Pemerintah Tiongkok Inginkan Wayne Rooney

Rencananya Rooney akan dijadikan sebagai wajah sepak bola Tiongkok.

oleh Girman Soemantri diperbarui 24 Nov 2015, 22:30 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2015, 22:30 WIB
20151110-Wayne Rooney Tampar Pegulat WWE Hingga KO di Manchester Arena
Penyerang Manchester United saat melakukan selebrasi tinju pada pertandinga Liga Inggris. Dikabarkan Aksi tampar Wayney Rooney kepada Briton Wade Barrett semata untuk menaikkan rating WWE sendiri. (Dailymail)

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah Tiongkok ingin mengembangkan liga sepak bola mereka agar menjadi salah satu liga yang diperhitungkan keberadaannya di dunia. Oleh sebab itu mereka akan berusaha untuk mendatangkan striker Manchester United, Wayne Rooney ke Liga Super Tiongkok.

Menurut Mirror, keinginan pemerintah Tiongkok untuk mendatangkan Rooney, adalah upaya mereka menjadikan eks pemain Everton tersebut sebagai wajah sepak bola Negeri Tirai Bambu. Keinginan mereka ini didukung oleh dana sebesar 830 juta poundsterling yang didapatkan dari hasil kerja sama dengan salah satu pihak televisi lokal yang memegang hak siar Liga Super Tiongkok.

Jika upaya mendatangkan Rooney berhasil, mereka berharap akan ada pemain bintang lainnya yang akan mengikuti langkah pemain Inggris tersebut. Sebelumnya sudah banyak pemain ternama yang sudah bermain di Liga Super Tiongkok, seperti Robinho, Tim Cahill, dan Demba Ba.

Baca Juga

  • Pernah Pecundangi Van Gaal Tiga Kali, Ranieri Termotivasi
  • Arsenal Dihantui Kutukan Bulan November
  • Aguero: ManCity Sudah Siap untuk Liga Champions Musim Ini

Bahkan dua pelatih ternama dunia, Sven Goran Erikson dan Luiz Felipe Scolari juga sudah menjadi bagian Liga Super Tiongkok terlebih dahulu. Belum lama ini Scolari berhasil membawa klubnya, Guangzhou Evergrande menjadi juara Liga Champions Asia 2015.

Langkah mendatangkan pemain bintang untuk menaikan pamor liga memang menjadi jalan pintas terbaik untuk setiap negara yang ingin membuat liga sepak bolanya maju. Langkah ini sukses dilakukan oleh Amerika Serikat dengan MLS (Major League Soccer). Saat ini MLS menjadi salah satu liga yang menjadi tujuan utama para pemain bintang di penghujung karier mereka. (Rco/Win)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya