Kejuaraan Voli Asia 2017: Indonesia Disarankan Lebih Fokus

Jepang terlalu kuat bagi timnas Indonesia saat bertemu di laga Grup E 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 30 Jul 2017, 14:40 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2017, 14:40 WIB
Grup E Delapan Besar Kejuaraan Voli Asia 2017, Indonesia Kalah dari Korea Selatan
Jepang terlalu kuat bagi timnas Indonesia saat bertemu di laga Grup E 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017. (Liputan6.com/ Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Gresik - Jepang terlalu kuat bagi timnas Indonesia saat bertemu di laga Grup E 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017. Tanpa ampun, Jepang mempermalukan Indonesia 3-0 di GOR Tri Dharma, Gresik, Sabtu (29/7/2017).

Dilihat dari jalannya laga, hanya pada set pertama laga Grup E 8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017 Indonesia mampu memberikan perlawanan kepada Jepang. Meski kalah, Indonesia mampu mengungguli Jepang hingga poin 16-15.

Sayang, setelah itu Jepang mampu menyamakan skor 17-17. Indonesia pun terus tertinggal hingga menyerah 23-25. Pada set kedua dan ketiga, terlalu banyak kesalahan yang dilakukan Agung Seganti dan kawan-kawan hingga akhirnya takluk 15-25, 12-25.

Usai laga, pelatih Jepang, Yuichi Nakagaichi melayangkan pujian buat tim asuhan Samsul Jais itu. Kini, ia memberikan beberapa saran agar Indonesia bisa tampil lebih baik lagi untuk ke depannya.

"Mereka harus berlatih keras, terutama dalam menjaga fokus. Itu adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah tim. Tapi mereka tetap memiliki kemungkinan untuk menjadi lebih baik," kata Nakagaichi.

"Seperti yang saya bilang, mereka harus berupaya untuk tetap menjaga fokus sepanjang laga. Saat tertinggal jauh pada set kedua dan ketiga, mereka kehilangan fokus. Saya pun merasa mereka kehilangan sesuatu. Begitu juga dengan kepercayaan diri. Mereka harus bisa mempertahankannya," ia menambahkan.

Kemenangan atas Indonesia membuat Jepang finis sebagai runner-up Grup E Kejuaraan Voli Asia 2017. Mereka terpaut satu poin dari Korea Selatan yang menjadi juara grup. Selanjutnya, Jepang akan bertemu Australia untuk memperebutkan tiket semifinal, Minggu (30/7/2017).

"Jepang dan Australia sudah bertemu lima kali, kami kalah sekali. Kami harus fokus dengan apa yang harus kami bisa lakukan. Mereka tim yang sangat kuat. Jelas kami harus tampil jauh lebih baik," tegas Nakagaichi.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya