Mourinho Blak-blakan soal Taktik Gagal MU di Boxing Day

MU gagal meraup tiga poin di laga Boxing Day.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 28 Des 2017, 15:30 WIB
Diterbitkan 28 Des 2017, 15:30 WIB
Manchester United, Burnley, Premier League
Pemain Manchester United, Henrikh Mkhitaryan (atas) berduel dengan pemain Burnley, Phil Bardsley pada lanjutan Premier League di Old Trafford, Manchester (26/12/2017). MU bermain imbang 2-2. (AFP/Lindsey Parnaby)

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho, blak-blakan soal strategi yang digunakannya saat laga Boxing Day lawan Burnley. Seperti diketahui, taktik itu tak berjalan bagus untuk Setan Merah, sebutan MU.

MU gagal meraup tiga poin di laga Boxing Day. Mereka hanya mampu bermain imbang 2-2 di Old Trafford Stadium dalam lanjutan Liga Inggris, dua hari lalu.

Setan Merah malah sempat tertinggal dua gol di babak pertama melalui Ashley Barnes dan Steven Defour. Untungnya, Jesse Lingard keluar sebagai pahlawan dengan dua gol yang dicetaknya.

Dalam laga itu, pada babak kedua MU hanya memainkan satu bek tengah, Phil Jones. Mourinho menarik Marcos Rojo di awal babak kedua dan menggantikannya dengan Henrikh Mkhitaryan.

Strategi ini dianggap ampuh karena Mourinho menilai Barnes bakal bermain bola-bola panjang yang langsung mengarah ke kotak penalti MU.

Terlebih lagi, Burnley hanya menurunkan Barnes sebagai striker tunggal. Manajer Burnley, Sean Dyche, menumpuk lima pemain di lini tengah.

"Itu strateginya, hanya bermain dengan satu bek tengah. Sebab, kami tahu Burnley tidak bakal mendominasi bola, mereka akan bermain langsung (ke pertahanan MU)," kata Mourinho, dikutip dari Independent.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peran Ibrahimovic yang Gagal

Di laga melawan Burnley, Mourinho memainkan Zlatan Ibrahimovic sebagai playmaker, pemain nomor 10. Sayangnya, taktik ini gagal karena Ibrahimovic tak banyak menciptakan peluang untuk target man Setan Merah, Romelu Lukaku.

Hal tersebut membuat Mourinho memutuskan mengganti Ibrahimovic di babak kedua. Posisi eks striker timnas Swedia itu digantikan Lingard, yang berhasil memainkan peran nomor 10 dengan mencetak dua gol.

"Saya memutuskan bermain bersama Mkhitaryan, Lingard, dan Juan Mata. Ketiganya mencoba bermain di belakang Lukaku. Dengan tiga pemain ini, kami menemukan solusi," ujar manajer berkebangsaan Portugal itu.


Tidak Beruntung

Meski berhasil menghidupkan peran nomor 10, Mourinho mengakui timnya tidak beruntung. Banyak umpan-umpan silang dari sektor sayap yang gagal dikonversi menjadi gol.

"Kami tidak menyerang dengan bagus. Kami juga tidak beruntung dengan rebound dan kami kehilangan dua poin," ucap manajer berusia 54 tahun tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya