JK Resmi Buka Tafisa Games 2016

JK menginginkan Tafisa kali ini bisa menjadi ajang bergembira bagi seluruh kontingen yang ambil bagian.

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 08 Okt 2016, 21:50 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2016, 21:50 WIB
Jusuf Kalla
Jusuf Kalla Buka Tafisa (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla resmi membuka Tafisa World Games 2016. Pembukaan dilakukan di kawasan Mall Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (8/10/2016).

Dalam sambutannya, Puan Maharani berharap Tafisa 2016 bisa menjadi ajang memperkenalkan olahraga tradisional Indonesia kepada dunia, begitu juga sebaliknya. "Dengan Tafisa ini 84 negara yang hadir bukan hanya bersantai-santai menikmati Indonesia, tapi juga bertemu bertukar pikiran," ujar Puan.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan, Indonesia bangga bisa ambil bagian dalam ajang Tafisa kali ini. JK pun sempat berkelakar kalau hujan yang turun di pembukaan kali ini merupakan tanda kalau olahraga memang harus dilakukan apapun kondisinya.

"Waktu saya kecil, hal yang menggembirakan adalah bermain sepak bola di saat hujan. Jadi, hujan yang turun kali ini merupakan berkah untuk Tafisa," kata JK.

Lebih lanjut, JK menginginkan Tafisa kali ini bisa menjadi ajang bergembira bagi seluruh kontingen yang ambil bagian. "Pada hari ini, kegembiraan datang dari seluruh dunia. Semoga acara ini berlangsung sebaik-baiknya,"kata JK.

Tafisa sendiri merupakan ajang mirip Olimpiade. Yang membedakan, olahraga yang dipertandingkan di Tafisa merupakan olahraga rekreasi seperti adu panco, enggrang, barongsai dll. Ada 84 negara yang ikut serta dalam Tafisa Games kali ini.

Di sisi lain, beberapa kesenian tradisional dan paduan suara juga ditampilkan dalam pembukaan kali ini. Tidak ketinggalan, penyanyi Krisdayanti juga ambil bagian membuka Tafisa 2016, yang akan berlangsung hingga 12 Oktober 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya