10 Miliarder Termuda di Dunia 2024, Para Pewaris Kekayaan Global

Daftar miliarder termuda dunia tahun 2024 menyoroti generasi baru yang memperoleh kekayaan melalui warisan keluarga.

oleh Elyza Binta Chabibillah diperbarui 18 Okt 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya Dunia: Foto: Freepik/Chokniti
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya Dunia: Foto: Freepik/Chokniti

Liputan6.com, Jakarta - Dalam dunia yang digerakkan oleh ambisi dan semangat kewirausahaan, para pemimpin visioner berhasil meraih kekayaan yang luar biasa melalui inovasi dan visi strategis. Pada tahun 2023-2024, terjadi lonjakan signifikan dalam penciptaan kekayaan, di mana kekayaan bersih individu terkaya di dunia meningkat dengan cepat.

Tahun ini, sorotan tertuju pada generasi miliarder baru, di mana Forbes mencatat untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, daftar miliarder termuda tidak lagi menampilkan taipan yang mandiri di bawah usia 30 tahun.

Hal ini menyoroti peningkatan kekayaan yang diwariskan di kalangan kaum muda, di mana banyak miliarder termuda mendapatkan kekayaan mereka dari keluarga mereka, sementara generasi yang lebih tua sebagian besar merupakan individu yang mandiri, membangun kerajaan mereka dari nol.

Dikutip melalui Indian Express, Jumat (18/10/2024), Di antara miliarder termuda dunia, yang patut diperhatikan adalah putra taipan Irlandia-India, Cyrus Mistry, mantan ketua Tata Group, yaitu Firoz dan Zahan Mistry yang masing-masing berusia 27 dan 25 tahun. Mereka telah masuk ke dalam daftar miliarder termuda Forbes dengan kekayaan gabungan sekitar USD 9,8 miliar atau sekitar Rp 151,5 miliar.

Meskipun cara mereka memperoleh kekayaan berbeda-beda, para pemimpin muda saat ini tidak hanya membangun kerajaan, tetapi juga menentukan masa depan. Berikut adalah sepuluh miliarder termuda di dunia, berdasarkan usia, per Oktober 2024.

Berikut 10 Miliarder Termuda Dunia 2024

Ilustrasi orang terkaya dunia atau miliarder. Foto: Freepik/vecstock
Ilustrasi orang terkaya dunia atau miliarder. Foto: Freepik/vecstock

1. Clemente Del Vecchio:

Clemente, miliarder termuda kedua di dunia, adalah putra mendiang Leonardo Del Vecchio, mantan ketua EssilorLuxottica. Setelah ayahnya meninggal pada tahun 2022, ia memperoleh 12,5% kepemilikan di perusahaan induk Delfin yang berbasis di Luksemburg, termasuk EssilorLuxottica, Generali, perbankan, dan Convivio.

2. Kim Jung-Youn:

Kim Jung-youn dan saudara perempuannya, Jung-min, memiliki 18% Nexon, perusahaan game online terbesar yang didirikan pada tahun 1994. Sebagian besar saham Nexon diwariskan melalui ayah mereka yang meninggal pada usia 54 tahun di bulan Februari 2022.

3. Livia Voigt:

Livia Voigt adalah pemegang saham terbesar WEG, produsen motor listrik terbesar di Amerika Latin. Ia masih berstatus mahasiswa dan tidak memegang posisi eksekutif. WEG, yang didirikan oleh kakeknya, memiliki pabrik di lebih dari sepuluh negara dan pendapatan diperkirakan mencapai USD 6 miliar atau Rp 92,7 triliun pada tahun 2022

4. Kevin David Lehmann:

Kevin David Lehmann memiliki 50% saham di jaringan toko obat Jerman, dm (Drogerie Markt), dengan pendapatan tahunan sebesar USD 14 miliar atau Rp 216,4 triliun. Perusahaan ini dimulai pada tahun 1973 dan kini memiliki lebih dari 3.700 lokasi. Ayahnya, Guenther, berinvestasi di dm pada tahun 1974 dan mengalihkan 50% kepemilikannya kepada Kevin pada tahun 2017.

5. Kim Jung-Min:

Saudara Kim Jung-youn, Jung-min, juga termasuk dalam sepuluh miliarder termuda di dunia, dengan memegang 31% saham di NXC, pemegang saham terbesar Nexon, raksasa game online.

Miliarder Selanjutnya

6. Luca Del Vecchio:

Luca Del Vecchio, putra mendiang Leonardo Del Vecchio, mewarisi 12,5% saham di perusahaan induk Delfin yang berbasis di Luksemburg. Perusahaan ini mencakup EssilorLuxottica, Generali, perbankan, dan Covivio. Berbeda dengan saudaranya Clemente, Luca menjabat sebagai Chief Strategy Officer dan aktif dalam urusan perusahaan.

7. Remi Dassault:

Remi Dassault merupakan keturunan dari Olivier Dassault, pendiri Dassault Aviation, perusahaan kedirgantaraan Prancis. Ayahnya, Olivier Dassault, adalah seorang politisi berpengaruh di Majelis Nasional Perancis. Keluarga Dassault juga memiliki kebun anggur, perusahaan penerbangan swasta, dan penerbit surat kabar harian Le Figaro.

8. Zahan Mistry:

Zahan Mistry, putra Cyrus Mistry, mewarisi 18,4% saham di Tata Sons setelah ayahnya meninggal pada tahun 2022. Ia terlibat dalam kerajaan konstruksi keluarganya dan memiliki 25% saham di Shapoorji Pallonji Group.

9. Dora Voigt de Assis:

Dora Voigt de Assis, saudara perempuan Livia Voigt de Assis, adalah pemegang saham besar di WEG, produsen motor listrik terbesar di Amerika Latin. Ia lulus dari jurusan arsitektur pada tahun 2020 dan tidak memegang posisi eksekutif.

10. Firoz Mistry:

Firoz Mistry, kakak dari Zahan Mistry, mewarisi 18,4% saham Tata Sons setelah kematian Cyrus Mistry pada tahun 2022. Ia menempuh pendidikan di University of Warwick dan memiliki 25% saham di Shapoorji Pallonji Group.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya