Babak I: Gawang Timnas Indonesia U-19 Dijebol Myanmar

Gawang Timnas Indonesia kebobolan pada menit ke-28.

oleh Windi Wicaksono diperbarui 05 Sep 2017, 19:17 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2017, 19:17 WIB
Timnas Indonesia U-19
Timnas Indonesia U-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Yangon - Myanmar memimpin 1-0 atas Timnas Indonesia U-19 di babak pertama laga Grup B Piala AFF U-18 2017 di Thuwunna Stadium, Yangon. Myat Kaung Khant mencatatkan namanya di papan skor usai menjebol gawang Garuda Nusantara pada menit ke28.

Timnas Indonesia U-19 langsung mengambil inisiatif serangan ke pertahanan Myanmar. Aksi Firza Andika dijatuhkan di luar kotak penalti, Muhammad Lutfi yang mengambil tendangan bebas belum membuahkan hasil untuk Garuda Nusantara pada menit ketiga.

Giliran Egy Maulana mencoba melakukan penetrasi ke area pertahanan tuan rumah, tapi masih dihalau. Tim asuhan Indra Sjafri terlihat tampil percaya diri pada 10 menit pertama pertandingan dengan cukup mendominasi.

Myanmar mulai keluar menyerang. Pada menit ke-11, tembakan Myat Kaung Khant masih dibendung Muhammad Riyandi. Empat menit berselang, gawang Timnas Indonesia U-19 terancam lagi, tapi bola masih melenceng.

Saling serang diperlihatkan kedua tim, tapi belum ada yang benar-benar mengancam gawang lawan. Pada menit ke-20, Riyandi keluar dari sarangnya untuk mengamankan bola setelah umpan terobosan datang dari winger Myanmar.



Gawang Garuda Nusantara harus kebobolan pada menit ke-28 ketika Myat Kaung Khant menyambut umpan silang dengan sontekan. Riyandi tak bisa menghalau, Myanmar memimpin 1-0 atas Indonesia.

Egy Maulana dan kawan-kawan kerap kurang jeli dalam mengirim umpan-umpan jauh, terutama dalam crossing. Sepakan Rifad Marasabessy masih melambung pada menit ke-29, Indonesia masih tertinggal.

Serangan balik cepat Myanmar benar-benar membuat Garuda Nusantara kerepotan.
Beruntung Riyandi tampil sigap kalah menangkap tembakan Eant Maw Oo. Sementara umpan-umpan silang Timnas Indonesia U-19 kerap sia-sia.

Peluang tuan rumah didapat pada menit ke-40 lewat tendangan bebas Naing Ko Ko yang disambut sundulan Pyae Sone Naing. Riyandi kembali menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Hingga babak pertama usai, Myanmar unggul 1-0 atas Indonesia.

Susunan pemain

Indonesia: Muhammad Riyandi; Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Nurhidayat, Firza
Andika; M. Lutfi Kamal; Feby Eka Putra, Muhammad Iqbal, Saddil Ramdani; Egy Maulana Vikri; Hanis Saghara Putra

Myanmar: Htet Wai Yan Soe; Thet Paing Htwe, Si Thu Moe Khant, Soe Moe Kyaw, Naing Ko Ko; Eant Maw Oo, Win Naing Tun, Lwin Moe Aung; Myat Kaung Khant, Hein Htet Aung, Pyae Sone Naing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya