2 Pemain Naturalisasi Bersinar, Timnas Basket Berjaya di Kualifikasi FIBA Asia Cup

Timnas basket Indonesia mengalahkan Thailand di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 28 Nov 2020, 21:48 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2020, 21:48 WIB
Lester Prosper
Pemain naturalisasi timnas basket Indonesia Lester Prosper dikepung pemain Thailand pada kualifikasi FIBA Asia Cup 2020. (Dok FIBA)

Liputan6.com, Manama - Kehadiran dua pemain naturalisasi mengubah peruntungan timnas basket Indonesia pada kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Pasukan Rajko Toroman mengalahkan Thailand 90-76 pada windows kedua kualifikasi di Khalifa Sport City, Manama, Bahrain, Sabtu (28/11/2020).

Ini adalah kemenangan pertama timnas di kualifikasi. Hasil tersebut mengangkat posisi Abraham Damar Grahita dan kawan-kawan ke posisi tiga Grup A.

Indonesia memiliki empat poin, sama dengan Filipina dan Korea Selatan. Namun, timnas kalah produktivitas dan sudah bertanding tiga kali, sekali lebih banyak ketimbang rival.

Timnas sempat tercecer hingga 11 poin di paruh pertama. Namun, Indonesia mampu mengejar dan mulai menjauh di kuarter ketiga. 

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kontribusi dua pemain naturalisasi. Lester Prosper membuat 19 angka dan 13 rebound dengan Brandon van Dorn Jawato mencetak 22 angka. Abraham Damar tidak mau ketinggalan dan menyumbang 22 nilai. Di kubu Thailand, Nattakarn Muangboon jadi bintang dengan mencetak 36 poin

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Timnas Basket Berikut Ini


Batal Hadapi Korsel

Timnas Basket Putra Indonesia Kalah Telak dari Korea
Pebasket putra Indonesia, Abraham Damar Grahita (kanan) mencoba menembus kawalan pemain Korea pada babak penyisihan Grup A Basket Putra Asian Games 2018 di Jakarta, Selasa (14/8). Indonesia kalah 65-104. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Awalnya timnas basket juga dijadwalkan menghadapi Korsel pada windows kedua. Namun, Korsel tidak ada lagi masuk rencana. FIBA tidak secara spesifik menyebut alasan mengapa Negeri Gingseng tidak bertanding di Bahrain.

Mereka hanya mengumumkan sistem home and away akan dihapus pada lanjutan kualifikasi. Seluruh pertandingan akan dimainkan dalam sistem gelembung karena pandemi Covid-19.

Ada kemungkinan Korsel baru tampil pada windows ketiga (terakhir) yang dijadwalkan berlangsung pada Februari 2021.


Syarat Lolos FIBA Asia Cup

Lester Prosper
Pemain naturalisasi Timnas Basket Indonesia, Lester Prosper. (Istimewa)

Ada 24 tim yang berlaga di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Penghuni dua posisi teratas di masing-masing grup otomatis lolos ke turnamen utama.

Sementara urutan tiga mengikuti putaran kualifikasi selanjutnya. Mereka dibagi menjadi dua grup, dengan posisi 1-2 merebut tiket ke Asia Cup.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya