Rossi dan Lorenzo Ikut Bangga Alex Lowes Juara

Menangi Suzuka 8 Hours Lowes meraih gelar kedua setelah menjuarai British Superbike 2013.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 01 Agu 2016, 21:50 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2016, 21:50 WIB
Alex Lowes
Alex Lowes menjadi buah bibir setelah menjuarai Suzuka 8 Hours 2016. (AFP)

Liputan6.com, Suzuka - Nama Alex Lowes, pembalap tim Pata Yamaha, mendadak ramai diperbincangkan. Itu berkat kesukseannya menjadi juara di ajang Suzuka 8 Hours 2016. Duo rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, mengirimkan ucapan selamat.

Sirkuit Suzuka, Jepang, baru saja menghelat salah satu perlombaan balap bertarah internasional yang dikenal sebagai Suzuka 8 Hours. Meski kalah pamor dari MotoGP, Suzuka 8 Hours termasuk balapan yang terdaftar dalam kalender FIM World Endurance Championship.

Total, ada 70 tim, baik pabrikan maupun satelit, yang terlibgat dalam balapan tersebut. Semua tim mengikuti sesi kualifikasi agar masuk ke dalam 10 besar. Lalu, setiap tim yang dihuni dua sampai tiga pembalap akan beraksi selama delapan jam tanpa henti dan dimulai pada pukul 11:30 sampai 18:30 waktu setempat.

Pada perhelatan Suzuka 8 Hours,  yang tampil sebagai juara. Ia melahap balapan 218 lap dengan keunggulan 2 menit 17,883 detik atas pembalap Team Green, Leon Haslam, yang finis sebagai runner up. Tak heran jika Lowes yang juga pembalap World Superbike itu mendapatkan ucapan selamat dari dua seniornya di Yamaha, Rossi dan Lorenzo.

"Selamat kepada semua orang di Yamaha Factory Racing atas kemenangan fantastis dalam Suzuka8h!!! #RevsYourHeart," tulis Rossi dalam akun Twitter-nya. "Selamat kepada #YamahaTeam atas kemenangan kedua dalam balapan Suzuka8hours!," ucapan Lorenzo yang juga ditulis di akun Twitter.

Sebelum kemenangan di Suzuka 8 Hours 2016, Lowes bukan pembalap yang diperhitungkan. Selama empat musim berkarier di WSBK, Lowes juga tak memiliki catatan yang bagus. Prestasi terbaiknya hanya finis di urutan ke-10 klasemen pembalap musim 2015.

Saat ini, pembalap berusia 25 tahun itu juga masih tertahan di urutan ke-10. Ia juga baru hijrah ke Yamaha setelah meninggalkan Suzuki pada akhir musim 2015. Namun, Lowes memiliki waktu untuk memperbaiki posisinya karena musim masih menyisakan lima seri lagi.


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya