Top 3: Kebakaran Smelter Gresik Berimbas Besar

Berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Jumat (18/10/2024).

oleh Arthur Gideon diperbarui 18 Okt 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2024, 06:30 WIB
Smelter Freeport Kebakaran
Pabrik asam sulfat Smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur (Jatim) mengalami kebakaran pada Senin, pukul 17.45 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Unit asam sulfat smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur (Jatim) mengalami kebakaran pada Senin sore. Peristiwa kebakaran tersebut terekam dalam video yang kemudian menyebar ke sejumlah grup percakapan Whatsapp.

Freeport McMoRan pun mengungkapkan akan menunda penjualan tembaga olahannya dari Indonesia hingga kuartal II 2025. Penundaan itu diputuskan setelah insiden kebakaran di fasilitas smelter Freeport Indonesia di Smelter Gresik, beberapa hari lalu.

Artikel mengenai Freeport ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada sejumlah artikel lain yang layan untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Jumat (18/10/2024):

1. Imbas Kebakaran Smelter Gresik, Freeport McMoRan Tunda Penjualan Tembaga hingga 2025

Perusahaan tambang tembaga Amerika Serikat (AS), Freeport McMoRan mengungkapkan akan menunda penjualan tembaga olahannya dari Indonesia hingga kuartal II 2025.

Penundaan itu diputuskan setelah insiden kebakaran di fasilitas smelter Freeport Indonesia di Smelter Gresik, beberapa hari lalu.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

2. Airbus Pecat 2.500 Karyawan yang Bikin Jet Tempur dan Pesawat Antariksa

Angkatan Udara Prancis Unjuk Kekuatan di Langit Indonesia
Dua pesawat tempur Rafale dan dua pesawat Airbus A400M Atlas serta dua pesawat Airbus A330MRTT Phoenix singgah di Jakarta hingga 27 Juli 2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Airbus mengumumkan rencana untuk memecat atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 2.500 pekerjanya di divisi armada pertahanan dan antariksa.

Airbus yang merupakan produsen pesawat yang berkantor pusat di Belanda itu mengatakan, PHK terjadi akibat lingkungan bisnis yang kompleks yang ditandai oleh berbagai tantangan termasuk meningkatnya biaya dan perubahan cepat dalam kondisi global.

Airbus mengatakan, pihaknya akan menyelesaikan proses PHK tersebut pada pertengahan tahun 2026.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

3. Profil Budi Santoso, Sekjen Kemendag yang jadi Calon Menteri Perdagangan Prabowo

Prabowo Subianto Panggil Para Calon Menteri, Ini Sosok-sosoknya
Budi Santoso. Ia merupakan Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag). Budi Santoso disinyalir akan menjabat sebagai Menteri Perdagangan di pemerintahan Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Budi Santoso masuk ke dalam salah satu nama dari 49 tokoh yang dipanggil oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto ke kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10/2024) lalu.

Sosok yang sudah malang melintang mengisi berbagai posisi di Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini diisukan akan naik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) di era pemerintahan Prabowo-Gibran.

Budi Santoso merupakan Sekjen Kemendag yang belum lama dilantik pada 14 Agustus 2024. Sebelum penugasan ini, yang bersangkutan menjabat beberapa posisi di lingkungan Kementerian Perdagangan.

Simak artikel selengkapnya di sini

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya