Siap Jalankan Tugas Baru Prabowo, AHY Belum Mau Pisah dengan ATR/BPN

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), buka suara soal tugas barunya yang diberikan oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto di kabinet pemerintahan selanjutnya.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 16 Okt 2024, 12:20 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2024, 12:20 WIB
AHY
Agus Yudhoyono atau AHY raih gelar Doktor dengan predikat Cumlaude usai menjalani sidang ujian terbuka di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Dok. Instagram @agusyudhoyono)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), buka suara soal tugas barunya yang diberikan oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto di kabinet pemerintahan selanjutnya.

Sebelum menjalani peran barunya, AHY mengaku senang dengan pengalamannya selama menjabat sebagai Menteri ATR/BPN dalam beberapa bulan terakhir.

"Walaupun saya begitu singkat, cepat sekali waktu bergerak, 8 bulan tidak terasa, tetapi saya mensyukurinya sebagai sebuah kebersamaan, sukacita bersama keluarga besar ATR/BPN di seluruh Indonesia," ujar AHY saat ditemui seusai puncak perayaan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2024 di Jakarta, Selasa (15/10/2024) malam.

"Saya bangga menjadi bagian dari ini semua. Tentunya berharap bahwa ATR/BPN semakin maju, semakin sukses, semakin melayani rakyat di berbagai urusan pertanahan dan tata ruang," dia menambahkan.

Di tengah pembicaraan itu, ia sedikit memberikan harapan dan bocoran terkait tugas barunya dari Prabowo Subianto. AHY bilang, dirinya masih ingin terus berjuang bersama Kementerian ATR/BPN.

"Saya ingin terus menjadi bagian dari perjuangan ini, dimanapun nanti pada saatnya penugasan baru, dimanapun itu, tapi saya tidak akan pernah akan melupakan kebersamaan ini, dan tentunya ingin terus berjuang bersama jajaran para sahabat di ATR/BPN," ungkapnya.

Sayangnya, ia belum mau buka bocoran lebih jauh soal posisi pastinya nanti. AHY meminta publik bersabar menunggu pernyataan resmi dari Prabowo.

AHY sendiri diisukan bakal menjadi menteri koordinator (menko) yang mengurusi soal kemasyarakatan dan infrastruktur. Menanggapi kabar tersebut, dia kembali menekankan bahwa dirinya belum ingin terpisahkan secara langsung dengan Kementerian ATR/BPN.

"Saya hanya ingin jadi bagian yang tak terpisahkan, dimanapun dan dalam peran apapun. Saya rasa kita menyadari bahwa urusan pertanahan dan tata ruang ini sangat mendasar. Banyak sekali masyarakat yang menggantungkan harapannya ke Kementerian ATR/BPN. Perlu dilanjutkan kerja keras, kerja bersama, dan saya sekali lagi ingin jadi bagian tak terpisahkan ke depan," pungkasnya.

 

AHY dan Raja Juli Lanjut dengan Prabowo, Sekjen ATR/BPN Kasih Bocoran Posisi

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hadir di Kertanegara saat Prabowo Subianto memanggil calon menteri di kabinet mendatang. (Liputan6.com/Khofifah Azzahro)

Sekretaris Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Suyus Windayana, mengucapkan selamat kepada Menteri dan Wakil Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Raja Juli Antoni.

Keduanya diketahui bakal melanjutkan kiprah di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Kepastian ini didapat setelah AHY dan Raja Juli menyambangi kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta pada Senin, 14 Oktober 2024. Keduanya hadir bersama nama-nama lain yang bakal mengisi posisi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. 

Ucapan selamat dilontarkan Sekjen Kementerian ATR/BPN dalam acara perayaan puncak Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Tahun 2024 di The Tribata, Hotel & Convention Center Darmawangsa, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Suyus mengatakan, seluruh jajaran pegawai di Kementerian ATR/BPN bangga AHY dan Raja Juli Antoni akan kembali mengisi pos di pemerintahan selanjutnya.  

"Saya secara pribadi dan juga seluruh pegawai di Kementerian Agraria dan Tata Ruang, mulai dari pusat dan juga seluruh kantor pertanahan, menyambut dengan sukacita, dengan bangga bapak berdua kemarin sudah dipilih oleh presiden terpilih untuk masuk dalam kabinet presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo dan Gibran," ujarnya. 

"Saya juga mendoakan kepada bapak berdua, semoga bapak semakin semakin sukses, barokah, dimudahkan, dilancarkan, dan makin akrab dengan kita," kata Suyus seraya memanjatkan doa. 

 

Masalah Hutan

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto di kediamannya. (arief/Liputan6.com)
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto di kediamannya. (arief/Liputan6.com)

Pada kesempatan itu, Suyus tidak menyebut secara pasti ke mana AHY dan Raja Juli Antoni akan ditempatkan. Namun, ia sedikit memberikan bocoran salah satunya akan masuk ke daftar jajaran Menteri Koordinator (Menko).

"Jangan lupa masalah hutan dengan ATR menjadi selesai, di bawah komando pak Menko nanti," ucap Suyus. 

Menurut rumor beredar, Agus Harimurti Yudhoyono diisukan bakal menjadi Menko Infrastruktur. AHY sendiri sempat sedikit memberikan bocoran dirinya akan ditempatkan pada sektor pembangunan.  Namun, kepastian posisinya akan diumumkan langsung oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Biar beliau sendiri yang akan mengumumkan menjelaskan. Tetapi beliau ingin pembangunan ke depan semakin sukses, pembangunan itu fisik maupun SDM," kata AHY usai bertemu dengan Prabowo, Senin, 14 Oktober 2024.

 

Infografis Prediksi 12 Tokoh Berpeluang Besar Masuk Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Prediksi 12 Tokoh Berpeluang Besar Masuk Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya