di Indonesia.

Seperti tahun lalu, APP Group kembali berpartisipasi dan menyoroti upaya-upaya yang telah dilakukan APP untuk menurunkan emisi karbon dalam kerangka mendukung agenda penurunan emisi karbon yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia.

Di ISF 2024 ini, APP akan terlibat dalam dua sesi pada 6 September 2024. Sesi pertama, berjudul "Decarbonizing Indonesian Industry" akan menghadirkan Elim Sritaba, Chief Sustainability Officer APP, Adrian Suharto, Direktur Asia Pasifik di Robertsbridge Group, serta sejumlah perwakilan bisnis lain.

Para panelis ini akan membahas strategi praktis dan solusi inovatif yang digunakan Perusahaan-Perusahaan terkemuka Indonesia untuk beralih ke energi rendah karbon, dengan menyoroti peran penting kolaborasi publik-swasta dalam mencapai tujuan nol emisi karbon di Indonesia.

Dengan menyelaraskan dengan tujuan lingkungan nasional Indonesia dan bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, APP menegaskan kembali posisinya dalam memajukan pembangunan berkelanjutan dan menyongsong masa depan yang rendah karbon.

Panel kedua berjudul "Enabling the Low Carbon Transition: The Role of Policy, Finance, and Technology" akan membahas kerangka kebijakan, mekanisme keuangan, dan inovasi teknologi yang diperlukan untuk mendukung dekarbonisasi di semua industri. Diskusi ini melibatkan para pakar industry dan akan berfokus pada elemen-elemen penting yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan global emisi nol bersih pada tahun 2050, dengan menekankan perlunya transformasi mendasar sistem energi, proses industri, dan perilaku konsumen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perubahan Signifikan

Elim mengatakan, Indonesia International Sustainability Forum 2024 menyediakan platform penting untuk memajukan diskusi tentang strategi dan pendekatan kolaboratif yang diperlukan untuk mencapai target dekarbonisasi.

"Dengan perubahan iklim yang didorong oleh emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh manusia, diperlukan perubahan signifikan untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050. Dengan berkolaborasi dan memanfaatkan solusi inovatif, kita dapat membuat kemajuan substansial menuju masa depan yang berkelanjutan dan rendah karbon.” kata dia Selasa (3/9/2024).

ISF 2024 bertujuan untuk memfasilitasi penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pemerintah-ke-pemerintah (G2G) dan bisnis-ke-bisnis (B2B), membangun koalisi keberlanjutan yang dapat ditindaklanjuti, dan menghasilkan laporan untuk memajukan ekonomi hijau. Acara ini akan mengundang lebih dari 100 bisnis dan melibatkan lebih dari 10 sekolah dan universitas melalui pameran, lokakarya, dan seminar.

 


Inisiatif APP Group

Selain berpartisipasi dalam sesi diskusi, APP Group juga akan menampilkan informasi interaktif tentang komitmen keberlanjutan mereka melalui booth di acara ini.

Pengunjung dapat mengeksplorasi lebih lanjut mengenai inisiatif ramah lingkungan APP, seperti produk eco-friendly, perlindungan hutan, integrated fire management dan upaya-upaya pengurangan jejak karbon yang sudah dilakukan oleh APP.

Booth interaktif ini dirancang untuk memberikan pengalaman mendalam kepada pengunjung mengenai langkah-langkah APP dalam mencapai visi keberlanjutan, serta memperkuat kesadaran publik tentang pentingnya kontribusi sektor industri terhadap keberlanjutan lingkungan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya